Connect with us
isidisini

Tanah Papua

Timsus Polda Papua Gagalkan Jual Beli Senpi, Oknum Polri Ikut Diamankan

Published

on

JAYAPURA, HaIPapua.com – Kepolisian kembali menggagalkan transaksi jual beli senjata api (senpi) dan amunisi di Papua.

Informasi yang dihimpun di Jayapura, Timsus Polda Papua mendapat informasi terkait rencana jual beli senpi dan amunisi di sebuah rumah di BTN Gajah Mada, Kelurahan Dobonsolo, Distrik Sentani pada Senin (27/1/2020) malam.

Sejumlah personel Timsus lalu melakukan pengintaian di lokasi tersebut. Sekira pukul 23.00 WIT, terlihat 3 orang datang ke rumah tersebut menggunakan mobil avanza. Berselang 15 menit setelah 3 orang itu masuk ke dalam rumah, Timsus langsung melakukan penggerebekan.

(Baca Juga: 3 Anggota TNI Diamankan Terkait Skandal Jual Beli Amunisi dengan KKSB di Timika)

Dalam penggerebekan itu, Timsus mengamankan 4 orang yakni seorang oknum anggota Polri Brigpol MW bersama 3 warga sipil berinisial YN (33), JJ (40), dan NT.

Sementara barang bukti yang diamankan yakni senpi laras panjang jenis AK-47 dengan nomor seri 56120524, 2 magasin AK-47, 12 butir amunisi kaliber 5,56 milimeter, dan uang tunai sebesar Rp55 juta.

Setelah penggerebekan itu, ke-4 orang yang diamankan beserta barang bukti selanjutnya dibawa ke Polda Papua untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Dari sejumlah sumber, diperoleh informasi senjata AK-47 dengan nomor seri 56120524 pernah dipakai anggota satuan tugas yang pernah bertugas di Papua awal Januari 2019. Setelah penugasan berakhir, senjata berikut magasin dan amunisi dititipkan untuk dijual.

JJ (40) yang ikut ditangkap dalam penggerebekan itu, diketahui bertugas mencari pembeli dan akhirnya bertemu dengan NT, warga Kabupaten Yahukimo. Diduga, nilai transaksi penjualan senpi berikut amunisi sebesar Rp55 juta.

Polda Bantah Keterlibatan Anggota Polri

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal membenarkan pengungkapan transaksi jual beli senpi dan amunisi di Sentani, Kabupaten Jayapura. Kamal membenarkan ada 3 warga sipil yang diamankan bersama seorang anggota Polda Papua Brigpol MW.

“Saat dilakukan penangkapan, Brigpol MW sedang berada di lokasi kejadian, namun keberadaannya di situ hanya berkunjung,” ujar Kamal di Mapolda Papua, Jayapura, Selasa (28/1/2020).

(Baca Juga: TNI-Polri Gagalkan Transaksi Jual Beli Senpi, Satu Anggota KKSB Tewas Tertembak)

Disinggung mengenai informasi yang beredar luas melalui pesan WhatsApp, adanya keterlibatan oknum Polri dalam transaksi senpi dan amunisi secara tegas dibantah Kamal. Menurutnya, Brigpol MW tidak mengetahui ada transaksi senpi dan amunisi di tempat itu.

“Tidak ada keterlibatan anggota seperti informasi yang beredar melalui pesan WhatsApp,” kata Kamal menegaskan.

Kamal menegaskan pihaknya masih menyelidiki NT, warga Yahukimo yang kedapatan hendak membeli senpi dan keterkaitannya dengan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB). Selain itu, penyidik juga masih menyelidi asal senpi AK-47 yang diperjualbelikan tersebut.

“Kalau (senpi) AK-47 semua satuan ada, baik rekan kami di TNI maupun kami. Namun yang jelas kami dalami dari mana senjata diperoleh,” ucapnya.

Terancam Dipecat Tidak Hormat

Beberapa waktu sebelum kejadian ini, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw telah mengingatkan jika ada anggotanya yang terlibat jual beli senpi dan amunisi maka akan dikenai sanksi pemecatan tidak hormat dan diproses hukum.

“Pada prinsipnya bagi mereka yang terindikasi atau kita bisa buktikan keterlibatannya (jual beli senpi dan amunisi), tidak ada kata maaf, pasti kita pecat dengan tidak hormat dan kita proses hukum,” ujar Waterpauw, di RS Mitra Masyarakat Timika, Kabupaten Mimika, awal Januari 2020.

“Masih banyak anggota kita yang jauh lebih baik, daripada satu dua yang bikin masalah dengan cara-cara seperti ini,” katanya menegaskan. (Ong/Mas)

Berita terbaru

Tanah Papua5 hari ago

Yonif 754/ENK Gelar Baksos Ciptakan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

TIMIKA, HaiPapua.com – Sebagai bentuk kepedulian dalam kemanunggalan TNI dan rakyat, Satuan Batalyon Infanteri 754/ENK/20/3 Kostrad melaksanakan Baksos dengan membagikan...

Tanah Papua1 minggu ago

SAR Timika Temukan Pemuda Yang Tersesat di Hutan Wania

TIMIKA, HaiPapua.com – Kantor pencarian dan pertolongan SAR Timika akhirnya berhasil menemukan Syarif (30), pemuda yang dilaporkan keluarganya tersesat di...

Olahraga4 minggu ago

Mountain Gold Basketball Timika mendaftar IBL

TIMIKA, HaiPapua.com – Geliat olahraga Papua terus berkembang. Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 akan menjadi kebangkitan olahraga di berbagai cabang...

Tanah Papua4 minggu ago

Sebanyak 40 Personel SAR Timika Jalani Rapid Test

TIMIKA, Haipapua.com – Dalam rangka mendukung pencegahan dan penyebaran virus corona baru atau covid-19, sebanyak 40 personel Kantor Pencarian dan...

Tanah Papua4 minggu ago

Pemkab Mimika Evaluasi Pra New Normal Pekan Ini

TIMIKA, Haipapua.com – Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua telah memberlakukan pra new normal sejak 5 Juni lalu dan akan berakhir pada...

Tanah Papua1 bulan ago

Polres Mimika Musnahkan Narkotika Jenis Tembakau Sintetis Seberat 17,69 Gram

TIMIKA, HaiPapua.com – Kepolisian Resort Mimika musnahkan barang bukti Narkotika/ Golongan I jenis tembakau sintetis seberat 17,69 gram bertempat dikantor...

Berita1 bulan ago

Kodim 1710/Mimika Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Cara Unik

TIMIKA, HaiPapua.com – Keluarga besar Kodim 1710/Mimika beserta jajaranmemperingati hari lahir Pancasila dengan cara yang unik yaitu melaksanakan nonton bareng...

Tanah Papua1 bulan ago

222 Warga Mimika terinfeksi COVID-19 Hingga 28 Mei

TIMIKA, HaiPapua – Jumlah warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yang terinfeksi virus corona baru (COVID-19) sejak 29 Maret hingga 28...

Tanah Papua2 bulan ago

Lemasko Desak Polisi Selidiki Dugaan Penyelewengan Dana Perwalian Rp4,6 Miliar

TIMIKA, HaiPapua.com – Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Gregorius Okoare , meminta jajaran kepolisian resort Mimika untuk segera...

Tanah Papua2 bulan ago

LEMASA Seruhkan Delapan Poin Sikapi Ancaman Pandemi Covid-19 di Mimika

TIMIKA, HaiPapua.com – Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (LEMASA) menyikapi situasi pandemi covid-19 di Kabupaten Mimika dan mendorong proses penanganan...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.