Connect with us
isidisini

Tanah Papua

Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring Menjabat Pangdam XVII Cenderawasih

Published

on

JAKARTA, HaIPapua.com – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono memimpin serah terima jabatan Pangdam XVII Cenderawasih di Aula Jenderal Besar AH Nasution Mabes AD, Jakarta, Jumat (12/10/2018).

Jabatan Pangdam Cenderawasih diserahterimakan dari pejabat lama Mayjen TNI George Elnadus Supit kepada Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring. Selanjutnya George Supit menempati jabatan baru sebagai Asisten Teritorial Panglima TNI.

(Baca Juga: Pangdam Cenderawasih Dinobatkan Sebagai Kepala Suku Besar Pegunungan Tengah Papua)

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan serah terima jabatan Gubernur Akademi Militer (Akmil) dari Mayjen TNI Eka Wiharsa kepada Brigjen TNI Dudung Abdurachman dan Direktur Keuangan Angkatan Darat (Dirkuad) dari Brigjen TNI Sasongko Hardono kepada Kolonel Cku Temas. Eka Wiharsa selanjutnya menjabat sebagai Wadan Kodiklatad dan Sasongko Hardono menjadi Staf Khusus Kasad.

Dalam amanatnya Kasad Mulyono mengatakan serah terima jabatan di lingkungan TNI AD merupakan proses alamiah dalam konteks manajemen organisasi yang mekanismenya senantiasa mengacu pada prinsip pembinaan personel dan pembinaan organisasi yang saling berkaitan satu sama lain.

“Rotasi jabatan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas organisasi serta pengembangan karier bagi perwira yang bersangkutan,” kata Mulyono.

Kepentingan Keamanan Negara dan Kesejahteraan Masyarakat

Kepada para pejabat yang baru, Mulyono menekankan agar terus melanjutkan berbagai hal positif yang telah dirintis oleh pejabat sebelumnya. Khusus kepada Pangdam Cenderawasih yang baru, ia berpesan agar melakukan tindakan yang mampu menyeimbangkan antara kepentingan keamanan negara dengan kesejahteraan masyarakat.

“Keberadaan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) yang masih menjadi ancaman bagi stabilitas keamanan masyarakat dan negara, Kodam Cenderawasih mengemban misi strategis. Karakteristik wilayah yang unik, baik dari aspek geografi, demografi, maupun kondisi masyarakat, serta kepentingan negara, merupakan tantangan yang memerlukan pemikiran dan perhatian khusus, serta inovasi yang kreatif dan produktif,” papar Mulyono.

“Oleh karena itu segala tindakan yang diambil harus dilakukan secara terpadu dan lintas sektoral dengan melibatkan pemerintah daerah, instansi atau pihak terkait, serta seluruh masyarakat Papua dalam bingkai Kemanunggalan TNI-rakyat,” ujar Mulyono menambahkan.

Kasad Jend TNI Mulyono memimpin serah terima jabatan Pangdam XVII Cenderawasih dari Mayjen TNI George Elnadus Supit kepada Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring. (Pen TNI-AD)

Kepada Gubernur Akmil yang baru, Mulyono berpesan agar mencetak perwira Abituren (lulusan) Akmil yang berkelas dunia. Karenanya, ia menekankan agar segera melaukan langkah yang tidak hanya bersifat konsepsional, namun juga implementatif.

“Untuk menciptakan perwira yang profesional dan unggul, tanggap, tanggon, dan trengginas. maka perlu upaya terobosan yang juga lintas sektoral seperti melibatkan Kemenristek Dikti dan berbagai Univeritas atau Perguruan Tinggi lainnya,” kata Mulyono.

(Baca Juga: TNI Komitmen Menjaga Netralitas Pada Pilkada 2018 dan Pilpres 2019)

Pada kesempatan itu, Mulyono berpesan kepada Dirkuad yang baru agar mampu mendorong percepatan tata kelola dan pembinaan keuangan di lingkungan TNI AD yang transparan, akuntabel, dan selaras dengan berbagai jenis kegiatan TNI AD.

