Connect with us
isidisini

Tanah Papua

Pasangan Gunung dan Pantai, JWW-HMS (JOSUA) Mendaftar ke KPU Papua

Published

on

Jayapura, HaIPapua.com – Koalisi Papua Cerdas mendaftarkan pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur, John Wempi Wetipo (JWW) dan Habel Melkias Suwae (HMS) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua di Jayapura, Rabu (10/1/2018) sore.

Pasangan JWW-HMS (JOSUA) datang ke Kantor KPU Papua diantar oleh seribuan relawan dan simpatisan menggunakan busana adat Nusantara dan diiringi suling tambur. Meski keduanya sempat berkumpul di Panggung JOSUA Taman Imbi Jayapura, namun JWW dan HMS datang ke Kantor KPU Papua di Dok II melalui jalur berbeda.

JWW datang dengan berjalan kaki bersama seribuan pendukung relawan dan simpatisan yang didahului oleh kepala suku dan warga yang berbusana perang Papua, sementara HMS diantar dengan perahu dan mendarat di Pantai Dok II depan Kantor Gubernur Papua. Turun dari perahu, HMS lalu bergabung dengan rombongan JWW lalu berjalan bersama menuju Kantor KPU Papua yang diterima oleh Ketua KPU Papua, Adam Arisoi bersama 4 komisioner lainnya.

“Itu artinya Orang gunung dan Orang pantai siap memimpin di Kantor Gubernur Dok II. JWW asal Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang terletak di Pegunungan Tengah Papua sementara HMS berasal dari Tablanusu, Kabupaten Jayapura yang terletak di pesisir pantai Jayapura,” kata salah seorang Tim Sukses PDI Perjuangan.

(Baca Juga: Ini Alasan PDI Perjuangan Usung JWW-HMS pada Pilkada Papua)

Proses verifikasi berkas pencalonan dan berkas calon pasangan JOSUA terlihat lancar dan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam.

Ketua KPU Papua, Adam Arisoi mengatakan hasil pemeriksaan berkas pencalonan dan berkas calon pasangan JOSUA telah memenuhi syarat didukung oleh koalisi partai PDI Perjuangan dan Gerindra dengan 13 kursi di DPR Provinsi Papua.

“Pasangan ini telah memenuhi syarat pencalonan didukung oleh 13 kursi di DPR Provinsi Papua. Sehingga kami sudah mengeluarkan surat tanda bukti terima dan mengeluarkan rekomendasi bagi pasangan ini, besok melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit,” ujar Arisoi di Kantor KPU Papua.

Para pendukung yang mengikuti proses verifikasi melalui layar televisi sontak bersorak  mendengar pengumuman Ketua KPU Papua. Keluar dari Kantor KPU, JWW dan HMS melampiaskan rasa syukur dan terima kasihnya kepada pengurus partai pendukung dan relawan.

Sekitar pukul 18.00 WIT, rombongan pasangan JOSUA meninggalkan Kantor KPU Papua dan kembali berjalan kaki ke Panggung JOSUA di Taman Imbi Jayapura.

Perjuangan Belum Berakhir

Dihadapan seribuan pendukungnya usai proses pendaftar, JWW menyampaikan terima kasihnya kepada relawan, simpatisan dan partai pendukung sehingga proses pendaftaran dapat berjalan lancar.

JWW mengaku dengan persiapan yang sangat singkat sejak pengumuman PDI Perjuangan 4 Januari lalu dan Tim Koalisi Papua Cerdas baru terbentuk, Selasa (9/1) malam, namun akhirnya bisa menyelesaikan proses pendaftaran di KPU Papua.

“Saya JWW dan HMS yang diusung oleh PDI Perjuangan dan Partai Gerindra serta beberapa partai pengusung, sekali lagi menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada masyarakat dan relawan pendukung,” ujar JWW.

JWW mengingatkan bahwa perjuangan mereka tidak berakhir pada saat pendaftaran namun memenangkan pasangan JOSUA saat pemungutan suara di TPS 27 Juni mendatang. “Ingat tanggal 27 Juni 2018, semua Orang Papua mau gunung ka, mau pantai ka, mau non Papua ka, yang kita sebut warga Papua datang ke TPS untuk memenangkan JOSUA,” ujar JWW.

