Connect with us

Tanah Papua

Puing Pesawat Twin Otter PK-CDC Ditemukan di Tebing pada Ketinggian 4.100 Meter

Published

on

TIMIKA, HaIPapua.com – Pesawat Twin Otter DCH-6 registrasi PK-CDC milik PT Carpediem Aviasi Mandiri diperkirakan jatuh di wilayah pegunungan Distrik (kecamatan) Hoya, Kabupaten Mimika.

Pencarian pada Minggu (22/9/2019) pagi, Pilot Heli Bell 407 milik PT SGI Capt William Watson melihat puing pesawat di lereng pegunungan pada ketinggian 14.200 kaki atau 4.328 meter di Distrik Hoya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika Monce Brury mengatakan, pihaknya bisa memastikan lokasi tersebut setelah melakukan pengecekan ulang menggunakan pesawat TNI AU CN-235 A-2138 dan pesawat Carpediem PK-CDJ.

“Sepanjang hari ini kita melakukan 6 kali penerbangan pencarian. Selama ini lokasi tersebut sering tertutup awan dan tadi terbuka sehingga memudahkan untuk memantau secara visual dan menemukan tanda potongan pesawat PK-CDC,” ujar Monce di Timika, Minggu (22/9/2019) petang.

(Baca Juga: Pesawat Twin Otter Rimbun Air PK-CDC Hilang Kontak di Kabupaten Puncak)

Monce mengatakan lokasi penemuan potongan pesawat PK-CDC berada pada koordinat 04° 7′ 27,11″ Lintang Selatan dan 137° 29′ 18,36″ Bujur Timur yang berjarak sekitar 44 nautical mile (nmi) atau 81,49 kilometer dari Timika.

Menurutnya, lokasi penemuan potongan pesawat berada di tebing pada ketinggian 13.453 kaki atau sekitar 4.100 meter di atas permukaan laut.

“Lokasi ini masih berada di wilayah Kabupaten Mimika, tepatnya di wilayah Kampung Mamontoga, Distrik Hoya yang berjarak sekitar 4,51 Nmi atau sekitar 8,35 kilometer,” kata Monce.

Danlanud Yohanis Kapiyau Timika Letkol Pnb Sugeng Sugiharto didampingi Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika Monce Brury saat menjelaskan lokasi penemuan puing pesawat Twin Otter PK-CDC di Posko SAR di Bandar Udara Mozes Kilangin Timika. (ist/HaIPapua.com)

Evakuasi Melibatkan 5 Pesawat

Di tempat yang sama, Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Letkol Pnb Sugeng Sugiharto mengatakan bahwa proses evakuasi akan dilakukan pada Senin (23/9/2019) pagi. Evakuasi itu akan melibatkan 5 pesawat yakni 3 helikopter, pesawat Twin Otter Carpediem PK-CDJ, dan pesawat CN-235.

“Kita akan menggunakan helikopter SA-315B Lama milik PT Intan dan 2 heli dari Polri,” kata Sugeng.

(Baca Juga: Tim SAR Temukan Tanda Keberadaan Pesawat Rimbun Air PK-CDC)

Proses evakuasi, kata Sugeng, akan dimulai pada pukul 05.30 WIT dan diperkirakan akan berlangsung paling lama 2 jam karena pertimbangan kondisi cuaca yang cepat berubah.

“Heli SA-315B Lama milik PT Intan akan mengangkut 4 anggota Tim SAR dari Ilaga ke lokasi. Selanjutnya Tim SAR mengumpulkan barang-barang yang bisa diangkut, lalu diangkut heli ke Kampung Mamontoga yang ditempuh sekitar 5 menit dari lokasi,” papar Sugeng.

Sementara itu, 2 heli dari Polri akan disiagakan di Kampung Mamontoga untuk melakukan evakuasi. “Pesawat Twin Otter Carpediem PK-CDJ akan mengangkut Tim SAR ke Ilaga, sementara untuk pesawat CN-235 akan melakukan observasi cuaca,” tutur Sugeng.

Menurut Sugeng, lokasi penemuan puing pesawat adalah rute yang biasa dilalui oleh pesawat perintis dari Timika ke Ilaga. Namun, mengenai penyebab kejadian tersebut menunggu hasil investigasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Mengenai kondisi 4 orang yang ada di pesawat itu belum dapat dipastikan karena Tim SAR hanya melihat serpihan pesawat saja,” ucap Sugeng.

