Connect with us

Nasional

Pemerintah Indonesia Akhirnya Kuasai 51 Persen Saham Freeport

Published

on

JAKARTA, HaIPapua.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengumumkan telah dilakukan Penandatanganan Pokok-Pokok Kesepakatan Divestasi Saham PT. Freeport Indonesia antara PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau INALUM, PT Freeport Indonesia (PTFI) dan Freeport-McMoran Inc. (FCX).

Hal ini disampaikannya dalam Konferensi Pers bersama dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di Aula Mezzanine Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Kamis (12/7/2018).

“Hari ini merupakan suatu langkah maju dan strategis dalam rangka mewujudkan kesepakatan antara Pemerintah Republik Indonesia dengan PT Freeport Indonesia dan Freeport McMoran,” kata Menkeu dihadapan para awak media.

(Baca Juga: Komitmen Presiden Jokowi agar Divestasi Saham Freeport Transparan dan Bersih dari Konflik Kepentingan)

Menurutnya, holding industri pertambangan INALUM, Freeport McMoran Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatangan Pokok-Pokok Perjanjian (Head of Agreement) terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI ke INALUM.

Dengan kepemilikan INALUM di PTFI setelah penjualan saham dan hak tersebut, kata Sri Mulyani, menjadi sebesar 51 persen dari semula 9,36 persen.

“Landasan hukum yang mengatur hubungan antara Pemerintah Republik Indonesia dan PTFI akan berupa izin usaha pertambangan khusus operasi produksi atau IUPK dan bukan dalam bentuk kontrak karya. Divestasi saham sebesar 51 persen untuk kepemilikan Nasional Indonesia dan PTFI akan membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian atau smelter di dalam negeri,” ujar Sri Mulyani.

Ia menjelaskan bahwa pokok-pokok perjanjian tersebut selaras dengan kesepakatan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Papua, dan Pemerintah Kabupaten Mimika, dimana Pemerintah Daerah akan mendapatkan saham dari kepemilikan saham PTFI.

“Untuk mendukung divestasi saham antara lain telah dilakukan penandatanganan perjanjian dengan Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Mimika yang terjadi pada 12 Januari 2018 di mana Pemerintah Daerah Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika secara bersama-sama akan memiliki hak atas saham PT Freeport sebesar 10 persen,” kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

Dengan penandatanganan Pokok-Pokok Perjanjian kerjasama FCX dan INALUM maka diharapkan akan meningkatkan kualitas dan nilai tambah industri ekstraktif ke depan serta memberi peningkatan penerimaan negara sesuai yang diamanatkan dalam Pasal 169 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Minerba.

Selain itu, Pemerintah akan memastikan tersedianya regulasi bagi semua investor dalam rangka memberikan stabilitas pembayaran kewajiban penerimaan negara.

“Harapan Pemerintah dengan pemberian stabilitas dan peningkatan penerimaan negara, juga akan menjadi komitmen Pemerintah di dalam menjaga iklim investasi yang pasti dan kondusif,” kata Sri Mulyani.

(Baca Juga: Pemprov Papua dan Pemkab Mimika Mendapat Bagian 10 Persen dari 51 Persen Divestasi PTFI)

Pada kesempatan ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menegaskan bahwa BUMN memiliki kepedulian, komitmen, dan dedikasi yang tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

“Hal ini sejalan dengan fungsi BUMN sebagai agen pembangunan, BUMN akan menjadi ujung tombak proses hilirisasi industri pertambangan Indonesia guna memberi nilai tambah maksimal bagi masyarakat, termasuk menjalankan usaha pertambangan secara profesional dan bertanggungjawab berlandaskan prinsip good corporate governance,” kata Rini.

PTFI Mendapat Opsi Perpanjangan IUPK Operasi Produksi Maksimal Hingga 2041

Sementara, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan tercapainya kesepakatan divestasi dengan FCX, maka Pemerintah akan memberikan perpanjangan IUPK Operasi Produksi untuk PTFI maksimal 2×10 tahun.

“Dengan ditandatanganinya perjanjian ini maka keseluruhan kesepakatan dengan FCX yang meliputi divestasi 51 persen saham, perubahan dari Kontrak Karya menjadi IUPK, telah dapat diselesaikan, termasuk komitmen pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter). Oleh sebab itu PTFI mendapatkan perpanjangan IUPK Operasi Produksi maksimal 2X10 tahun,” ujar Jonan.

