Connect with us
isidisini

Tanah Papua

Tembak Anggota Polisi dan Kamra, Terduga KKSB Dilumpuhkan di Pasar Jibama

Published

on

WAMENA, HaIPapua.com – Aparat gabungan TNI-Polri menembak mati satu orang terduga anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Pasar Jibama, Kampung Hetuma, Distrik (kecamatan) Hubikiak, Kabupaten Jayawijaya, Jumat (23/8/2019).

Komandan Kodim 1702 Jayawijaya Letkol Inf Candra Dianto mengatakan jenazah anggota KKSB yang belum diketahui identitasnya itu sudah dievakuasi ke kamar jenazah RSUD Wamena.

“Ia diduga pengikut Egianus Kogoya yang selama ini melakukan teror penembakan di Kabupaten Nduga,” ujar Candra melalui sambungan telepon, Jumat (23/8/2019) petang.

(Baca Juga: Ada Kelompok yang Menunggangi Isu Rasisme)

Candra menceritakan awal mula kejadian ketika patroli gabungan TNI-Polri melintas dekat Pasar Jibama sekitar pukul 10.40 WIT. Saat itu, mereka melihat warga berhamburan lari ke luar areal pasar.

“Dari salah seorang warga diketahui, mereka ketakutan karena melihat 5 orang yang tidak dikenal menodongkan senjata api (senpi) ke arah masyarakat dan polisi di pasar,” kata Candra.

Mendapat informasi itu, aparat gabungan kemudian bergerak masuk ke areal pasar. Mereka sempat melihat 5 orang yang membawa senpi berlarian.

“Ke-5 orang itu diduga kabur karena mendengar suara sirine. Empat orang lari ke arah berlawanan, sementara seorang lagi lari ke arah mobil angkutan kota. Ia diduga hendak lari menggunakan mobil itu, tapi kunci tidak ada,” tutur Candra.

Aparat gabungan kemudian mengepung mobil tempat persembunyian terduga anggota KKSB itu. Kapolres Jayawijaya AKBP Tonny Ananda, kata Candra, melalui pengeras suara sempat memerintahkan orang itu untuk menyerahkan diri.

Bukannya menyerah, orang itu malah nekat ke luar dari mobil lalu menembak anggota polisi dan anggota keamanan rakyat (kamra) yang berdiri di belakang mobil. Ia juga sempat menembak ke arah Kapolres Jayawijaya.

“Saat itulah anggota (TNI-Polri) langsung melumpuhkan orang itu. Ia masih sempat melompat ke dalam mobil, sebelum akhirnya tewas,” papar Candra.

(Baca Juga: Sempat Disandera KKSB, Anggota Satgas Nemangkawi Ditemukan Meninggal Dunia)

Setelah kejadian itu, aparat gabungan langsung mengejar 4 orang terduga KKSB lainnya yang melarikan diri. Sebagian personel lalu mengamankan lokasi kejadian dan mengevakuasi 2 orang yang terluka ke RSUD Wamena.

“Anggota Polres Jayawijaya bernama Ipda Iwan mengalami luka tembak di paha, sementara anggota Kamra yang bertugas di Pos Polisi Pasar Jibama mengalami luka tembak di perut. Saat ini mereka sudah dirawat di RSUD Wamena,” kata Candra.

Sementara itu, jenazah terduga anggota KKSB juga sudah dievakuasi ke kamar jenazah RSUD Wamena. “Di lokasi kejadian diamankan satu senpi laras pendek jenis Revolver, 7 butir amunisi dan sejumlah kelongsong amunisi,” kata Candra.

Komandan Kodim 1702 Jayawijaya Letkol Inf Candra Dianto. (ist/HaIPapua.com)

Siaga 1

Dari hasil penyelidikan, kata Candra, 5 orang terduga anggota KKSB itu berasal dari Kampung Kimbim, Distrik Asologaima, Kabupaten Jayawijaya. Mereka diduga hendak bergabung dengan warga yang akan menggelar unjuk rasa antirasis di Wamena.

“Jadi patroli gabungan TNI-Polri itu dalam rangka menjaga keamanan di Wamena, menyusul rencana unjuk rasa antirasis,” katanya.

