Connect with us
isidisini

Tanah Papua

Tim SAR Temukan 12 Jenazah Di Antara Puing Heli TNI-AD

Published

on

OKSIBIL, HaIPapua.com – Tim SAR gabungan berhasil mencapai lokasi puing Helikopter TNI-AD Mi-17 HA-5138 pada Jumat (14/2/2020) siang, sekitar pukul 12.30 WIT.

Seperti diberitakan sebelumnya, satu satuan setingkat peleton (SST) tim SAR gabungan dari Yonif 751/Raider bersama warga diterjunkan ke lokasi yang telah ditentukan, Kamis (13/2/2020) kemarin.

Sesampai di lokasi, tim SAR langsung membangun basecamp di lokasi yang berada di ketinggian 11.000 kaki (3.352 meter) atau sekitar 1.000 kaki (300 meter) di bawah lokasi penemuan puing heli.

Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Sianipar mengungkapkan untuk sampai ke lokasi puing heli, tim SAR harus mendaki tebing curam selama 5 jam.

“Mereka mendaki sejak pagi dari basecamp menuju sasaran,” ujar Binsar yang memimpin langsung operasi SAR di Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

(Baca Juga: Satu SST Tim Evakuasi Diterjunkan Dekat Lokasi Kecelakaan Heli TNI-AD)

Dari laporan tim SAR di lapangan, kata Binsar, mereka sudah menemukan 12 jenazah di antara puing pesawat. Saat ini, mereka sedang mengumpulkan jenazah untuk dievakuasi.

“Identitas 9 jenazah bisa kita kenali dari pakaian dan atribut yang mereka kenakan, sedangkan 3 jenazah lagi masih diperlukan proses identifikasi lebih lanjut,” kata Binsar.

Walau seluruh jenazah sudah ditemukan, namun kata dia, proses evakuasi baru akan dilakukan besok pagi mengingat kondisi medan yang sulit dan cuaca ekstrem.

“Rencananya evakuasi jenazah dilakukan esok pagi. Tim akan membawa jenazah ke lokasi yang sudah ditentukan yang dapat dijangkau oleh heli. Selanjutnya jenazah akan dievakuasi melalui udara,” papar Binsar.

(Baca Juga: Evakuasi Heli Mi-17 Libatkan 1 SSK Yonif 751 Raider dan 3 Heli Penerbad)

Sebelumnya, pada Jumat (14/2/2020) pagi, Binsar memimpin langsung pengiriman bahan makanan dan minuman serta tabung oksigen untuk tim SAR. Dari atas heli, ia melihat langsung tim SAR yang mendaki menuju lokasi jatuhnya heli.

Sejumlah warga menemukan puing pesawat yang diduga heli penerbad Mi-17 HA-5138 yang hilang kontak di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang sejak Juni 2019 lalu. (ist)

Kodam Cenderawasih Berduka

Di tempat terpisah, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab mengatakan dengan penemuan jenazah oleh tim SAR memastikan seluruh kru dan penumpang heli TNI-AD yang hilang kontak di Pegunungan Bintang 28 Juni 2019 lalu dinyatakan meninggal dunia.

“Seluruh jajaran Kodam XVII Cenderawasih menyampaikan dukacita mendalam dan belasungkawa kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur dalam kecelakaan Helikopter TNI-AD Mi-17 HA-5138. Mereka gugur saat melaksanakan tugas mulia di wilayah Papua,” ujar Pangdam di Jayapura.

Berikut nama kru Heli TNI-AD Mi-17 HA-5138, yakni Kapten CPN Aris (Pilot), Kapten CPN Bambang (Pilot), Lettu CPN Ahwar (Co-Pilot), Serka Suriyatna, Serda Dita, Praka Dwi Purnomo, dan Pratu Asharul.

Sementara 5 orang penumpang anggota Satgas Pamtas Yonif 725 Woroagi, yakni Serda Ikrar Nainggolan, Pratu Yanuarius Loe, Pratu Risno, Prada Sujono Kaimuddin, dan Prada Tegar Hadi Sentana. (Ong)

Berita terbaru

Tanah Papua4 hari ago

Yonif 754/ENK Gelar Baksos Ciptakan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

TIMIKA, HaiPapua.com – Sebagai bentuk kepedulian dalam kemanunggalan TNI dan rakyat, Satuan Batalyon Infanteri 754/ENK/20/3 Kostrad melaksanakan Baksos dengan membagikan...

Tanah Papua7 hari ago

SAR Timika Temukan Pemuda Yang Tersesat di Hutan Wania

TIMIKA, HaiPapua.com – Kantor pencarian dan pertolongan SAR Timika akhirnya berhasil menemukan Syarif (30), pemuda yang dilaporkan keluarganya tersesat di...

Olahraga4 minggu ago

Mountain Gold Basketball Timika mendaftar IBL

TIMIKA, HaiPapua.com – Geliat olahraga Papua terus berkembang. Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 akan menjadi kebangkitan olahraga di berbagai cabang...

Tanah Papua4 minggu ago

Sebanyak 40 Personel SAR Timika Jalani Rapid Test

TIMIKA, Haipapua.com – Dalam rangka mendukung pencegahan dan penyebaran virus corona baru atau covid-19, sebanyak 40 personel Kantor Pencarian dan...

Tanah Papua4 minggu ago

Pemkab Mimika Evaluasi Pra New Normal Pekan Ini

TIMIKA, Haipapua.com – Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua telah memberlakukan pra new normal sejak 5 Juni lalu dan akan berakhir pada...

Tanah Papua1 bulan ago

Polres Mimika Musnahkan Narkotika Jenis Tembakau Sintetis Seberat 17,69 Gram

TIMIKA, HaiPapua.com – Kepolisian Resort Mimika musnahkan barang bukti Narkotika/ Golongan I jenis tembakau sintetis seberat 17,69 gram bertempat dikantor...

Berita1 bulan ago

Kodim 1710/Mimika Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Cara Unik

TIMIKA, HaiPapua.com – Keluarga besar Kodim 1710/Mimika beserta jajaranmemperingati hari lahir Pancasila dengan cara yang unik yaitu melaksanakan nonton bareng...

Tanah Papua1 bulan ago

222 Warga Mimika terinfeksi COVID-19 Hingga 28 Mei

TIMIKA, HaiPapua – Jumlah warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yang terinfeksi virus corona baru (COVID-19) sejak 29 Maret hingga 28...

Tanah Papua2 bulan ago

Lemasko Desak Polisi Selidiki Dugaan Penyelewengan Dana Perwalian Rp4,6 Miliar

TIMIKA, HaiPapua.com – Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Gregorius Okoare , meminta jajaran kepolisian resort Mimika untuk segera...

Tanah Papua2 bulan ago

LEMASA Seruhkan Delapan Poin Sikapi Ancaman Pandemi Covid-19 di Mimika

TIMIKA, HaiPapua.com – Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (LEMASA) menyikapi situasi pandemi covid-19 di Kabupaten Mimika dan mendorong proses penanganan...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.