(Baca Juga: John Wempi Wetipo: Tuhan Membuat Mujizat di Injury Time)

Bupati Kabupaten Jayawijaya ini mengingatkan relawan dan simpatisan untuk tidak berkecil hati meski hanya didukung 2 partai politik. Ia yakin pasangan JOSUA bisa memenangkan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua periode 2018-2023.

“Kita hanya bisa menangis karena hanya dengan dua parpol, tetapi setiap jerih lelah kita, air mata kita, kalau kita terus mengandalkan Tuhan, saya yakin dan percaya kalau kita bekerja dengan niat yang tulus pasti Tuhan akan memuluskan jalan dari tanda heran satu ke tanda heran yang lain,” ujar JWW.

Pasangan JOSUA yang diusung Koalisi Papua Cerdas didukung 2 partai parlemen yakni PDI Perjuangan dan Gerindra serta 2 partai non parlemen yakni PPP dan Perindo. (Ong)

Berita terbaru

Dermaga Pelabuhan Portsite PT Freeport Indonesia Dermaga Pelabuhan Portsite PT Freeport Indonesia
Tanah Papua2 minggu ago

Danbrigif 20/3 Kostrad Lepas 330 Prajurit Lattuk Raider

Timika, Haipapua.com – Komandan Batalyon Infanteri 755/20/3 Kostrad Mayor Inf Afrianto Dolly beserta 330 orang prajurit jajaran Brigif 20/3 Kostrad dilepas...

Tanah Papua1 bulan ago

Yonif 754/ENK Gelar Baksos Ciptakan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

TIMIKA, HaiPapua.com – Sebagai bentuk kepedulian dalam kemanunggalan TNI dan rakyat, Satuan Batalyon Infanteri 754/ENK/20/3 Kostrad melaksanakan Baksos dengan membagikan...

Tanah Papua1 bulan ago

SAR Timika Temukan Pemuda Yang Tersesat di Hutan Wania

TIMIKA, HaiPapua.com – Kantor pencarian dan pertolongan SAR Timika akhirnya berhasil menemukan Syarif (30), pemuda yang dilaporkan keluarganya tersesat di...

Olahraga2 bulan ago

Mountain Gold Basketball Timika mendaftar IBL

TIMIKA, HaiPapua.com – Geliat olahraga Papua terus berkembang. Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 akan menjadi kebangkitan olahraga di berbagai cabang...

Tanah Papua2 bulan ago

Sebanyak 40 Personel SAR Timika Jalani Rapid Test

TIMIKA, Haipapua.com – Dalam rangka mendukung pencegahan dan penyebaran virus corona baru atau covid-19, sebanyak 40 personel Kantor Pencarian dan...

Tanah Papua2 bulan ago

Pemkab Mimika Evaluasi Pra New Normal Pekan Ini

TIMIKA, Haipapua.com – Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua telah memberlakukan pra new normal sejak 5 Juni lalu dan akan berakhir pada...

Tanah Papua2 bulan ago

Polres Mimika Musnahkan Narkotika Jenis Tembakau Sintetis Seberat 17,69 Gram

TIMIKA, HaiPapua.com – Kepolisian Resort Mimika musnahkan barang bukti Narkotika/ Golongan I jenis tembakau sintetis seberat 17,69 gram bertempat dikantor...

Berita2 bulan ago

Kodim 1710/Mimika Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Cara Unik

TIMIKA, HaiPapua.com – Keluarga besar Kodim 1710/Mimika beserta jajaranmemperingati hari lahir Pancasila dengan cara yang unik yaitu melaksanakan nonton bareng...

Tanah Papua2 bulan ago

222 Warga Mimika terinfeksi COVID-19 Hingga 28 Mei

TIMIKA, HaiPapua – Jumlah warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yang terinfeksi virus corona baru (COVID-19) sejak 29 Maret hingga 28...

Tanah Papua3 bulan ago

Lemasko Desak Polisi Selidiki Dugaan Penyelewengan Dana Perwalian Rp4,6 Miliar

TIMIKA, HaiPapua.com – Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Gregorius Okoare , meminta jajaran kepolisian resort Mimika untuk segera...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.