Connect with us
isidisini

Tanah Papua

Ratusan Mahasiswa Tinggalkan Kota Studi, Gubernur Papua Kelabakan

Published

on

JAYAPURA, HaIPapua.com – Mulutmu harimaumu. Slogan ini mungkin menggambarkan respons emosional Gubernur Papua Lukas Enembe menanggapi insiden di Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya dan buntut respons tersebut.

Kepada wartawan, orang nomor satu di Provinsi Papua ini secara lantang mengungkapkan rencananya untuk memulangkan semua mahasiswa asal Papua yang menuntut ilmu di berbagai kota di Indonesia.

Ancaman itu kembali disampaikan Enembe dalam acara Mata Najwa pada Senin (26/8/2019). Menurutnya, mahasiswa akan ditampung di 3 universitas negeri yang ada di Papua dan Papua Barat. Bahkan, ia mengklaim ada universitas di Papua Nugini (PNG) yang siap menampung mahasiswa Papua.

(Baca Juga: Kecam Aksi Rasisme, Ribuan Massa Unjuk Rasa di Papua dan Papua Barat)

Data yang dihimpun HaIPapua.com, selama periode 1 – 5 September, tercatat ada 500-an mahasiswa Papua yang menuntut ilmu di sejumlah kota di Pulau Jawa dan Sulawesi pulang ke Jayapura dan Manokwari.

Belakangan, kepulangan ratusan mahasiswa itu membuat Enembe pusing. “Kita pusing mengatur mereka, mau taruh (tempatkan) di mana,” ucap Enembe di Jayapura, Senin (9/9/2019).

Seharusnya, kata Enembe, para mahasiswa tak perlu pulang ke Papua karena sudah ada jaminan keamanan dari TNI-Polri serta kepala daerah di tempat mereka menuntut ilmu.

“Saya sampaikan waktu itu, kalau di negara tidak aman, ya kita pulangkan, Tapi kalau daerahnya aman, tidak usah pulang,” kata dia.

Terkait masalah ini, Enembe berencana mengundang Gubernur Papua Barat dan DPRD Papua Barat untuk membahas kepulangan ratusan mahasiswa yang menuntut ilmu di luar Papua.

“Bisa saja mereka nanti akan dikembalikan ke tempat studi awal. Hanya, memang keputusan terakhir tergantung mereka dan sekarang belum ada komunikasi dengan mereka,” ujar Enembe.

(Baca Juga: Unjuk Rasa Menolak Rasisme Berujung Kerusuhan di Jayapura)

Sebelumnya, Majelis Rakyat Papua (MRP) pada 21 Agustus lalu mengeluarkan maklumat yang berisi seruan kepada seluruh mahasiswa Papua untuk kembali ke Papua. Maklumat yang ditandatangani Ketua MRP Timotius Murib menyebut bahwa mahasiswa nantinya bisa melanjutkan pendidikan dan menyelesaikan pendidikan di Tanah Papua.

Imbauan Bupati Kabupaten Puncak terkait eksodusnya mahasiswa asal Papua dari sejumlah kota studi di Jawa dan Sulawesi. (ist)

Imbauan dari Pemda Kabupaten Puncak

Menanggapi kepulangan ratusan mahasiswa Papua dari sejumlah kota studi, sejumlah kepala daerah mengeluarkan imbauan kepada mahasiswa asal daerah itu.

Salah satunya dari Bupati Kabupaten Puncak Willem Wandik. Dalam surat nomor 420/271/SET tertanggal 9 September 2019, berisi imbauan kepada mahasiswa asal Puncak yang berisi 4 poin.

(Baca Juga: Presiden Jokowi Perintahkan Kapolri Tindak Tegas Pelaku Rasisme)

Pertama, mengimbau kepada seluruh mahasiswa asal Kabupaten Puncak untuk tidak terprovokasi dengan isu eksodus mahasiswa asal Jawa-Bali dan Sulawesi, dengan tetap melanjutkan perkuliahan di tempat semula hingga selesai.

