Connect with us
isidisini

Nasional

Pemerintah Indonesia Akhirnya Kuasai 51 Persen Saham Freeport

Published

on

JAKARTA, HaIPapua.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengumumkan telah dilakukan Penandatanganan Pokok-Pokok Kesepakatan Divestasi Saham PT. Freeport Indonesia antara PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM, PT Freeport Indonesia (PTFI) dan Freeport-McMoran Inc. (FCX).

Hal ini disampaikannya dalam Konferensi Pers bersama dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di Aula Mezzanine Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Kamis (12/7/2018).

“Hari ini merupakan suatu langkah maju dan strategis dalam rangka mewujudkan kesepakatan antara Pemerintah Republik Indonesia dengan PT Freeport Indonesia dan Freeport McMoran,” kata Menkeu dihadapan para awak media.

(Baca Juga: Komitmen Presiden Jokowi agar Divestasi Saham Freeport Transparan dan Bersih dari Konflik Kepentingan)

Menurutnya, holding industri pertambangan INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatangan Pokok-Pokok Perjanjian (Head of Agreement) terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI ke INALUM.

Dengan kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut, kata Sri Mulyani, menjadi sebesar 51 persen dari semula 9,36 persen.

“Landasan hukum yang mengatur hubungan antara Pemerintah Republik Indonesia dan PTFI akan berupa izin usaha pertambangan khusus operasi produksi atau IUPK dan bukan dalam bentuk kontrak karya. Divestasi saham sebesar 51 persen untuk kepemilikan Nasional Indonesia dan PTFI akan membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian atau smelter di dalam negeri,” ujar Sri Mulyani.

Ia menjelaskan bahwa pokok-pokok perjanjian tersebut selaras dengan kesepakatan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Papua, dan Pemerintah Kabupaten Mimika, dimana Pemerintah Daerah akan mendapatkan saham dari kepemilikan saham PTFI.

“Untuk mendukung divestasi saham antara lain telah dilakukan penandatanganan perjanjian dengan Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Mimika yang terjadi pada 12 Januari 2018 di mana Pemerintah Daerah Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika secara bersama-sama akan memiliki hak atas saham PT Freeport sebesar 10 persen,” kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

Dengan penandatanganan Pokok-Pokok Perjanjian kerjasama FCX dan INALUM maka diharapkan akan meningkatkan kualitas dan nilai tambah industri ekstraktif ke depan serta memberi peningkatan penerimaan negara sesuai yang diamanatkan dalam Pasal 169 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Minerba.

Selain itu, Pemerintah akan memastikan tersedianya regulasi bagi semua investor dalam rangka memberikan stabilitas pembayaran kewajiban penerimaan negara.

“Harapan Pemerintah dengan pemberian stabilitas dan peningkatan penerimaan negara, juga akan menjadi komitmen Pemerintah di dalam menjaga iklim investasi yang pasti dan kondusif,” kata Sri Mulyani.

(Baca Juga: Pemprov Papua dan Pemkab Mimika Mendapat Bagian 10 Persen dari 51 Persen Divestasi PTFI)

Pada kesempatan ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menegaskan bahwa BUMN memiliki kepedulian, komitmen, dan dedikasi yang tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

“Hal ini sejalan dengan fungsi BUMN sebagai agen pembangunan, BUMN akan menjadi ujung tombak proses hilirisasi industri pertambangan Indonesia guna memberi nilai tambah maksimal bagi masyarakat, termasuk menjalankan usaha pertambangan secara profesional dan bertanggungjawab berlandaskan prinsip good corporate governance,” kata Rini.

PTFI Mendapat Opsi Perpanjangan IUPK Operasi Produksi Maksimal Hingga 2041

Sementara, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan tercapainya kesepakatan divestasi dengan FCX, maka Pemerintah akan memberikan perpanjangan IUPK Operasi Produksi untuk PTFI maksimal 2×10 tahun.

“Dengan ditandatanganinya perjanjian ini maka keseluruhan kesepakatan dengan FCX yang meliputi divestasi 51 persen saham, perubahan dari Kontrak Karya menjadi IUPK, telah dapat diselesaikan, termasuk komitmen pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter). Oleh sebab itu PTFI mendapatkan perpanjangan IUPK Operasi Produksi maksimal 2X10 tahun,” ujar Jonan.

“Kami harapkan nilai tambah komoditi tembaga dapat terus ditingkatkan melalui pembangunan pabrik peleburan tembaga berkapasitas 2 – 2,6 juta ton per tahun dalam waktu 5 tahun,” kata Jonan menambahkan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengungkapkan bahwa harapan Pemerintah dengan penguasaan saham mayoritas di PTFI maka kualitas pengelolaan lingkungan di area tambang PTFI akan terus ditingkatkan.

