Connect with us
isidisini

Tanah Papua

Presiden Koordinasikan Pemulihan Kawasan Cycloop Pascabencana Banjir Bandang

Published

on

SENTANI, HaIPapua.com – Usai meresmikan sejumlah proyek infrastruktur yang dipusatkan di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Kota Manado, Sulawesi Utara, Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana bertolak menuju Provinsi Papua dalam rangka kunjungan kerja.

Rombongan Kepala Negara tiba di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, sekitar pukul 13.30 WIT, dan langsung menuju ruang tunggu utama untuk menerima paparan dari Gubernur Papua Lukas Enembe.

Setelah kegiatan di ruang tunggu utama Bandara Sentani tersebut, Presiden dan Ibu Iriana beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju GOR Touware di kampung Kwadeware, distrik (kecamatan) Waibu, Kabupaten Jayapura.

Tiba pukul 14.15 WIT, Presiden berbincang dengan pengungsi korban banjir bandang yang melanda wilayah Sentani, Kabupaten Jayapura beberapa waktu lalu.

Presiden menyaksikan Penandatanganan Nota Kesepakatan tentang “Pemulihan Cagar Alam Pegunungan Cycloop, Danau Sentani, Daerah Aliran Sungai (DAS) Sentani Tami” antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan sejumlah kementerian, lembaga, dan juga pemerintah daerah di Provinsi Papua. (Biro Pers Setpres)
Nota Kesepakatan Pemulihan Cagar Alam Pegunungan Cycloop

Sebelumnya, Presiden juga menyaksikan Penandatanganan Nota Kesepakatan tentang “Pemulihan Cagar Alam Pegunungan Cycloop, Danau Sentani, Daerah Aliran Sungai (DAS) Sentani Tami” antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan sejumlah kementerian, lembaga, dan juga pemerintah daerah di Provinsi Papua.

Secara terpisah, Presiden mengatakan bahwa kesepakatan tersebut merupakan penanganan pascabencana untuk jangka panjang atas program rehabilitasi Pegunungan Cycloop dan sejumlah wilayah lainnya. Diharapkan penanganan jangka panjang tersebut bisa mencegah agar bencana yang sama tidak kembali terulang di masa mendatang.

“Dalam jangka panjang yang namanya Pegunungan Cycloop itu juga harus segera direhabilitasi, harus dihijaukan kembali, harus ditanam kembali sehingga bencana-bencana yang kemarin datang tidak terjadi lagi,” kata Presiden di GOR Touware.

Presiden berharap dengan pelibatan pihak-pihak terkait dalam kesepakatan ini, maka tugas pemulihan dan rehabilitasi tersebut menjadi lebih mudah dan cepat.

“Semua dilibatkan agar pengerjaan lapangan cepat dan agar segera dikerjakan. Semua tadi, BNPB, gubernur, bupati, gereja, semuanya dilibatkan,” tuturnya.

Para pihak yang terlibat dalam kesepakatan ini ialah BNPB, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

Selain itu, dilibatkan pula pihak terkait lainnya yaitu Pemprov Papua, Pemkab Jayapura, Pemkot Jayapura, Pemkab Keerom, Universitas Cenderawasih, PT Freeport Indonesia (PTFI), Dewan Adat Suku Sentani, Lembaga Musyawarah Adat Port Numbay, Dewan Persekutuan Gereja-Gereja Papua, BP Am Sinode GKI di Tanah Papua, dan BP Am Sinode GIDI di Tanah Papua.

Nota kesepakatan ditandatangani sebagai pedoman bersama dalam mendukung pelaksanaan kegiatan pemulihan sejumlah kawasan tersebut secara terencana, terpadu, dan menyeluruh yang menjadi tanggung jawab seluruh pihak.

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo berbincang dengan Presiden saat meninjau korban banjir bandang Sentani. (Biro Pers Setpres)

PTFI Dukung Rehabilitasi Kawasan Cycloop

Secara terpisah, Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan keterlibatan PTFI selain mendukung rehabilitasi korban bencana banjir bandang, juga akan turut membantu pemerintah dalam merawat hutan di kawasan Pegunungan Cycloop.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw untuk penanganan ke depan dalam rangka perlindungan kawasan Cycloop,” ujar Tony.

Dalam diskusi bersama Ketua BNPB, kata Tony, PTFI nantinya akan terlibat dalam program penanaman kembali pohon dan mendukung pengelolaan secara baik Cagar Alam Pegunungan Cycloop.

“Kami berharap, seluruh pemangku kepentingan di Papua dapat bahu membahu mengambil bagian dalam menanggulangi dan mencegah kejadian ini agar tidak terulang lagi,” kata Tony. (Fox/Mas)

Berita terbaru

Tanah Papua5 hari ago

Anggota Satgas Apter Gugur Dalam Kontak Tembak Dengan KKSB di Kampung Hitadipa

TIMIKA, HaIPapua.com – Seorang prajurit TNI gugur dalam kontak tembak dengan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di Kampung Hitadipa, Distrik...

Tanah Papua5 hari ago

Tim SAR Berhasil Evakuasi 3 Kru Helikopter PK-USS

JAYAPURA, HaIPapua.com – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi 3 kru helikopter Bell 212 PK-USS, Sabtu (19/9/2020) siang. Seperti diberitakan...

Tanah Papua6 hari ago

Helikopter PT NUH Ditemukan Mendarat Darurat di Ketinggian 4.700 Kaki

JAYAPURA, HaIPapua.com – Tim SAR gabungan berhasil menemukan keberadaan helikopter Bell 212 PK-USS milik PT Nasional Utility Helicopter (NUH) pada...

Tanah Papua6 hari ago

TNI Akui Senpi Milik Almarhum Serka Sahlan Hilang

TIMIKA, HaIPapua.com – Senjata api (senpi) milik almarhum Serka Sahlan dilaporkan hilang setelah diserang kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di...

Tanah Papua7 hari ago

Jenazah Ahmad Baidlawi Dievakuasi ke Timika

TIMIKA, HaIPapua.com – Jenazah Ahmad Baidlawi (50), korban penganiayaan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten...

Tanah Papua7 hari ago

Helikopter PT NUH Hilang Kontak di Kabupaten Nabire

JAYAPURA, HaIPapua.com – Helikopter Bell 212 nomor registrasi PK-USS milik PT Nasional Utility Helicopter (NUH) hilang kontak dalam penerbangan dari...

Tanah Papua7 hari ago

Anggota Babinsa dan Pengemudi Ojek Tewas Dibantai KKSB

TIMIKA, HaIPapua.com – Seorang prajurit TNI dan seorang warga sipil dibunuh secara biadab oleh kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di...

Tanah Papua1 minggu ago

TNI Tanggung Biaya Pengobatan 2 Warga Korban Penembakan KKSB di Intan Jaya

TIMIKA, HaIPapua.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan menanggung biaya pengobatan dan membantu membiayai keluarga dua warga sipil korban penyerangan...

Tanah Papua1 minggu ago

Dua Warga Korban Penembakan KKSB di Intan Jaya Dievakuasi ke Timika

TIMIKA, HaIPapua.com – Dua warga korban penembakan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di Kabupaten Intan Jaya dievakuasi ke Timika, Kabupaten...

Tanah Papua2 minggu ago

Bebas Covid-19, Warga Ilaga Syukuri Dengan Bakar Batu dan Makan Bersama

Ilaga, HaiPapua.com – Kabupaten Puncak Ilaga masih termasuk dalam Zona hijau  Covid-19. Dengan kondisi tersebut pemerintah daerah dan warga mensyukuri...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.