Connect with us
isidisini

Tanah Papua

KPU Papua Tetapkan Eltinus Omaleng Sebagai Bupati Terpilih Kabupaten Mimika

Published

on

JAYAPURA, HaIPapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menetapkan pasangan calon Eltinus Omaleng – Johannes Rettob (OMTOB) sebagai bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Mimika 2018 dalam rapat pleno yang digelar di Jayapura, Rabu (19/9/2018).

Pleno penetapan ini sebagai tindak lanjut keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak permohonan sengketa hasil pemilihan bupati Mimika 2018 yang diajukan oleh 5 paslon pada Senin (17/9/2018) lalu.

(Baca Juga: DKPP Pecat 4 Komisioner KPUD Mimika)

Penetapan hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) Mimika 2018 dilakukan KPU Papua yang untuk sementara mengambil alih tugas dan fungsi KPUD Mimika menyusul 4 komisionernya telah diberhentikan tetap oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Ketua KPU Papua Theodorus Kossay dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada KPUD Mimika yang telah melaksanakan tahapan Pilkada Mimika 2018. Ia mengakui pelaksanaan tahapan Pilkada Mimika menemui banyak kendala di lapangan, namun itu merupakan bagian dari proses demokrasi.

“Kami memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada komisioner KPUD dan Panwas Kabupaten Mimika yang telah melaksanakan tahapan Pilkada Mimika 2018,” kata Theodorus.

Theodorus juga menyampaikan terima kasih kepada aparat keamanan dari Polri dibantu TNI yang mampu meredam gesekan di masyarakat sehingga tahapan Pilkada Mimika berlangsung aman, lancar, dan damai.

“Terima kasih juga kepada aparat TNI-Polri yang telah mengamankan pelaksanaan Pilkada Mimika hingga selesai dalam kondisi yang tetap kondusif,” kata Theodorus.

(Baca Juga: Calon Bupati dan Anggota PPD Mimika Baru Terjaring OTT Politik Uang)

Pada pembacaan berita acara, paslon nomor urut 6 OMTOB dinyatakan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Mimika dengan perolehan suara sebanyak 60.513 suara dari total suara sah sebanyak 182.723 suara.

“Berdasarkan Keputusan KPU Provinsi Papua Nomor 32/HK.03.1.KPT/9109/KPU-KAB/IX/2018 tentang Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Mimika 2018, menetapkan paslon nomor urut 6 Eltinus Omaleng -Johannes Rettob dengan perolehan 60.513 suara dengan persentase 33,12 persen dari total suara sah, dinyatakan sah dan terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika periode 2018-2023,” dalam petikan berita acara.

Ajak Semua Kandidat Membangun Mimika

Dalam sambutannya, bupati terpilih Eltinus Omaleng menyampaikan terima kasih kepada KPU Papua yang telah melaksanakan tugas dengan baik.

“Syukur KPU dengan cepat melakukan pleno, karena kami akan terus berjuang sampai titik darah penghabisan untuk mendapatkan hak kami,” ujar Eltinus.

Eltinus juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Mimika yang telah menyukseskan pelaksanaan Pilkada Mimika 2018.

“Ucapan terima kasih secara khusus kepada aparat keamanan, Kapolres dan Dandim Mimika yang telah mengamankan pelaksanaan Pilkada Mimika sehingga dapat berlangsung aman dan lancar tanpa ada nyawa melayang,” kata Eltinus.

(Baca Juga: Permohonan 5 Paslon Ditolak MK, OMTOB Sah Sebagai Pemenang Pilkada Mimika)

Pada kesempatan itu, wakil bupati terpilih Johannes Rettob mengajak semua pihak untuk kembali bersatu membangun Kabupaten Mimika.

“Kontestasi sudah selesai, mari kita lupakan semua perbedaan yang pernah ada dan saatnya kita bersatu bergandengan tangan membangun Kabupaten Mimika menuju masyarakat yang aman dan sejahtera,” kata John Rettob.

Turut hadir dalam rapat pleno ini para komisioner KPU Papua, Fransiskus Antonius Letsoin, Tarwinto, Zufri Abubakar, Zandra Mambrasar, Diana Dorthea Simbiak, Melkianus Kambu, Plt Sekretaris KPU Provinsi Papua Mika Sraun, dan Sekda Kabupaten Mimika Ausilius You. (Mas)

Berita terbaru

Tanah Papua3 hari ago

Lemasa Apresiasi PT. Freeport Indonesia Atas Dukungan Terhadap Operasional Lembaga

TIMIKA, haipapua.com – Mewakili Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (Lemasa), Direktur Eksekutif Lemasa, Stingal Johnny Beanal, Amd.Kom S.Sos menyampaikan apresiasi...

Tanah Papua5 hari ago

Tanzil Asharie: KKM Minta Pemkab Bantu Pembangunan Gedung Sekretariat

  TIMIKA, HaiPapua.com – Anggota DPRD Mimika dari daerah pemilihan I (Dapil I) Tanzil Asharie melakukan reses kedua untuk menyerap...

Tanah Papua3 minggu ago

YPMAK Bantu RS Kasih Herlina APD dan Barang Medis Lain

TIMIKA, HaiPapua.com – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) dan barang medis lain...

Tanah Papua3 minggu ago

Lemasa Tidak Setuju Pembentukan Yayasan Lima Suku Kekerabatan

TIMIKA, HaiPapua.com – Direktur Eksekutif Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (Lemasa) Stingal Johnny Beanal, Amd.Kom S.Sos mengatakan pihaknya tidak menyetujui...

Tanah Papua3 minggu ago

Pembahasan APBD Induk Mimika 2021 Diagendakan Pada Pertengahan November

Timika, HaiPapua.com – Ketua DPRD Mimika Robby Kamaniel Omaleng mengatakan, usai evaluasi APBD Perubahan Mimika Tahun Anggaran 2020 di Jayapura,...

Tanah Papua4 minggu ago

Masyarakat Suku Amungme Diminta Tidak Terpengaruh Dengan Isu Musdat

TIMIKA, HaiPapua.com – Direktur Eksekutif Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (Lemasa) Stingal Johnny Beanal, Amd.Kom S.Sos meminta seluruh warga suku...

Tanah Papua4 minggu ago

Haris Azhar: Kami Akan Minta Pemda Sediakan Transportasi Kembalikan Warga Ke Distrik Tembagapura

TIMIKA, HaiPapua.com – Kuasa Hukum Forum Pemilik Hak Sulung, Tsinga, Waa-Banti dan Aroanop (FPHS – Tsingwarop) Haris Azhar, mengatakan akan...

Tanah Papua1 bulan ago

Jadi Tersangka Penyebar Video Porno, Bupati Mimika Terancam Dicopot

JAYAPURA, HaIPapua.com – Bupati Kabupaten Mimika Eltinus Omaleng (EO) ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pelanggaran Undang-Undang (UU) Informasi dan...

Tanah Papua1 bulan ago

Adang TGPF, Bukti KKB Lakukan Kekerasan Bersenjata Masif di Kabupaten Intan Jaya

TIMIKA, HaIPapua.com – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menegaskan penyerangan terhadap Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) membuktikan masifnya kekerasan...

Tanah Papua1 bulan ago

Kapolda Papua Desak Bupati Bantu Redam Kekerasan Bersenjata

TIMIKA, HaIPapua.com – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mendesak para Kepala Daerah ikut terlibat meredam aksi kekerasan yang dilakukan...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.