Connect with us
isidisini

Tanah Papua

Putusan DKPP Jadi Bukti KPUD dan Panwas Mamberamo Tengah Bekerja Sesuai Aturan

Published

on

JAYAPURA, HaIPapua.com – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menolak seluruh gugatan Onny Berni Pagawak yang mengadukan dugaan pelanggaran kode etik dengan terlapor 5 komisioner KPUD Mamberamo Tengah dan 3 anggota Panwas Mamberamo Tengah.

Keputusan DKPP ini tertuang dalam Putusan Nomor 141/DKPP-PKE-VII/2018 tertanggal 21 Agustus 2018, yang diputuskan dalam rapat pleno DKPP yang diikuti 6 anggota DKPP yakni Harjono selaku Ketua merangkap anggota, Muhammad, Teguh Prasetyo, Alfitra Salam, Ida Budhiarti, dan Fritz Edward Siregar pada 18 Juli 2018.

“Memutuskan menolak pengaduan pengadu (Onny B Pagawak) untuk seluruhnya,” dalam Putusan DKPP yang dibacakan Ketua DKPP Harjono di Ruang Sidang DKPP, Selasa (21/8/2018) lalu.

(Baca Juga: Steven Payokwa: KPUD Mamberamo Tengah Telah Bekerja Sesuai Undang-Undang)

Dalam putusan tersebut DKPP memerintahkan untuk merehabilitasi nama baik teradu komisioner KPUD Mamberamo Tengah masing-masing Steven Payokwa selaku ketua merangkap anggota, Darussalam, Maleo Jikwa, Onny Wandikbo, dan Natalis Walela.

Putusan ini juga memerintahkan untuk merehabilitasi nama baik Staf KPUD Mamberamo Tengah Asdar Syarifudin, serta anggota Panwas Mamberamo Tengah, yakni Yakup Kenelak, Parlindungan Simanjuntak, dan Karmel Mabel.

“Memerintah KPU Provinsi Papua melaksanakan putusan ini paling lambat 7 hari sejak dibacakan, serta memerintah Bawaslu Papua untuk mengawasi pelaksanaan putusan ini,” dalam putusan DKPP.

Bekerja Sesuai Aturan 

Menanggapi Putusan DKPP tersebut, Ketua KPUD Mamberamo Tengah Steven Payokwa menegaskan bahwa putusan tersebut menjadi bukti bahwa komisioner KPUD dan Panwas telah bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku.

“KPUD Mamberamo Tengah dan Panwas Kabupaten Mamberamo Tengah telah melaksanakan semua tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) sesuai dengan aturan. Kalau kami melakukan pelanggaran, pasti kami kena sangsi,” kata Steven Payokwa di Jayapura, Jumat (24/8/2018).

(Baca Juga: Dua Gugatan LMA Ditolak MK, Hasil Pilkada Puncak dan Mamberamo Tengah Final)

Dengan putusan DKPP tersebut, Steven mengajak seluruh masyarakat Mamberamo Tengah untuk menerima hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Tengah 2018 karena telah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ia juga meminta masyarakat untuk mengawal semua program-program Bupati dan Wakil Bupati terpilih untuk kemajuan pembangunan di Mamberamo Tengah.

“Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mamberamo Tengah agar berlapang dada untuk menerima hasil pesta demokrasi yang sudah dilakukan di Mamberamo Tengah. Keputusan DKPP ini semakin menguatkan hasil DKPP ini, sehingga kami berharap masyarakat tidak terpancing dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab,” kata Steven.

Dugaan Ijazah Palsu

Sebelumnya, bakal calon wakil bupati Mamberamo Tengah Onny B Pagawak melalui kuasa hukumnya Silvester Punarubun mengadukan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan komisioner KPUD Mamberamo Tengah dan anggota Panwas Mamberamo Tengah.

Divisi Hukum KPUD Mamberamo Tengah Darussalam mengatakan penggugat melaporkan dugaan pelanggaran kode etik mulai dari tahap pendaftaran pasangan calon dengan meloloskan Yonas Kenelak yang diduga menggunakan ijazah palsu.

