Connect with us
isidisini

Tanah Papua

Partai Demokrat Kembali Raih Kursi Terbanyak di DPRD Mamberamo Tengah

Published

on

JAYAPURA, HaIPapua.com – Partai Demokrat kembali meraih kursi terbanyak di DPRD Mamberamo Tengah pada Pemilihan Umum 2019.

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Mamberamo Tengah Nomor 75/HK.03.2-Kpt/9121/KPU-Kab/VIII/2019 tentang Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPRD Mamberamo Tengah yang dibacakan pada Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Mamberamo Tengah di Jayapura, Rabu (14/8/2018) kemarin.

Rapat pleno ini dihadiri 3 komisioner KPU Mamberamo Tengah, yakni Engel Pagawak, Muhammad Nur Alam, dan Simon Yigibalom.

(Baca Juga: Komisioner KPU Mamberamo Tengah Terpilih Siap Menyukseskan Pileg dan Pilpres)

Dalam keputusan itu, Partai Demokrat meraih 6 kursi, disusul Partai Nasdem dengan 4 kursi, serta Partai Gerindra, PDI Perjuangan, dan Perindo masing-masing meraih 2 kursi. Empat kursi tersisa dibagi rata oleh Partai Golkar, PKS, Partai Berkarya, dan Partai Garuda.

Keberhasilan Partai Demokrat pada Pemilu 2019 mengulang sukses 5 tahun silam, di mana saat itu berhasil meraih 11 kursi.

Rapat pleno KPU Mamberamo Tengah juga menetapkan calon legislatif (caleg) terpilih DPRD Mamberamo Tengah periode 2019-2024.

Caleg terpilih di daerah pemilihan Mamberamo Tengah 1, yaitu Teo Baminggen dan Lefran Dabi dari Partai Demokrat, Barend Sibak dari Partai Gerindra, Otho Pugumis dari PDI Perjuangan, Huluk Soklayo dari Partai Golkar, Yos Istele dari Partai Berkarya, dan Israel Ust dari Partai Perindo.

Untuk daerah pemilihan Mamberamo Tengah 2, caleg terpilih yakni Doris Gombo, Piter Togodly, dan Semani Karoba dari Partai Nasdem, Pagawak Husein dari Partai Gerindra, Leonar Doga dari PDI Perjuangan, Agu Gombo dari Partai Perindo, dan Anis Doga dari Partai Demokrat.

Sementara untuk daerah pemilihan Mamberamo Tengah 3, caleg terpilih di antaranya Hengky Dani Yikwa, Marmin Yikwa, dan Mina Yikwa dari Partai Demokrat, Otina Wanimbo dari Partai Nasdem, Yusius Yikwa dari Partai Garuda, dan Julius Tabuni dari PKS.

Menunggu Jadwal Pelantikan Anggota DPRD Terpilih

Ditemui setelah rapat pleno, Ketua KPU Mamberamo Tengah Engel Pagawak menyampaikan rasa syukurnya setelah berhasil merampungkan tahapan pemilihan legislatif pada Pemilu 2019. Meski sempat diwarnai protes dari pihak yang tidak puas, namun ia bersyukur karena akhirnya semua pihak bisa menerima keputusan KPU.

“Kami bersyukur karena rapat pleno penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih berjalan dengan baik. Walau ada protes dari beberapa caleg yang tidak puas, namun pada akhirnya partai politik dan caleg bisa menerima keputusan KPU,” ujar Engel.

(Baca Juga: Sediakan Gedung, Ricky Pagawak Minta KPU Laksanakan Tahapan Pemilu di Kobakma)

Usai rapat pleno ini, kata Engel, pihaknya langsung menyerahkan berita acara kepada Bawaslu, berikut salinannya ke KPU Provinsi Papua dan KPU RI. “Setelah proses ini, maka kami tinggal menunggu jadwal berikut untuk pelantikan. Soal waktunya kami juga masih menunggu petunjuk dari KPU RI,” kata Engel.