Lokasi penemuan puing pesawat Twin Otter PK-CDC milik PT Carpediem Aviasi Mandiri pada tebing di ketinggian 4.100 meter di Distrik Hoya, Kabupaten Mimika. (ist/HaIPapua.com)

Seperti diberitakan sebelumnya, pesawat Carpediem PK-CDC jenis Twin Otter DHC-6 hilang kontak dalam penerbangan dari Timika, Kabupaten Mimika ke Ilaga, Kabupaten Puncak, Rabu (18/9/2019) lalu. Pesawat yang dikemudikan Capt Dasep dan Co-Pilot Yudra, terbang dari Bandar Udara Mozes Kilangin Timika pada pukul 10.36 WIT.

Pilot pesawat sempat melakukan komunikasi dengan tower Bandara Mozes Kilangin pada pukul 10.54 WIT dan mengabarkan bahwa pesawat diperkirakan akan mendarat di Bandar Udara Aminggaru Ilaga pada pukul 11.09 WIT. Pada pukul 13.00 WIT, tower bandara kemudian mengeluarkan pemberitahuan bahwa pesawat dinyatakan hilang kontak.

Dalam penerbangan itu, pesawat ini mengangkut 4 orang beserta muatan kargo seberat 1,7 ton. Berikut nama kru dan penumpang di pesawat itu, yakni Pilot Capt Dasep, Co-Pilot Yudra, Teknisi Ujang, dan penumpang Bharada Hadi. (Rex)

Berita terbaru

Tanah Papua2 minggu ago

Situasi Skouw Kondusif, PLBN Buka Pintu Perlintasan Perbatasan RI-PNG

JAYAPURA, HaIPapua.com – Wakil Wali Kota Jayapura Rustam Saru memastikan situasi di area Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw dalam...

Tanah Papua2 minggu ago

Teror Penembakan di Area PLBN Skouw, Satgas Pamtas Siaga Satu

JAYAPURA, HaIPapua.com – Teror penembakan terjadi di area Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Skouw, Distrik (kecamatan) Muara Tami, Kota...

Nasional3 minggu ago

Kerusuhan Wamena Bukan Konflik Etnis, Tapi Dipicu KKSB untuk Meresahkan Masyarakat

JAKARTA, HaIPapua.com – Presiden Joko Widodo mengucapkan belasungkawa atas jatuhnya korban jiwa dalam kerusuhan yang terjadi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya,...

Tanah Papua3 minggu ago

Kecam Pembunuhan Dokter, PDEI dan MHKI Desak Pemerintah Jamin Keamanan Petugas Kesehatan

JAKARTA, HaIPapua.com – Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) dan Masyarakat Hukum Kesehatan Indonesia (MHKI) mengecam terbunuhnya dr Soeko Marsetiyo dalam...

Tanah Papua3 minggu ago

Tim SAR Berhasil Temukan Black Box Pesawat Twin Otter PK-CDC

TIMIKA, HaIPapua.com – Tim SAR dari Indonesian Vertical Rescue berhasil menemukan dan mengangkat black box pesawat Twin Otter PK-CDC, pada...

Tanah Papua3 minggu ago

Jenazah Korban Penembakan KKSB Akan Dimakamkan di Takalar dan Buton

TIMIKA, HaIPapua.com – Dua jenazah korban penembakan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di Kabupaten Puncak diterbangkan ke Timika, Kabupaten Mimika,...

Tanah Papua3 minggu ago

Dua Pengemudi Ojek Tewas Ditembak KKSB di Kabupaten Puncak

ILAGA, HaIPapua.com – Dua pengemudi ojek ditemukan tewas dengan luka tembak di Kampung Amungi, Distrik (kecamatan) Ilaga Utara, Kabupaten Puncak,...

Tanah Papua3 minggu ago

Tim SAR Berhasil Evakuasi 4 Jenazah Awak Pesawat Twin Otter PK-CDC

TIMIKA, HaIPapua.com – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi 4 jenazah awak pesawat Twin Otter PK-CDC di daerah pegunungan di...

Tanah Papua3 minggu ago

Bekas Kantor Bupati Yalimo Dibakar OTK, Ratusan Warga Mengungsi ke Koramil

JAYAPURA, HaIPapua.com – Gedung bekas Kantor Bupati Kabupaten Yalimo di Distrik Elelim hangus dilalap si jago merah, Selasa (24/9/2019) malam....

Tanah Papua3 minggu ago

Kantor Imigrasi Mimika Deportasi Warga Negara Kamerun

TIMIKA, HaIPapua.com – Kantor Imigrasi Mimika mendeportasi warga negara asing (WNA) asal Kamerun Nguetse Zangue Elvige Flore, Selasa (24/9/2019). Nguetse...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.