Connect with us

Tanah Papua

Partai Demokrat Kembali Raih Kursi Terbanyak di DPRD Mamberamo Tengah

Published

on

JAYAPURA, HaIPapua.com – Partai Demokrat kembali meraih kursi terbanyak di DPRD Mamberamo Tengah pada Pemilihan Umum 2019.

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Mamberamo Tengah Nomor 75/HK.03.2-Kpt/9121/KPU-Kab/VIII/2019 tentang Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPRD Mamberamo Tengah yang dibacakan pada Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Mamberamo Tengah di Jayapura, Rabu (14/8/2018) kemarin.

Rapat pleno ini dihadiri 3 komisioner KPU Mamberamo Tengah, yakni Engel Pagawak, Muhammad Nur Alam, dan Simon Yigibalom.

(Baca Juga: Komisioner KPU Mamberamo Tengah Terpilih Siap Menyukseskan Pileg dan Pilpres)

Dalam keputusan itu, Partai Demokrat meraih 6 kursi, disusul Partai Nasdem dengan 4 kursi, serta Partai Gerindra, PDI Perjuangan, dan Perindo masing-masing meraih 2 kursi. Empat kursi tersisa dibagi rata oleh Partai Golkar, PKS, Partai Berkarya, dan Partai Garuda.

Keberhasilan Partai Demokrat pada Pemilu 2019 mengulang sukses 5 tahun silam, di mana saat itu berhasil meraih 11 kursi.

Rapat pleno KPU Mamberamo Tengah juga menetapkan calon legislatif (caleg) terpilih DPRD Mamberamo Tengah periode 2019-2024.

Caleg terpilih di daerah pemilihan Mamberamo Tengah 1, yaitu Teo Baminggen dan Lefran Dabi dari Partai Demokrat, Barend Sibak dari Partai Gerindra, Otho Pugumis dari PDI Perjuangan, Huluk Soklayo dari Partai Golkar, Yos Istele dari Partai Berkarya, dan Israel Ust dari Partai Perindo.

Untuk daerah pemilihan Mamberamo Tengah 2, caleg terpilih yakni Doris Gombo, Piter Togodly, dan Semani Karoba dari Partai Nasdem, Pagawak Husein dari Partai Gerindra, Leonar Doga dari PDI Perjuangan, Agu Gombo dari Partai Perindo, dan Anis Doga dari Partai Demokrat.

Sementara untuk daerah pemilihan Mamberamo Tengah 3, caleg terpilih di antaranya Hengky Dani Yikwa, Marmin Yikwa, dan Mina Yikwa dari Partai Demokrat, Otina Wanimbo dari Partai Nasdem, Yusius Yikwa dari Partai Garuda, dan Julius Tabuni dari PKS.

Menunggu Jadwal Pelantikan Anggota DPRD Terpilih

Ditemui setelah rapat pleno, Ketua KPU Mamberamo Tengah Engel Pagawak menyampaikan rasa syukurnya setelah berhasil merampungkan tahapan pemilihan legislatif pada Pemilu 2019. Meski sempat diwarnai protes dari pihak yang tidak puas, namun ia bersyukur karena akhirnya semua pihak bisa menerima keputusan KPU.

“Kami bersyukur karena rapat pleno penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih berjalan dengan baik. Walau ada protes dari beberapa caleg yang tidak puas, namun pada akhirnya partai politik dan caleg bisa menerima keputusan KPU,” ujar Engel.

(Baca Juga: Sediakan Gedung, Ricky Pagawak Minta KPU Laksanakan Tahapan Pemilu di Kobakma)

Usai rapat pleno ini, kata Engel, pihaknya langsung menyerahkan berita acara kepada Bawaslu, berikut salinannya ke KPU Provinsi Papua dan KPU RI. “Setelah proses ini, maka kami tinggal menunggu jadwal berikut untuk pelantikan. Soal waktunya kami juga masih menunggu petunjuk dari KPU RI,” kata Engel.