Menjawab pertanyaan mengenai lokasi pelaksanaan rapat pleno KPU yang digelar di Jayapura dan bukan di Kobakma, menurut Engel, karena pertimbangan batas waktu pelaksanaan Putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Sesuai surat edaran dari KPU RI, kami diberi waktu 5 hari setelah pembacaan Putusan MK. Pembacaan Putusan MK pada 9 Agustus lalu, sehingga jadwal sangat sempit untuk menggelar pleno di Kobakma,” papar Engel.

Sebelumnya, 3 partai politik yakni PDI Perjuangan, PSI, dan Partai Demokrat sempat mengajukan permohonan gugatan sengketa hasil pemilu ke MK. Setelah melalui rangkaian persidangan, Majelis Hakim Konstitusi dalam putusannya menolak seluruh permohonan para pemohon. (Ern)

Berita terbaru

Dermaga Pelabuhan Portsite PT Freeport Indonesia Dermaga Pelabuhan Portsite PT Freeport Indonesia
Tanah Papua2 minggu ago

Danbrigif 20/3 Kostrad Lepas 330 Prajurit Lattuk Raider

Timika, Haipapua.com – Komandan Batalyon Infanteri 755/20/3 Kostrad Mayor Inf Afrianto Dolly beserta 330 orang prajurit jajaran Brigif 20/3 Kostrad dilepas...

Tanah Papua1 bulan ago

Yonif 754/ENK Gelar Baksos Ciptakan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

TIMIKA, HaiPapua.com – Sebagai bentuk kepedulian dalam kemanunggalan TNI dan rakyat, Satuan Batalyon Infanteri 754/ENK/20/3 Kostrad melaksanakan Baksos dengan membagikan...

Tanah Papua1 bulan ago

SAR Timika Temukan Pemuda Yang Tersesat di Hutan Wania

TIMIKA, HaiPapua.com – Kantor pencarian dan pertolongan SAR Timika akhirnya berhasil menemukan Syarif (30), pemuda yang dilaporkan keluarganya tersesat di...

Olahraga2 bulan ago

Mountain Gold Basketball Timika mendaftar IBL

TIMIKA, HaiPapua.com – Geliat olahraga Papua terus berkembang. Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 akan menjadi kebangkitan olahraga di berbagai cabang...

Tanah Papua2 bulan ago

Sebanyak 40 Personel SAR Timika Jalani Rapid Test

TIMIKA, Haipapua.com – Dalam rangka mendukung pencegahan dan penyebaran virus corona baru atau covid-19, sebanyak 40 personel Kantor Pencarian dan...

Tanah Papua2 bulan ago

Pemkab Mimika Evaluasi Pra New Normal Pekan Ini

TIMIKA, Haipapua.com – Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua telah memberlakukan pra new normal sejak 5 Juni lalu dan akan berakhir pada...

Tanah Papua2 bulan ago

Polres Mimika Musnahkan Narkotika Jenis Tembakau Sintetis Seberat 17,69 Gram

TIMIKA, HaiPapua.com – Kepolisian Resort Mimika musnahkan barang bukti Narkotika/ Golongan I jenis tembakau sintetis seberat 17,69 gram bertempat dikantor...

Berita2 bulan ago

Kodim 1710/Mimika Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Cara Unik

TIMIKA, HaiPapua.com – Keluarga besar Kodim 1710/Mimika beserta jajaranmemperingati hari lahir Pancasila dengan cara yang unik yaitu melaksanakan nonton bareng...

Tanah Papua2 bulan ago

222 Warga Mimika terinfeksi COVID-19 Hingga 28 Mei

TIMIKA, HaiPapua – Jumlah warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yang terinfeksi virus corona baru (COVID-19) sejak 29 Maret hingga 28...

Tanah Papua2 bulan ago

Lemasko Desak Polisi Selidiki Dugaan Penyelewengan Dana Perwalian Rp4,6 Miliar

TIMIKA, HaiPapua.com – Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Gregorius Okoare , meminta jajaran kepolisian resort Mimika untuk segera...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.