Connect with us
isidisini

Tanah Papua

Tim SAR Temukan 12 Jenazah Di Antara Puing Heli TNI-AD

Published

on

OKSIBIL, HaIPapua.com – Tim SAR gabungan berhasil mencapai lokasi puing Helikopter TNI-AD Mi-17 HA-5138 pada Jumat (14/2/2020) siang, sekitar pukul 12.30 WIT.

Seperti diberitakan sebelumnya, satu satuan setingkat peleton (SST) tim SAR gabungan dari Yonif 751/Raider bersama warga diterjunkan ke lokasi yang telah ditentukan, Kamis (13/2/2020) kemarin.

Sesampai di lokasi, tim SAR langsung membangun basecamp di lokasi yang berada di ketinggian 11.000 kaki (3.352 meter) atau sekitar 1.000 kaki (300 meter) di bawah lokasi penemuan puing heli.

Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Sianipar mengungkapkan untuk sampai ke lokasi puing heli, tim SAR harus mendaki tebing curam selama 5 jam.

“Mereka mendaki sejak pagi dari basecamp menuju sasaran,” ujar Binsar yang memimpin langsung operasi SAR di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

(Baca Juga: Satu SST Tim Evakuasi Diterjunkan Dekat Lokasi Kecelakaan Heli TNI-AD)

Dari laporan tim SAR di lapangan, kata Binsar, mereka sudah menemukan 12 jenazah di antara puing pesawat. Saat ini, mereka sedang mengumpulkan jenazah untuk dievakuasi.

“Identitas 9 jenazah bisa kita kenali dari pakaian dan atribut yang mereka kenakan, sedangkan 3 jenazah lagi masih diperlukan proses identifikasi lebih lanjut,” kata Binsar.

Walau seluruh jenazah sudah ditemukan, namun kata dia, proses evakuasi baru akan dilakukan besok pagi mengingat kondisi medan yang sulit dan cuaca ekstrem.

“Rencananya evakuasi jenazah dilakukan esok pagi. Tim akan membawa jenazah ke lokasi yang sudah ditentukan yang dapat dijangkau oleh heli. Selanjutnya jenazah akan dievakuasi melalui udara,” papar Binsar.

(Baca Juga: Evakuasi Heli Mi-17 Libatkan 1 SSK Yonif 751 Raider dan 3 Heli Penerbad)

Sebelumnya, pada Jumat (14/2/2020) pagi, Binsar memimpin langsung pengiriman bahan makanan dan minuman serta tabung oksigen untuk tim SAR. Dari atas heli, ia melihat langsung tim SAR yang mendaki menuju lokasi jatuhnya heli.

Sejumlah warga menemukan puing pesawat yang diduga heli penerbad Mi-17 HA-5138 yang hilang kontak di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang sejak Juni 2019 lalu. (ist)

Kodam Cenderawasih Berduka

Di tempat terpisah, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab mengatakan dengan penemuan jenazah oleh tim SAR memastikan seluruh kru dan penumpang heli TNI-AD yang hilang kontak di Pegunungan Bintang 28 Juni 2019 lalu dinyatakan meninggal dunia.

“Seluruh jajaran Kodam XVII Cenderawasih menyampaikan dukacita mendalam dan belasungkawa kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur dalam kecelakaan Helikopter TNI-AD Mi-17 HA-5138. Mereka gugur saat melaksanakan tugas mulia di wilayah Papua,” ujar Pangdam di Jayapura.

Berikut nama kru Heli TNI-AD Mi-17 HA-5138, yakni Kapten CPN Aris (Pilot), Kapten CPN Bambang (Pilot), Lettu CPN Ahwar (Co-Pilot), Serka Suriyatna, Serda Dita, Praka Dwi Purnomo, dan Pratu Asharul.

Sementara 5 orang penumpang anggota Satgas Pamtas Yonif 725 Woroagi, yakni Serda Ikrar Nainggolan, Pratu Yanuarius Loe, Pratu Risno, Prada Sujono Kaimuddin, dan Prada Tegar Hadi Sentana. (Ong)

Berita terbaru

Berita2 hari ago

Bupati Mimika Minta Pengadaan Alkes Melalui Perusahaan Swasta

TIMIKA, HaiPapua.com – Bupati Mimika Eltinus Omaleng meminta Menteri Dalam negeri Tito Karnavian untuk mengizinkan pengadaan alat kesehatan dalam rangka...

Berita2 hari ago

Wabup Mimika Minta Warga Manfaatkan Waktu Dengan Baik Di Tengah Pendemi Covid-19

TIMIKA, HaiPapua.com – Wakil Bupati Mimika Yohannis Rettob mengimbau masyarakat kabupaten Mimika secara khusus di wilayah kota Timika agar memanfaatkan...

Berita2 hari ago

Bupati Mimika Perpanjang Masa Karantina Wilayah Hingga 23 April

TIMIKA, HaiPapua.com – Bupati Mimika Eltinus Omaleng di Timika, Jumat (03/04/2020) mengumumkan perpanjangnan waktu karantina wilayah di kabupaten Mimika hingga...

Tanah Papua3 hari ago

DLH Mimika Diminta Serius Tangani Sampah di TPS Nawaripi

TIMIKA, HaiPapua.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Papua diminta untuk serius menangani sampah sehingga tidak terjadi penumpukan di...

Berita4 hari ago

Pemkab Mimika Akan Beri Stimulan Bagi Tiga Pelaku Usaha

TIMIKA, HaiPapua.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika, akan memberikan stimulan bagi para pelaku usaha secara khusus pelaku usaha perhotelan,...

Tanah Papua4 hari ago

Lemasa Imbau Warga Mimika Patuhi Instruksi Bupati

TIMIKA, HaiPapua.com – Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme, mengimbau kepada seluruh warga kabupaten Mimika untuk mematuhi instruksi bupati Mimika Eltinus...

Tanah Papua5 hari ago

Tokoh Nilai Bantuan YPMAK ke Pusat dan Provinsi Papua Tidak Efisien

TIMIKA, HaiPapua.com – Partisipasi Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) dalam mencegah penyebaran virus korona atau covid-19 di tingkat...

Tanah Papua6 hari ago

Amankan Jalur Penerbangan, Pasukan TNI Duduki Markas KKSB di Distrik Serambakon

JAYAPURA, HaIPapua.com – Pasukan TNI berhasil mengusir Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) dari Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang. Komandan Korem...

Tanah Papua6 hari ago

Pendulang Emas Tradisional Ditemukan Tewas di Kali Kabur Mil 22

TIMIKA, HaIPapua.com – Modestus Welerubun (29) ditemukan tewas setelah terseret arus di Kali Kabur Mil 22, Timika, Kabupaten Mimika, Senin...

Tanah Papua6 hari ago

KKSB Serang Kantor Freeport Kuala Kencana, Satu Pekerja Asing Tewas

TIMIKA, HaIPapua.com – Dua pekerja tertembak akibat penyerangan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Senin (30/3/2020)....

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.