Menjawab pertanyaan mengenai lokasi pelaksanaan rapat pleno KPU yang digelar di Jayapura dan bukan di Kobakma, menurut Engel, karena pertimbangan batas waktu pelaksanaan Putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Sesuai surat edaran dari KPU RI, kami diberi waktu 5 hari setelah pembacaan Putusan MK. Pembacaan Putusan MK pada 9 Agustus lalu, sehingga jadwal sangat sempit untuk menggelar pleno di Kobakma,” papar Engel.

Sebelumnya, 3 partai politik yakni PDI Perjuangan, PSI, dan Partai Demokrat sempat mengajukan permohonan gugatan sengketa hasil pemilu ke MK. Setelah melalui rangkaian persidangan, Majelis Hakim Konstitusi dalam putusannya menolak seluruh permohonan para pemohon. (Ern)

Berita terbaru

Tanah Papua2 hari ago

Tembak Anggota Polisi dan Kamra, Terduga KKSB Dilumpuhkan di Pasar Jibama

WAMENA, HaIPapua.com – Aparat gabungan TNI-Polri menembak mati satu orang terduga anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Pasar Jibama,...

Nasional2 hari ago

Presiden Jokowi Perintahkan Kapolri Tindak Tegas Pelaku Rasisme

JAKARTA, HaIPapua.com – Presiden Joko Widodo telah memerintahkan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk menindak secara tegas pelaku tindakan diskriminasi...

Nasional2 hari ago

Ada Kelompok yang Menunggangi Isu Rasisme

JAKARTA, HaIPapua.com – Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menuding ada pihak-pihak yang menunggangi unjuk rasa antirasis di sejumlah...

Tanah Papua3 hari ago

Unjuk Rasa Antirasis di Timika Berakhir Rusuh

TIMIKA, HaIPapua.com – Unjuk rasa antirasis di Timika, Kabupaten Mimika, Rabu (21/8/2019) berakhir rusuh dan diwarnai aksi perusakan. “Tidak ada...

Tanah Papua5 hari ago

Pascarusuh di Papua Barat, Pengamanan Areal Freeport Ditingkatkan

TIMIKA, HaIPapua.com – Meningkatnya tensi politik di Provinsi Papua dan Papua Barat, aparat kepolisian meningkatkan pengamanan di Objek Vital Nasional...

Tanah Papua6 hari ago

Kecam Aksi Rasisme, Ribuan Massa Unjuk Rasa di Papua dan Papua Barat

JAYAPURA, HaIPapua.com – Aksi massa yang berujung kerusuhan terjadi di Manokwari dan Sorong, Provinsi Papua Barat, Senin (19/8/2019). Aksi ini...

Tanah Papua7 hari ago

Jenazah Praka Anumerta Sirwandi Akan Dimakamkan di Lombok Timur NTB

JAYAPURA, HaIPapua.com – Jenazah Praka Anumerta Sirwandi Zahidillah dikirim ke kampung halamannya di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB)...

Tanah Papua7 hari ago

Pratu Sirwandi Meninggal Dunia di RSUD Wamena

JAYAPURA, HaIPapua.com – Pratu Sirwandi (23) anggota Yonif RK 751/VJS meninggal dunia di ICU RSUD Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Sabtu (17/8/2019)...

Tanah Papua7 hari ago

Yonas Kenelak: Kita Sudah Merdeka, Saatnya Mengisi Kemerdekaan Dengan Pembangunan

KOBAKMA, HaIPapua.com – Upacara peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Mamberamo Tengah digelar di halaman Kantor Bupati di...

Nasional1 minggu ago

Presiden Jokowi: Keutuhan NKRI Adalah Segala-galanya

JAKARTA, HaIPapua.com – Kesatuan dan keutuhan negara adalah hal yang paling penting bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pesan Presiden Joko...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.