Kedua, tidak ada sistem penddikan yang menjamin bahwa seluruh mahasiswa yang pulang ke Papua dapat ditampung dan langsung melanjutkan perkuliahan di perguruan tinggi di Papua.

Ketiga, Pemda Puncak tidak menyediakan anggaran bagi mahasiswa yang pulang ke Papua maupun kembali ke tempat semula terkait masalah ini.

Keempat, pemerintah menjamin keamanan dan kenyamanan mahasiswa di tempat masing-masing untuk menuntut ilmu. Jika terjadi intimidasi, agar segera melaporkan kepada Pemda Puncak atau aparat berwenang. (Mas/Ong)

Berita terbaru

Tanah Papua2 hari ago

KKSB Serang Pos TNI di Kenyam, 1 Orang Tewas dan 2 Luka Tembak

JAYAPURA, HaIPapua.com – Satu orang meninggal dunia dan dua lainnya terluka dalam kontak tembak antara aparat dengan Kelompok Kriminal Separatis...

Tanah Papua2 hari ago

Hilang Sejak Sabtu Lalu, Karyawan Kontraktor PTFI Ditemukan Tewas di Kali Kabur

TIMIKA, HaIPapua.com – Seorang karyawan kontraktor PT Freeport Indonesia (PTFI) ditemukan meninggal dunia tertimbun pasir konsetrat di Kali (sungai) Kabur...

Tanah Papua3 hari ago

Nyaris Ditawan KKSB, 3 Guru SD Inpres Baluni Dievakuasi ke Timika

TIMIKA, HaIPapua.com – Tiga orang guru SD Inpres Baluni yang nyaris ditawan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) akhirnya dievakuasi ke...

Tanah Papua4 hari ago

Binmas Noken Polri dan Polres Puncak Jaya Berikan Bibit Sayur Kepada Warga Muliambut

MULIA, HaiPapua.com – Satgas Binmas Noken bersama Polres Puncak Jaya kepada memberikan bibit tanaman sayuran kepada warga kampung Muliambut, Distrik...

Tanah Papua5 hari ago

DPRD Mimika Desak Pimpinan OPD Patuhi Instruksi Bupati Terkait Pengadaan Barang dan Jasa

TIMIKA, HaIPapua.com – Anggota DPRD Mimika Den B Hagabal mendesak pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda)...

Tanah Papua5 hari ago

Anggota DPRD Mimika Soroti Dugaan Penggunaan Profil Pengusaha Asli untuk Mendapat Proyek

TIMIKA, HaIPapua.com – Anggota DPRD Mimika Den B Hagabal menyoroti dugaan penggunaan profil pengusaha asli Papua untuk mendapatkan proyek dari...

Nasional5 hari ago

Teknologi Mortar Busa untuk Konstruksi Infrastruktur di Tanah Lunak

JAKARTA, HaIPapua.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendorong jajarannya melakukan riset dan pengembangan bagi penyediaan...

Olahraga7 hari ago

Turnamen Persemi Cup II Resmi Bergulir

TIMIKA, HaiPapua.com – Turnamen sepak bola Persemi Cup II resmi bergulir setelah dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika...

Penandatanganan berita acara pelantikan oleh salah satu Dikmaba disaksika oleh PangdamXVII/Cendrawasih Mayjen TNI Herman Asaribab Penandatanganan berita acara pelantikan oleh salah satu Dikmaba disaksika oleh PangdamXVII/Cendrawasih Mayjen TNI Herman Asaribab
Tanah Papua7 hari ago

Pangdam Cenderawasih Lantik 465 Siswa Dikmaba

JAYAPURA, HaiPapua.com – Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab melantik 465 siswa Pendidikan Pertama Bintara...

Tanah Papua1 minggu ago

Satgas TNI Tembak 2 Anggota KKSB di Distrik Yigi

JAYAPURA, HaIPapua.com – Tiga orang terluka dalam kontak tembak antara Satgas Penegakan Hukum TNI dengan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB)...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.