“Kami harapkan nilai tambah komoditi tembaga dapat terus ditingkatkan melalui pembangunan pabrik peleburan tembaga berkapasitas 2 – 2,6 juta ton per tahun dalam waktu 5 tahun,” kata Jonan menambahkan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengungkapkan bahwa harapan Pemerintah dengan penguasaan saham mayoritas di PTFI maka kualitas pengelolaan lingkungan di area tambang PTFI akan terus ditingkatkan.

“Kami meyakini bahwa PTFI sebagai salah satu pengelola tambang terbesar di dunia, akan mampu menjaga aspek keberlanjutan dari lingkungan yang terdampak dengan pertambangan ini,” katanya.

Berdasarkan laporan keuangan pada 2017 yang telah diaudit, PTFI membukukan pendapatan sebesar US$4,44 miliar, naik dari US$3,29 miliar dari tahun sebelumnya. Perusahaan juga membukukan laba bersih sebesar US$1,28 miliar, naik dari US$579 juta.

PTFI memiliki cadangan terbukti (proven) dan cadangan terkira (probable) untuk tembaga sebesar 38,8 miliar pound, emas sebanyak 33,9 juta toz (troy ounce), dan perak sebesar 153,1 juta toz.

(Baca Juga: Eltinus Omaleng: Mimika Dapat 7 Persen dari 51 Persen Saham Divestasi Freeport)

Pada 2017, INALUM membukukan pendapatan sebesar US$3,5 miliar dengan laba bersih konsolidasi mencapai US$508 juta.

Holding Industri Pertambangan INALUM juga tercatat memiliki sumber daya dan cadangan nikel sebanyak 739 juta ton, bauksit 613 juta ton, timah 1,1 juta ton, batubara 11,5 miliar ton, emas 1,6 juta toz, dan Perak sebesar 16,2 juta toz. (Fox)

Berita terbaru

Tanah Papua2 hari ago

Tembak Anggota Polisi dan Kamra, Terduga KKSB Dilumpuhkan di Pasar Jibama

WAMENA, HaIPapua.com – Aparat gabungan TNI-Polri menembak mati satu orang terduga anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Pasar Jibama,...

Nasional2 hari ago

Presiden Jokowi Perintahkan Kapolri Tindak Tegas Pelaku Rasisme

JAKARTA, HaIPapua.com – Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk menindak secara tegas pelaku tindakan diskriminasi...

Nasional2 hari ago

Ada Kelompok yang Menunggangi Isu Rasisme

JAKARTA, HaIPapua.com – Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menuding ada pihak-pihak yang menunggangi unjuk rasa antirasis di sejumlah...

Tanah Papua3 hari ago

Unjuk Rasa Antirasis di Timika Berakhir Rusuh

TIMIKA, HaIPapua.com – Unjuk rasa antirasis di Timika, Kabupaten Mimika, Rabu (21/8/2019) berakhir rusuh dan diwarnai aksi perusakan. “Tidak ada...

Tanah Papua5 hari ago

Pascarusuh di Papua Barat, Pengamanan Areal Freeport Ditingkatkan

TIMIKA, HaIPapua.com – Meningkatnya tensi politik di Provinsi Papua dan Papua Barat, aparat kepolisian meningkatkan pengamanan di Objek Vital Nasional...

Tanah Papua6 hari ago

Kecam Aksi Rasisme, Ribuan Massa Unjuk Rasa di Papua dan Papua Barat

JAYAPURA, HaIPapua.com – Aksi massa yang berujung kerusuhan terjadi di Manokwari dan Sorong, Provinsi Papua Barat, Senin (19/8/2019). Aksi ini...

Tanah Papua7 hari ago

Jenazah Praka Anumerta Sirwandi Akan Dimakamkan di Lombok Timur NTB

JAYAPURA, HaIPapua.com – Jenazah Praka Anumerta Sirwandi Zahidillah dikirim ke kampung halamannya di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB)...

Tanah Papua7 hari ago

Pratu Sirwandi Meninggal Dunia di RSUD Wamena

JAYAPURA, HaIPapua.com – Pratu Sirwandi (23) anggota Yonif RK 751/VJS meninggal dunia di ICU RSUD Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Sabtu (17/8/2019)...

Tanah Papua7 hari ago

Yonas Kenelak: Kita Sudah Merdeka, Saatnya Mengisi Kemerdekaan Dengan Pembangunan

KOBAKMA, HaIPapua.com – Upacara peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Mamberamo Tengah digelar di halaman Kantor Bupati di...

Nasional1 minggu ago

Presiden Jokowi: Keutuhan NKRI Adalah Segala-galanya

JAKARTA, HaIPapua.com – Kesatuan dan keutuhan negara adalah hal yang paling penting bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pesan Presiden Joko...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.