“Kami meyakini bahwa PTFI sebagai salah satu pengelola tambang terbesar di dunia, akan mampu menjaga aspek keberlanjutan dari lingkungan yang terdampak dengan pertambangan ini,” katanya.

Berdasarkan laporan keuangan pada 2017 yang telah diaudit, PTFI membukukan pendapatan sebesar US$4,44 miliar, naik dari US$3,29 miliar dari tahun sebelumnya. Perusahaan juga membukukan laba bersih sebesar US$1,28 miliar, naik dari US$579 juta.

PTFI memiliki cadangan terbukti (proven) dan cadangan terkira (probable) untuk tembaga sebesar 38,8 miliar pound, emas sebanyak 33,9 juta toz (troy ounce), dan perak sebesar 153,1 juta toz.

(Baca Juga: Eltinus Omaleng: Mimika Dapat 7 Persen dari 51 Persen Saham Divestasi Freeport)

Pada 2017, INALUM membukukan pendapatan sebesar US$3,5 miliar dengan laba bersih konsolidasi mencapai US$508 juta.

Holding Industri Pertambangan INALUM juga tercatat memiliki sumber daya dan cadangan nikel sebanyak 739 juta ton, bauksit 613 juta ton, timah 1,1 juta ton, batubara 11,5 miliar ton, emas 1,6 juta toz, dan Perak sebesar 16,2 juta toz. (Fox)

Berita terbaru

Tanah Papua3 hari ago

SAR Timika Temukan Pemuda Yang Tersesat di Hutan Wania

TIMIKA, HaiPapua.com – Kantor pencarian dan pertolongan SAR Timika akhirnya berhasil menemukan Syarif (30), pemuda yang dilaporkan keluarganya tersesat di...

Olahraga3 minggu ago

Mountain Gold Basketball Timika mendaftar IBL

TIMIKA, HaiPapua.com – Geliat olahraga Papua terus berkembang. Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 akan menjadi kebangkitan olahraga di berbagai cabang...

Tanah Papua3 minggu ago

Sebanyak 40 Personel SAR Timika Jalani Rapid Test

TIMIKA, Haipapua.com – Dalam rangka mendukung pencegahan dan penyebaran virus corona baru atau covid-19, sebanyak 40 personel Kantor Pencarian dan...

Tanah Papua3 minggu ago

Pemkab Mimika Evaluasi Pra New Normal Pekan Ini

TIMIKA, Haipapua.com – Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua telah memberlakukan pra new normal sejak 5 Juni lalu dan akan berakhir pada...

Tanah Papua1 bulan ago

Polres Mimika Musnahkan Narkotika Jenis Tembakau Sintetis Seberat 17,69 Gram

TIMIKA, HaiPapua.com – Kepolisian Resort Mimika musnahkan barang bukti Narkotika/ Golongan I jenis tembakau sintetis seberat 17,69 gram bertempat dikantor...

Berita1 bulan ago

Kodim 1710/Mimika Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Cara Unik

TIMIKA, HaiPapua.com – Keluarga besar Kodim 1710/Mimika beserta jajaranmemperingati hari lahir Pancasila dengan cara yang unik yaitu melaksanakan nonton bareng...

Tanah Papua1 bulan ago

222 Warga Mimika terinfeksi COVID-19 Hingga 28 Mei

TIMIKA, HaiPapua – Jumlah warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yang terinfeksi virus corona baru (COVID-19) sejak 29 Maret hingga 28...

Tanah Papua1 bulan ago

Lemasko Desak Polisi Selidiki Dugaan Penyelewengan Dana Perwalian Rp4,6 Miliar

TIMIKA, HaiPapua.com – Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Gregorius Okoare , meminta jajaran kepolisian resort Mimika untuk segera...

Tanah Papua1 bulan ago

LEMASA Seruhkan Delapan Poin Sikapi Ancaman Pandemi Covid-19 di Mimika

TIMIKA, HaiPapua.com – Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (LEMASA) menyikapi situasi pandemi covid-19 di Kabupaten Mimika dan mendorong proses penanganan...

Berita1 bulan ago

Pasien sembuh COVID-19 di Mimika terbanyak di Papua

TIMIKA, HaiPapua.com – Kabupaten Mimika tercatat sebagai daerah dengan jumlah pasien sembuh terbanyak dari kasus COVID-19 di Provinsi Papua, yakni...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.