(Baca Juga: Konvoi Kendaraan Satgas Pamrahwan Diadang KKSB, 2 Prajurit Luka Tembak)

Menurut Candra, pascapengadangan konvoi Satgas Pamrahwan di Jalan Trans Papua Wamena-Habema di kilometer 39, Jumat (16/8/2019) lalu, aparat keamanan sudah memberlakukan siaga 1 di Wamena. Dari laporan yang ia terima, pascapengadangan itu, KKSB pimpinan Egianus hendak bergerak masuk ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

“Sejak saat itu, Kodim Jayawijaya bersama Polres Jayawijaya meningkatkan status keamanan menjadi siaga 1 di Wamena dan sekitarnya. Kami juga melakukan patroli gabungan rutin di sejumlah daerah rawan,” ucapnya.

“Kami juga menyiagakan pos-pos keamanan dan untuk menutup pergerakan anggota KKSB masuk ke Wamena,” kata Candra menambahkan. (Mas)

Berita terbaru

Dermaga Pelabuhan Portsite PT Freeport Indonesia Dermaga Pelabuhan Portsite PT Freeport Indonesia
Tanah Papua2 minggu ago

Danbrigif 20/3 Kostrad Lepas 330 Prajurit Lattuk Raider

Timika, Haipapua.com – Komandan Batalyon Infanteri 755/20/3 Kostrad Mayor Inf Afrianto Dolly beserta 330 orang prajurit jajaran Brigif 20/3 Kostrad dilepas...

Tanah Papua1 bulan ago

Yonif 754/ENK Gelar Baksos Ciptakan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

TIMIKA, HaiPapua.com – Sebagai bentuk kepedulian dalam kemanunggalan TNI dan rakyat, Satuan Batalyon Infanteri 754/ENK/20/3 Kostrad melaksanakan Baksos dengan membagikan...

Tanah Papua1 bulan ago

SAR Timika Temukan Pemuda Yang Tersesat di Hutan Wania

TIMIKA, HaiPapua.com – Kantor pencarian dan pertolongan SAR Timika akhirnya berhasil menemukan Syarif (30), pemuda yang dilaporkan keluarganya tersesat di...

Olahraga2 bulan ago

Mountain Gold Basketball Timika mendaftar IBL

TIMIKA, HaiPapua.com – Geliat olahraga Papua terus berkembang. Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 akan menjadi kebangkitan olahraga di berbagai cabang...

Tanah Papua2 bulan ago

Sebanyak 40 Personel SAR Timika Jalani Rapid Test

TIMIKA, Haipapua.com – Dalam rangka mendukung pencegahan dan penyebaran virus corona baru atau covid-19, sebanyak 40 personel Kantor Pencarian dan...

Tanah Papua2 bulan ago

Pemkab Mimika Evaluasi Pra New Normal Pekan Ini

TIMIKA, Haipapua.com – Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua telah memberlakukan pra new normal sejak 5 Juni lalu dan akan berakhir pada...

Tanah Papua2 bulan ago

Polres Mimika Musnahkan Narkotika Jenis Tembakau Sintetis Seberat 17,69 Gram

TIMIKA, HaiPapua.com – Kepolisian Resort Mimika musnahkan barang bukti Narkotika/ Golongan I jenis tembakau sintetis seberat 17,69 gram bertempat dikantor...

Berita2 bulan ago

Kodim 1710/Mimika Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Cara Unik

TIMIKA, HaiPapua.com – Keluarga besar Kodim 1710/Mimika beserta jajaranmemperingati hari lahir Pancasila dengan cara yang unik yaitu melaksanakan nonton bareng...

Tanah Papua2 bulan ago

222 Warga Mimika terinfeksi COVID-19 Hingga 28 Mei

TIMIKA, HaiPapua – Jumlah warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yang terinfeksi virus corona baru (COVID-19) sejak 29 Maret hingga 28...

Tanah Papua3 bulan ago

Lemasko Desak Polisi Selidiki Dugaan Penyelewengan Dana Perwalian Rp4,6 Miliar

TIMIKA, HaiPapua.com – Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Gregorius Okoare , meminta jajaran kepolisian resort Mimika untuk segera...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.