Connect with us
isidisini

Nasional

Jokowi: Jadilah Ibu Bangsa, Wahai Perempuan Indonesia

Published

on

Waisai, HaIPapua.com Presiden Joko Widodo memberikan kejutan pada Peringatan Hari Ibu ke-89 yang digelar di Lapangan Waisai Torang Cinta (WTC), Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Jumat (22/12/2017).

Presiden Jokowi mengajak lima menteri perempuan dalam kabinet kerjanya yang hadir untuk bersama-sama membaca puisi yang diciptakan khusus untuk para perempuan dan ibu di seluruh Tanah Air.

Puisi berjudul “Pesan Ibu Bangsa” tersebut dibacakan secara bergantian oleh para menteri. Dimulai dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, kemudian Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Selanjutnya disambung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, lalu Menteri Kesehatan Nila Moeloek, hingga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia Yohana Yembise.

Sedangkan bait yang seharusnya dibacakan oleh empat menteri lainnya yang berhalangan hadir digantikan oleh Mama-Mama Papua yang diundang khusus Presiden Jokowi.

Pesan Ibu Bangsa

Jadilah ibu yang berkarakter, halus budi pekerti dan selalu mengajarkan tradisi luhur budaya bangsa untuk menumbuhkan generasi bangsa yang hebat, demi Indonesia tercinta. (Puan Maharani)

Jadilah ibu yang menjaga, merawat kesehatan anaknya, menjadikan bangsa Indonesia yang kuat dan kokoh. (Nila Moeloek)

Ibu, terus tebarkanlah benih-benih demokrasi, kemajemukan, toleransi dan perdamaian untuk satu Indonesia, satu dunia yang damai dan sejahtera. (Retno Marsudi)

Jadilah ibu yang memelihara, menata dan mengajarkan menciptakan lingkungan yang nyaman, demi kelestarian dan untuk kesejahteraan bangsa. (Siti Nurbaya)

Jadilah ibu yang melindungi, menyelamatkan, memberdayakan perempuan Indonesia, dan melindungi generasi masa depan penerus bangsa Indonesia. (Yohana Yembise)

Jadilah ibu yang jujur dan cermat dalam berhitung, cerdas mengelola, anti korupsi, demi kemakmuran bangsa. (Mama Papua menggantikan Sri Mulyani)

Jadilah ibu yang peka dan berempati, selalu mengulurkan tangan untuk memberi pertolongan demi kesejahteraan bangsa. (Mama Papua menggantikan Khofifah Indar Parawansa)

Jadilah ibu yang tegas, berani menegur bila ada yang salah, jika perlu tenggelamkan! Demi keutuhan bangsa. (Mama Papua menggantikan Susi Pudjiastuti)

Jadilah ibu yang tidak segan bekerja, menggali potensi diri, membantu peningkatan pendapatan, demi kemajuan bangsa. (Mama Papua menggantikan Rini Soemarno)

Presiden Jokowi tak ketinggalan ikut serta sekaligus menutup pembacaan puisi tersebut. “Jadilah Ibu Bangsa, wahai perempuan Indonesia,” ucap Presiden.

Sebelumnya, peristiwa menarik lainnya juga terjadi saat Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di tempat acara. Keduanya ikut menyanyi dan menari bersama anak-anak Papua yang menjadi kelompok paduan suara. Lagu daerah asal Provinsi Papua “Yamko Rambe” pun mengiringi tarian keduanya. (Ong)

Berita terbaru

Puluhan karton minuman yang disita anggota Polres Mimika pada Jumat (29/03/2020) Puluhan karton minuman yang disita anggota Polres Mimika pada Jumat (29/03/2020)
Tanah Papua1 hari ago

Polisi Sita Minuman Beralkohol Yang Dijual di Luar Jam Yang Ditentukan

TIMIKA, HaiPapua.com – Jajaran Polres Mimika menyita puluhan karton minuman keras beralkohol dari penjual yang masih berjualan di luar waktu...

Tanah Papua4 hari ago

Kepala Kampung Nawaripi Inisiatif Sediakan Tempat Cuci Tangan

TIMIKA, HaiPapua.com – Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19, Norman Ditubun, Kepala Kampung Nawaripi, Distrik Wania menginisiasi...

Tanah Papua6 hari ago

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemda Papua Akan Tutup Bandar Udara, Pelabuhan, dan PLBN

JAYAPURA, HaIPapua.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Papua akan menutup penerbangan, pelayaran kapal penumpang, dan perlintasan batas negara di pintu...

Nasional6 hari ago

Kasus Covid-19 Bertambah 107 Kasus, Tambahan 1 Kasus dari Papua

JAKARTA, HaIPapua.com – Jumlah warga yang terpapar virus corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Tanah Air bertambah 107 kasus....

Tanah Papua6 hari ago

PT Freeport Mulai Batasi Perjalanan ke Area Tambang di Dataran Tinggi

TIMIKA, Haipapua.com – PT Freeport Indonesia mulai membatasi perjalanan ke area proyek PTFI dan dataran tinggi. Pembatasan tersebut mulai diberlakukan...

Tanah Papua1 minggu ago

DPC PSI Bagikan 1.500 Masker Gratis Kepada Warga Timika

TIMIKA, HaiPapua.com – Dewan Pimpinan Cabang Partai Solidaritas Indonesia (DPC PSI) Kabupaten Mimika membagikan sebanyak 1.500 masker gratis kepada warga...

Tanah Papua1 minggu ago

Wartawan Timika Polisikan Oknum STIE Jambatan Bulan

TIMIKA, HaiPapua.com – Gabungan wartawan Timika, Kabupaten Mimika, Papua akhirnya memolisikan oknum STIE Jambatan Bulan ke Polres Mimika pada Jumat...

Tanah Papua2 minggu ago

KPID Imbau Lembaga Penyiaran di Papua Dukung Pemda Cegah Persebaran Covid-19

JAYAPURA, HaIPapua.com – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Papua mengimbau lembaga penyiaran, televisi maupun radio untuk menyosialisasikan secara baik...

Nasional2 minggu ago

Virus Corona dan Penularannya

JAKARTA, HaIPapua.com – Pemerintah telah menetapkan status keadaan tertentu darurat bencana menyusul penyebaran wabah penyakit akibat virus corona atau yang...

Nasional2 minggu ago

Kepala BNPB Imbau Pemda Segera Bentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19

JAKARTA, HaIPapua.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengimbau kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk segera membentuk gugus...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.