Connect with us
isidisini

Tanah Papua

Pemda Lanny Jaya Dukung Program Binmas Noken Polri Berdayakan Petani Kopi

Published

on

TIOM, HaIPapua.com – Satuan Tugas Pembinaan Masyarakat Noken Polri yang dipimpin Kombes Pol Eko Rudy Sudarto didampingi Kapolres Lanny Jaya AKBP Toni Ananda meninjau langsung perkebunan kopi binaan Tim Binmas Noken Polri di Kampung Golo, Distrik Wiringgambut, Kabupaten Lanny Jaya, Senin (4/6/2018) kemarin.

Menurut Eko Rudy, Satgas Binmas Noken memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para petani kopi di Kampung Golo agar hasil dari perkebunan kopi milik warga semakin meningkat. Diharapkan dengan peningkatan hasil perkebunan kopi ini akan berdampak pada meningkatnya perekonomian warga di kampung.

“Kegiatan ini juga bertujuan agar masyarakat tidak mudah diprovokasi oleh kelompok-kelompok tertentu melakukan kegiatan yang merugikan diri sendiri,” kata Eko Rudy.

(Baca Juga: Satgas Binmas Noken Sentuh Masyarakat dengan Pendekatan Soft Approach)

Dalam kunjungan ini, rombongan Satgas Binmas Noken mengelilingi kebun untuk melihat langsung kualitas kopi yang ditanam oleh warga Kampung Golo. Pada kesempatan itu, rombongan juga memanfaatkan untuk berbincang dengan warga kampung.

Pemilik perusahaan kopi ternama di Papua, Rudi Tan mengatakan kopi asal Lanny Jaya merupakan salah satu kopi dengan kualitas terbaik, karena ditanam di ketinggian 2.110 meter di atas permukaan laut. Selain itu, kata Rudi Tan, kopi Lanny Jaya masih alami karena proses pertumbuhannya tidak menggunakan pupuk kimia.

“Jika dikelola dengan baik, kopi asal Lanny Jaya ini bisa bersaing dengan kopi asal Ethiopia di pasar internasional,” kata Rudi Tan yang ikut dalam rombongan Tim Binmas Noken.

Satgas Binmas Noken Polri Kombes Pol Eko Rudy (kanan tengah) saat bertemu Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom (kiri). (ist)

Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya Dukung Program Binmas Noken

Disela kunjungan ke Kabupaten Lanny Jaya, rombongan Satgas Binmas Noken Polri sempat bertemu dengan Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom. Pada kesempatan itu, Befa menyampaikan apreasiasi kepada Satgas Binmas Noken yang turun langsung ke masyarakat di kampung-kampung melalui program-program yang bertujuan membangun perekonomian masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya siap mendukung program Satgas Binmas Noken Polri karena program ini sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya untuk membangun perekonomian masyarakat Papua yang mandiri,” kata Befa di kediamannya di Tiom.

(Baca Juga: Polda Papua dan Doctor Share Gelar Pengobatan Gratis di Kwamki Narama)

Di Kabupaten Lanny Jaya, Satgas Binmas Noken Polri melaksanakan program pendampingan terhadap para petani kopi dan peternak babi. Befa berharap agar masyarakat Kabupaten Lanny Jaya yang mengikuti program pendampingan dari Binmas Noken Polri agar terlibat sungguh-sungguh dalam kegiatan ini.

“Saya akan memerintahkan dinas terkait untuk mengerahkan segala kekuatannya untuk bersama-sama dengan Satgas Binmas Noken memberdayakan masyarakat di Kabupaten Lanny Jaya,” kata Befa.

Befa menegaskan masyarakat Lanny Jaya sangat potensial untuk menjadi petani dan peternak yang sukses dan bisa bersaing. Namun, ia mengakui potensi ini belum dikelola secara maksimal. “Perkebunan kopi di Lanny Jaya sejak dulu sudah ada, namun karena masyarakat belum paham cara berkebun dan mengolah kopi dengan baik sehingga hasil kopi dari Lanny Jaya terus mengalami penurunan,” kata Befa.

“Dengan kehadiran Satgas Binmas Noken melalui program-programnya diharapkan akan meningkatkan kembali hasil kopi masyarakat sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat,” kata Befa menambahkan.

