Connect with us

Nasional

Presiden Silaturahmi dengan Pemenang Festival Gapura Cinta Negeri

Published

on

JAKARTA, HaIPapua.com – Presiden Joko Widodo bersilaturahmi dengan para pemenang Festival Gapura Cinta Negeri, di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/9/2019). Festival yang berlangsung sejak 17 Juli sampai 17 Agustus 2019 lalu, merupakan rangkaian perayaan 74 tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengapresiasi karya seluruh peserta yang berasal dari seluruh Tanah Air. Menurutnya, festival ini merupakan salah satu wujud kecintaan rakyat untuk Indonesia.

“Saya kira ini adalah sebuah kecintaan kita semuanya untuk kampung kita, untuk negara kita, yang diwujudkan lewat bangunan gapura yang saya lihat semuanya tidak ada yang jelek, semuanya bagus,” kata Presiden.

Ketua Pelaksana Festival Gapura Cinta Negeri Hadi Prabowo mengatakan, kegiatan ini diadakan dalam rangka melestarikan budaya peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, khususnya yang ke-74.

“Momentum ini dijadikan momentum untuk cinta negeri di dalam kerangka untuk meningkatkan dan membanggakan atas budaya Indonesia, memperkuat persaudaraan, memantapkan dan meningkatkan kegotongroyongan antarwarga, dan juga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia melalui kesenian,” ujar Hadi dalam laporannya.

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri ini mengungkapkan tingginya antusiasme masyarakat untuk mengikuti Festival Gapura Cinta Negeri.

“Hal ini bisa dilihat dari jumlah masyarakat yang mendaftarkan gapuranya melalui situs resmi gapuracintanegeri.com, yaitu sebanyak 1.793 peserta,” katanya

Hadi mengatakan pemenang Festival Gapura Cinta Negeri terbagi atas dua kategori, yaitu kategori umum dan kategori lembaga. Untuk kategori umum yang diikuti oleh 1.456 partisipan tingkat RT dan RW, terpilih 10 pemenang yang berasal dari 7 provinsi.

“Jawa Tengah sendiri ada 4 yang menang, kemudian Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua,” imbuhnya.

Sementara itu, kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi diikuti oleh 337 partisipan. Pemenang untuk kategori tersebut berasal dari Bali, Sulawesi Selatan, dan Jakarta. Pada kesempatan tersebut dipilih juga pemenang untuk kategori penghargaan khusus, yaitu warga Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua.

Presiden Joko Widodo berfoto bersama dengan para pemenang Festival Gapura Cinta Negeri, di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/9/2019). (Biro Pers Setpres)

Seleksi Ketat

Para pemenang Festival Gapura Cinta Negeri telah melewati proses penjurian yang sangat ketat. Para pemenang dipilih oleh dewan juri yang terdiri atas Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki.

Selain itu ada pula konduktor Twilite Orchestra Addie MS, seniman tari/koreografer Eko Supriyanto, Founder OMG Consulting dan Co-Founder INSPIGO Yoris Sebastian, content creator & founder Hello Motion Academy Wahyu Aditya, Ketua Umum Indonesia Creative Cities Network Fiki Satari, dan Ketua Program Pascasarjana Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) A. Rikrik Kusmara.

Fiki Satari menjelaskan, ada 4 hal yang dinilai oleh dewan juri dari 25 indikator. Pertama adalah berkenaan dengan konsep, adanya lambang negara Garuda Pancasila, dan logo 74 tahun kemerdekaan.

“Kemudian juga eksplorasi narasi dari kearifan lokal, sejarah, kemudian juga dari profesi aktivitas warga setempat. Di kampung nelayan bicara tentang kekuatan bahari kita,” kata Fiki.

Kedua adalah dari sisi produksi. Dalam hal ini, dewan juri menilai kreativitas peserta dalam pemilihan bahan baku, pemanfaatan potensi sekitar, pemanfaatan teknologi, hingga teknik konstruksi.

