Connect with us
isidisini

Tanah Papua

Putusan DKPP Jadi Bukti KPUD dan Panwas Mamberamo Tengah Bekerja Sesuai Aturan

Published

on

JAYAPURA, HaIPapua.com – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menolak seluruh gugatan Onny Berni Pagawak yang mengadukan dugaan pelanggaran kode etik dengan terlapor 5 komisioner KPUD Mamberamo Tengah dan 3 anggota Panwas Mamberamo Tengah.

Keputusan DKPP ini tertuang dalam Putusan Nomor 141/DKPP-PKE-VII/2018 tertanggal 21 Agustus 2018, yang diputuskan dalam rapat pleno DKPP yang diikuti 6 anggota DKPP yakni Harjono selaku Ketua merangkap anggota, Muhammad, Teguh Prasetyo, Alfitra Salam, Ida Budhiarti, dan Fritz Edward Siregar pada 18 Juli 2018.

“Memutuskan menolak pengaduan pengadu (Onny B Pagawak) untuk seluruhnya,” dalam Putusan DKPP yang dibacakan Ketua DKPP Harjono di Ruang Sidang DKPP, Selasa (21/8/2018) lalu.

(Baca Juga: Steven Payokwa: KPUD Mamberamo Tengah Telah Bekerja Sesuai Undang-Undang)

Dalam putusan tersebut DKPP memerintahkan untuk merehabilitasi nama baik teradu komisioner KPUD Mamberamo Tengah masing-masing Steven Payokwa selaku ketua merangkap anggota, Darussalam, Maleo Jikwa, Onny Wandikbo, dan Natalis Walela.

Putusan ini juga memerintahkan untuk merehabilitasi nama baik Staf KPUD Mamberamo Tengah Asdar Syarifudin, serta anggota Panwas Mamberamo Tengah, yakni Yakup Kenelak, Parlindungan Simanjuntak, dan Karmel Mabel.

“Memerintah KPU Provinsi Papua melaksanakan putusan ini paling lambat 7 hari sejak dibacakan, serta memerintah Bawaslu Papua untuk mengawasi pelaksanaan putusan ini,” dalam putusan DKPP.

Bekerja Sesuai Aturan 

Menanggapi Putusan DKPP tersebut, Ketua KPUD Mamberamo Tengah Steven Payokwa menegaskan bahwa putusan tersebut menjadi bukti bahwa komisioner KPUD dan Panwas telah bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku.

“KPUD Mamberamo Tengah dan Panwas Kabupaten Mamberamo Tengah telah melaksanakan semua tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) sesuai dengan aturan. Kalau kami melakukan pelanggaran, pasti kami kena sangsi,” kata Steven Payokwa di Jayapura, Jumat (24/8/2018).

(Baca Juga: Dua Gugatan LMA Ditolak MK, Hasil Pilkada Puncak dan Mamberamo Tengah Final)

Dengan putusan DKPP tersebut, Steven mengajak seluruh masyarakat Mamberamo Tengah untuk menerima hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Tengah 2018 karena telah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ia juga meminta masyarakat untuk mengawal semua program-program Bupati dan Wakil Bupati terpilih untuk kemajuan pembangunan di Mamberamo Tengah.

“Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mamberamo Tengah agar berlapang dada untuk menerima hasil pesta demokrasi yang sudah dilakukan di Mamberamo Tengah. Keputusan DKPP ini semakin menguatkan hasil DKPP ini, sehingga kami berharap masyarakat tidak terpancing dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab,” kata Steven.

Dugaan Ijazah Palsu

Sebelumnya, bakal calon wakil bupati Mamberamo Tengah Onny B Pagawak melalui kuasa hukumnya Silvester Punarubun mengadukan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan komisioner KPUD Mamberamo Tengah dan anggota Panwas Mamberamo Tengah.

Divisi Hukum KPUD Mamberamo Tengah Darussalam mengatakan penggugat melaporkan dugaan pelanggaran kode etik mulai dari tahap pendaftaran pasangan calon dengan meloloskan Yonas Kenelak yang diduga menggunakan ijazah palsu.