(Baca Juga: Kepala Pusdatin Kemenristekdikti: Database PDDikti Tergantung Laporan PT)

Menurut Darussalam, dugaan tersebut tidak benar karena setelah dilakukan verifikasi ternyata ijazah Yonas Kenelak adalah benar.

“Dari proses verifikasi di STISIPOL Waskita Darma Malang, terbukti bahwa Yonas Kenelak pernah kuliah dan dinyatakan lulus di Sekolah Tinggi tersebut dibuktikan dengan keterangan Lulus Nomor 86/13/STWD/KET/I/2018 dan SK yudisium Nomor 002/STWD/SK.K/IX/2009 tanggal 10 September 2009, dengan nomor seri ijazah 024.1.1.9.09,” kata Darussalam.

“Dugaan ijazah palsu terjadi karena terjadi kesalahan pengimputan validasi data mahasiswa yang dilakukan oleh pihak administrasi Kampus Waskita Darma Malang,” kata Darussalam menambahkan. (Ern)

Berita terbaru

Berita16 jam ago

Linmas Nawaripi Perketat Pengawasan ‘Social Distancing’ Pada Malam Hari

TIMIKA, HaiPapua.com – Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terkait social distancing di Timika, aparat kampung Nawaripi mulai membatasi kerumunan warga...

Berita5 hari ago

Bupati Mimika Minta Pengadaan Alkes Melalui Perusahaan Swasta

TIMIKA, HaiPapua.com – Bupati Mimika Eltinus Omaleng meminta Menteri Dalam negeri Tito Karnavian untuk mengizinkan pengadaan alat kesehatan dalam rangka...

Berita5 hari ago

Wabup Mimika Minta Warga Manfaatkan Waktu Dengan Baik Di Tengah Pendemi Covid-19

TIMIKA, HaiPapua.com – Wakil Bupati Mimika Yohannis Rettob mengimbau masyarakat kabupaten Mimika secara khusus di wilayah kota Timika agar memanfaatkan...

Berita5 hari ago

Bupati Mimika Perpanjang Masa Karantina Wilayah Hingga 23 April

TIMIKA, HaiPapua.com – Bupati Mimika Eltinus Omaleng di Timika, Jumat (03/04/2020) mengumumkan perpanjangnan waktu karantina wilayah di kabupaten Mimika hingga...

Tanah Papua5 hari ago

DLH Mimika Diminta Serius Tangani Sampah di TPS Nawaripi

TIMIKA, HaiPapua.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Papua diminta untuk serius menangani sampah sehingga tidak terjadi penumpukan di...

Berita7 hari ago

Pemkab Mimika Akan Beri Stimulan Bagi Tiga Pelaku Usaha

TIMIKA, HaiPapua.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika, akan memberikan stimulan bagi para pelaku usaha secara khusus pelaku usaha perhotelan,...

Tanah Papua7 hari ago

Lemasa Imbau Warga Mimika Patuhi Instruksi Bupati

TIMIKA, HaiPapua.com – Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme, mengimbau kepada seluruh warga kabupaten Mimika untuk mematuhi instruksi bupati Mimika Eltinus...

Tanah Papua1 minggu ago

Tokoh Nilai Bantuan YPMAK ke Pusat dan Provinsi Papua Tidak Efisien

TIMIKA, HaiPapua.com – Partisipasi Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) dalam mencegah penyebaran virus korona atau covid-19 di tingkat...

Tanah Papua1 minggu ago

Amankan Jalur Penerbangan, Pasukan TNI Duduki Markas KKSB di Distrik Serambakon

JAYAPURA, HaIPapua.com – Pasukan TNI berhasil mengusir Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) dari Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang. Komandan Korem...

Tanah Papua1 minggu ago

Pendulang Emas Tradisional Ditemukan Tewas di Kali Kabur Mil 22

TIMIKA, HaIPapua.com – Modestus Welerubun (29) ditemukan tewas setelah terseret arus di Kali Kabur Mil 22, Timika, Kabupaten Mimika, Senin...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.