Dipenghujung amanatnya, Mulyono menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pejabat lama dan berpesan agar berbagai hal positif yang telah dilakukan selama menjabat dapat menjadi acuan untuk jabatan berikutnya.

Mulyono juga mengingatkan agar TNI AD berperan untuk berpartisipasi aktif dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.

“Kita harus tetap dalam koridor netralitas TNI, demi kepentingan rakyat dan bangsa Indonesia melalui sistem kerja yang sinergis dan solid dengan Polri, serta berbagai pihak lainnya yang terkait,” kata Mulyono mengakhiri amanatnya.

Turut hadir pada acara tersebut, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman dan para pejabat teras TNI AD. (Ong)

Berita terbaru

Tanah Papua5 hari ago

Yonif 754/ENK Gelar Baksos Ciptakan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

TIMIKA, HaiPapua.com – Sebagai bentuk kepedulian dalam kemanunggalan TNI dan rakyat, Satuan Batalyon Infanteri 754/ENK/20/3 Kostrad melaksanakan Baksos dengan membagikan...

Tanah Papua1 minggu ago

SAR Timika Temukan Pemuda Yang Tersesat di Hutan Wania

TIMIKA, HaiPapua.com – Kantor pencarian dan pertolongan SAR Timika akhirnya berhasil menemukan Syarif (30), pemuda yang dilaporkan keluarganya tersesat di...

Olahraga4 minggu ago

Mountain Gold Basketball Timika mendaftar IBL

TIMIKA, HaiPapua.com – Geliat olahraga Papua terus berkembang. Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 akan menjadi kebangkitan olahraga di berbagai cabang...

Tanah Papua4 minggu ago

Sebanyak 40 Personel SAR Timika Jalani Rapid Test

TIMIKA, Haipapua.com – Dalam rangka mendukung pencegahan dan penyebaran virus corona baru atau covid-19, sebanyak 40 personel Kantor Pencarian dan...

Tanah Papua4 minggu ago

Pemkab Mimika Evaluasi Pra New Normal Pekan Ini

TIMIKA, Haipapua.com – Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua telah memberlakukan pra new normal sejak 5 Juni lalu dan akan berakhir pada...

Tanah Papua1 bulan ago

Polres Mimika Musnahkan Narkotika Jenis Tembakau Sintetis Seberat 17,69 Gram

TIMIKA, HaiPapua.com – Kepolisian Resort Mimika musnahkan barang bukti Narkotika/ Golongan I jenis tembakau sintetis seberat 17,69 gram bertempat dikantor...

Berita1 bulan ago

Kodim 1710/Mimika Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Cara Unik

TIMIKA, HaiPapua.com – Keluarga besar Kodim 1710/Mimika beserta jajaranmemperingati hari lahir Pancasila dengan cara yang unik yaitu melaksanakan nonton bareng...

Tanah Papua1 bulan ago

222 Warga Mimika terinfeksi COVID-19 Hingga 28 Mei

TIMIKA, HaiPapua – Jumlah warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yang terinfeksi virus corona baru (COVID-19) sejak 29 Maret hingga 28...

Tanah Papua2 bulan ago

Lemasko Desak Polisi Selidiki Dugaan Penyelewengan Dana Perwalian Rp4,6 Miliar

TIMIKA, HaiPapua.com – Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Gregorius Okoare , meminta jajaran kepolisian resort Mimika untuk segera...

Tanah Papua2 bulan ago

LEMASA Seruhkan Delapan Poin Sikapi Ancaman Pandemi Covid-19 di Mimika

TIMIKA, HaiPapua.com – Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (LEMASA) menyikapi situasi pandemi covid-19 di Kabupaten Mimika dan mendorong proses penanganan...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.