Ketiga, estetika desain. Dalam hal ini, Fiki mengatakan, gapura tidak hanya indah tetapi juga menjadi satu kesatuan dengan lingkungan dan memperkuat kebanggaan masyarakatnya.

Keempat, para dewan juri menilai bagaimana para peserta bisa menyampaikan nilai-nilai gotong royong dan nilai-nilai kebaikan lainnya dalam gapuranya. Fiki menegaskan, hal ini merupakan yang paling penting dalam proses penilaian oleh dewan juri.

“Semua dewan juri bekerja keras dan sebetulnya kami berterima kasih atas karya-karya luar biasa dari para peserta. Kami belajar banyak berkenaan dengan membuat sesuatu dari segala keterbatasan menjadi mungkin dengan semangat kebersamaan,” ungkapnya. (Fox)

Berita terbaru

Tanah Papua21 jam ago

Pangdam Cenderawasih Besuk 4 Warga Asal Kampung Olenki di RSUD Mimika

TIMIKA, HaIPapua.com – Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab membesuk 4 korban luka tembak yang tengah dirawat di...

Tanah Papua2 hari ago

Kodam Cenderawasih Akan Investigasi Tertembaknya 7 Warga di Kabupaten Puncak

JAYAPURA, HaIPapua.com – Kodam XVII Cenderawasih menyampaikan duka cita menyusul jatuhnya korban jiwa dari warga sipil dalam insiden kontak tembak...

Tanah Papua2 hari ago

Kontak Tembak di Kabupaten Puncak, 3 Warga Sipil Tewas

TIMIKA, HaIPapua.com – Empat warga korban kontak tembak di Kabupaten Puncak, dievakuasi ke RSUD Mimika, Kabupaten Mimika, Rabu (18/9/2019) siang....

Tanah Papua2 hari ago

Pesawat Twin Otter Rimbun Air PK-CDC Hilang Kontak di Kabupaten Puncak

TIMIKA, HaIPapua.com – Pesawat Rimbun Air PK-CDC jenis Twin Otter DHC-6 hilang kontak dalam penerbangan dari Timika, Kabupaten Mimika ke...

Nasional1 minggu ago

Presiden Jokowi Kaji Usulan Pemekaran Wilayah di Papua

JAKARTA, HaIPapua.com – Presiden Joko Widodo berjanji akan menindaklanjuti aspirasi pemekaran wilayah di Provinsi Papua. Hal tersebut disampaikan Presiden saat...

Nasional1 minggu ago

Presiden Akan Tempatkan 1.000 Sarjana Muda Papua di BUMN

JAKARTA, HaIPapua.com – Presiden Joko Widodo bertemu dengan 61 tokoh Papua di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9/2019). Dalam pertemuan itu,...

Tanah Papua2 minggu ago

Ratusan Mahasiswa Tinggalkan Kota Studi, Gubernur Papua Kelabakan

JAYAPURA, HaIPapua.com – Mulutmu harimaumu. Slogan ini mungkin menggambarkan respons emosional Gubernur Papua Lukas Enembe menanggapi insiden di Asrama Mahasiswa...

Tanah Papua2 minggu ago

Polisi Amankan 20 Simpatisan ULMWP yang Diduga Terlibat Kerusuhan Jayapura

JAYAPURA, HaIPapua.com – Kepolisian terus memburu pelaku perusakan dan pembakaran dalam unjuk rasa anti-rasis yang berujung kerusuhan di Jayapura, Kamis...

Tanah Papua2 minggu ago

Polisi Temukan Empat Jasad Pendulang dalam Kondisi Hangus

JAYAPURA, HaIPapua.com – Kepolisian Resor Asmat menemukan 4 jasad dalam kondisi hangus saat melakukan penyisiran di lokasi tambang emas ilegal...

Tanah Papua2 minggu ago

3 Pendulang Luka Bacok Diserang OTK di Distrik Seradala, Yahukimo

TANAH MERAH, HaIPapua.com – Tiga pendulang emas tradisional dari Distrik (kecamatan) Seradala, Kabupaten Yahukimo dievakuasi ke RSUD Boven Digoel, Kabupaten...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.