Satgas Binmas Noken Polri Kombes Pol Eko Rudy (kanan) saat bertemu Sekda Lanny Jaya Christian Sohilait. (ist)

Dukungan senada juga disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilait saat bertemu dengan rombongan Satgas Binmas Noken di ruang kerjanya. Christian menilai terobosan Binmas Noken melalui program pemberdayaan ekonomi ini sangat luar biasa karena sekaligus menyentuh dua bidang kehidupan masyarakat Lanny Jaya yakni pemberdayaan ekonomi serta masalah keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Dengan berinteraksi langsung dengan masyarakat, maka disitu akan terjalin hubungan kekeluargaan. Dari sini akan tumbuh kesadaran untuk menjaga ketertiban dan keamanan di Kabupaten Lanny Jaya,” kata Christian.

(Baca Juga: Dit Binmas Polda Papua Apresiasi Kehadiran Polmas Papan di Pelabuhan Poumako)

“Selain keamanan, kehadiran Satgas Binmas Noken melalui program pemberdayaan ekonomi masyarakat maka secara langsung akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Lanny Jaya,” ujar Christian menambahkan. (Ern)

Berita terbaru

Berita17 jam ago

Bupati Mimika Minta Pengadaan Alkes Melalui Perusahaan Swasta

TIMIKA, HaiPapua.com – Bupati Mimika Eltinus Omaleng meminta Menteri Dalam negeri Tito Karnavian untuk mengizinkan pengadaan alat kesehatan dalam rangka...

Berita17 jam ago

Wabup Mimika Minta Warga Manfaatkan Waktu Dengan Baik Di Tengah Pendemi Covid-19

TIMIKA, HaiPapua.com – Wakil Bupati Mimika Yohannis Rettob mengimbau masyarakat kabupaten Mimika secara khusus di wilayah kota Timika agar memanfaatkan...

Berita17 jam ago

Bupati Mimika Perpanjang Masa Karantina Wilayah Hingga 23 April

TIMIKA, HaiPapua.com – Bupati Mimika Eltinus Omaleng di Timika, Jumat (03/04/2020) mengumumkan perpanjangnan waktu karantina wilayah di kabupaten Mimika hingga...

Tanah Papua2 hari ago

DLH Mimika Diminta Serius Tangani Sampah di TPS Nawaripi

TIMIKA, HaiPapua.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Papua diminta untuk serius menangani sampah sehingga tidak terjadi penumpukan di...

Berita3 hari ago

Pemkab Mimika Akan Beri Stimulan Bagi Tiga Pelaku Usaha

TIMIKA, HaiPapua.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika, akan memberikan stimulan bagi para pelaku usaha secara khusus pelaku usaha perhotelan,...

Tanah Papua3 hari ago

Lemasa Imbau Warga Mimika Patuhi Instruksi Bupati

TIMIKA, HaiPapua.com – Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme, mengimbau kepada seluruh warga kabupaten Mimika untuk mematuhi instruksi bupati Mimika Eltinus...

Tanah Papua4 hari ago

Tokoh Nilai Bantuan YPMAK ke Pusat dan Provinsi Papua Tidak Efisien

TIMIKA, HaiPapua.com – Partisipasi Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) dalam mencegah penyebaran virus korona atau covid-19 di tingkat...

Tanah Papua4 hari ago

Amankan Jalur Penerbangan, Pasukan TNI Duduki Markas KKSB di Distrik Serambakon

JAYAPURA, HaIPapua.com – Pasukan TNI berhasil mengusir Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) dari Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang. Komandan Korem...

Tanah Papua5 hari ago

Pendulang Emas Tradisional Ditemukan Tewas di Kali Kabur Mil 22

TIMIKA, HaIPapua.com – Modestus Welerubun (29) ditemukan tewas setelah terseret arus di Kali Kabur Mil 22, Timika, Kabupaten Mimika, Senin...

Tanah Papua5 hari ago

KKSB Serang Kantor Freeport Kuala Kencana, Satu Pekerja Asing Tewas

TIMIKA, HaIPapua.com – Dua pekerja tertembak akibat penyerangan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Senin (30/3/2020)....

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.