(Baca Juga: Kepala Pusdatin Kemenristekdikti: Database PDDikti Tergantung Laporan PT)

Menurut Darussalam, dugaan tersebut tidak benar karena setelah dilakukan verifikasi ternyata ijazah Yonas Kenelak adalah benar.

“Dari proses verifikasi di STISIPOL Waskita Darma Malang, terbukti bahwa Yonas Kenelak pernah kuliah dan dinyatakan lulus di Sekolah Tinggi tersebut dibuktikan dengan keterangan Lulus Nomor 86/13/STWD/KET/I/2018 dan SK yudisium Nomor 002/STWD/SK.K/IX/2009 tanggal 10 September 2009, dengan nomor seri ijazah 024.1.1.9.09,” kata Darussalam.

“Dugaan ijazah palsu terjadi karena terjadi kesalahan pengimputan validasi data mahasiswa yang dilakukan oleh pihak administrasi Kampus Waskita Darma Malang,” kata Darussalam menambahkan. (Ern)

Berita terbaru

Tanah Papua5 hari ago

Yonif 754/ENK Gelar Baksos Ciptakan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

TIMIKA, HaiPapua.com – Sebagai bentuk kepedulian dalam kemanunggalan TNI dan rakyat, Satuan Batalyon Infanteri 754/ENK/20/3 Kostrad melaksanakan Baksos dengan membagikan...

Tanah Papua1 minggu ago

SAR Timika Temukan Pemuda Yang Tersesat di Hutan Wania

TIMIKA, HaiPapua.com – Kantor pencarian dan pertolongan SAR Timika akhirnya berhasil menemukan Syarif (30), pemuda yang dilaporkan keluarganya tersesat di...

Olahraga4 minggu ago

Mountain Gold Basketball Timika mendaftar IBL

TIMIKA, HaiPapua.com – Geliat olahraga Papua terus berkembang. Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 akan menjadi kebangkitan olahraga di berbagai cabang...

Tanah Papua4 minggu ago

Sebanyak 40 Personel SAR Timika Jalani Rapid Test

TIMIKA, Haipapua.com – Dalam rangka mendukung pencegahan dan penyebaran virus corona baru atau covid-19, sebanyak 40 personel Kantor Pencarian dan...

Tanah Papua4 minggu ago

Pemkab Mimika Evaluasi Pra New Normal Pekan Ini

TIMIKA, Haipapua.com – Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua telah memberlakukan pra new normal sejak 5 Juni lalu dan akan berakhir pada...

Tanah Papua1 bulan ago

Polres Mimika Musnahkan Narkotika Jenis Tembakau Sintetis Seberat 17,69 Gram

TIMIKA, HaiPapua.com – Kepolisian Resort Mimika musnahkan barang bukti Narkotika/ Golongan I jenis tembakau sintetis seberat 17,69 gram bertempat dikantor...

Berita1 bulan ago

Kodim 1710/Mimika Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Cara Unik

TIMIKA, HaiPapua.com – Keluarga besar Kodim 1710/Mimika beserta jajaranmemperingati hari lahir Pancasila dengan cara yang unik yaitu melaksanakan nonton bareng...

Tanah Papua1 bulan ago

222 Warga Mimika terinfeksi COVID-19 Hingga 28 Mei

TIMIKA, HaiPapua – Jumlah warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yang terinfeksi virus corona baru (COVID-19) sejak 29 Maret hingga 28...

Tanah Papua2 bulan ago

Lemasko Desak Polisi Selidiki Dugaan Penyelewengan Dana Perwalian Rp4,6 Miliar

TIMIKA, HaiPapua.com – Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Gregorius Okoare , meminta jajaran kepolisian resort Mimika untuk segera...

Tanah Papua2 bulan ago

LEMASA Seruhkan Delapan Poin Sikapi Ancaman Pandemi Covid-19 di Mimika

TIMIKA, HaiPapua.com – Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (LEMASA) menyikapi situasi pandemi covid-19 di Kabupaten Mimika dan mendorong proses penanganan...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.