Connect with us
isidisini

Tanah Papua

KPU Papua Tetapkan Eltinus Omaleng Sebagai Bupati Terpilih Kabupaten Mimika

Published

on

JAYAPURA, HaIPapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menetapkan pasangan calon Eltinus Omaleng – Johannes Rettob (OMTOB) sebagai bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Mimika 2018 dalam rapat pleno yang digelar di Jayapura, Rabu (19/9/2018).

Pleno penetapan ini sebagai tindak lanjut keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak permohonan sengketa hasil pemilihan bupati Mimika 2018 yang diajukan oleh 5 paslon pada Senin (17/9/2018) lalu.

(Baca Juga: DKPP Pecat 4 Komisioner KPUD Mimika)

Penetapan hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) Mimika 2018 dilakukan KPU Papua yang untuk sementara mengambil alih tugas dan fungsi KPUD Mimika menyusul 4 komisionernya telah diberhentikan tetap oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Ketua KPU Papua Theodorus Kossay dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada KPUD Mimika yang telah melaksanakan tahapan Pilkada Mimika 2018. Ia mengakui pelaksanaan tahapan Pilkada Mimika menemui banyak kendala di lapangan, namun itu merupakan bagian dari proses demokrasi.

“Kami memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada komisioner KPUD dan Panwas Kabupaten Mimika yang telah melaksanakan tahapan Pilkada Mimika 2018,” kata Theodorus.

Theodorus juga menyampaikan terima kasih kepada aparat keamanan dari Polri dibantu TNI yang mampu meredam gesekan di masyarakat sehingga tahapan Pilkada Mimika berlangsung aman, lancar, dan damai.

“Terima kasih juga kepada aparat TNI-Polri yang telah mengamankan pelaksanaan Pilkada Mimika hingga selesai dalam kondisi yang tetap kondusif,” kata Theodorus.

(Baca Juga: Calon Bupati dan Anggota PPD Mimika Baru Terjaring OTT Politik Uang)

Pada pembacaan berita acara, paslon nomor urut 6 OMTOB dinyatakan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih Kabupaten Mimika dengan perolehan suara sebanyak 60.513 suara dari total suara sah sebanyak 182.723 suara.

“Berdasarkan Keputusan KPU Provinsi Papua Nomor 32/HK.03.1.KPT/9109/KPU-KAB/IX/2018 tentang Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Mimika 2018, menetapkan paslon nomor urut 6 Eltinus Omaleng -Johannes Rettob dengan perolehan 60.513 suara dengan persentase 33,12 persen dari total suara sah, dinyatakan sah dan terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika periode 2018-2023,” dalam petikan berita acara.

Ajak Semua Kandidat Membangun Mimika

Dalam sambutannya, bupati terpilih Eltinus Omaleng menyampaikan terima kasih kepada KPU Papua yang telah melaksanakan tugas dengan baik.

“Syukur KPU dengan cepat melakukan pleno, karena kami akan terus berjuang sampai titik darah penghabisan untuk mendapatkan hak kami,” ujar Eltinus.

Eltinus juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Mimika yang telah menyukseskan pelaksanaan Pilkada Mimika 2018.

“Ucapan terima kasih secara khusus kepada aparat keamanan, Kapolres dan Dandim Mimika yang telah mengamankan pelaksanaan Pilkada Mimika sehingga dapat berlangsung aman dan lancar tanpa ada nyawa melayang,” kata Eltinus.

(Baca Juga: Permohonan 5 Paslon Ditolak MK, OMTOB Sah Sebagai Pemenang Pilkada Mimika)

Pada kesempatan itu, wakil bupati terpilih Johannes Rettob mengajak semua pihak untuk kembali bersatu membangun Kabupaten Mimika.

“Kontestasi sudah selesai, mari kita lupakan semua perbedaan yang pernah ada dan saatnya kita bersatu bergandengan tangan membangun Kabupaten Mimika menuju masyarakat yang aman dan sejahtera,” kata John Rettob.

Turut hadir dalam rapat pleno ini para komisioner KPU Papua, Fransiskus Antonius Letsoin, Tarwinto, Zufri Abubakar, Zandra Mambrasar, Diana Dorthea Simbiak, Melkianus Kambu, Plt Sekretaris KPU Provinsi Papua Mika Sraun, dan Sekda Kabupaten Mimika Ausilius You. (Mas)

Berita terbaru

Dermaga Pelabuhan Portsite PT Freeport Indonesia Dermaga Pelabuhan Portsite PT Freeport Indonesia
Tanah Papua2 minggu ago

Danbrigif 20/3 Kostrad Lepas 330 Prajurit Lattuk Raider

Timika, Haipapua.com – Komandan Batalyon Infanteri 755/20/3 Kostrad Mayor Inf Afrianto Dolly beserta 330 orang prajurit jajaran Brigif 20/3 Kostrad dilepas...

Tanah Papua4 minggu ago

Yonif 754/ENK Gelar Baksos Ciptakan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

TIMIKA, HaiPapua.com – Sebagai bentuk kepedulian dalam kemanunggalan TNI dan rakyat, Satuan Batalyon Infanteri 754/ENK/20/3 Kostrad melaksanakan Baksos dengan membagikan...

Tanah Papua1 bulan ago

SAR Timika Temukan Pemuda Yang Tersesat di Hutan Wania

TIMIKA, HaiPapua.com – Kantor pencarian dan pertolongan SAR Timika akhirnya berhasil menemukan Syarif (30), pemuda yang dilaporkan keluarganya tersesat di...

Olahraga2 bulan ago

Mountain Gold Basketball Timika mendaftar IBL

TIMIKA, HaiPapua.com – Geliat olahraga Papua terus berkembang. Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 akan menjadi kebangkitan olahraga di berbagai cabang...

Tanah Papua2 bulan ago

Sebanyak 40 Personel SAR Timika Jalani Rapid Test

TIMIKA, Haipapua.com – Dalam rangka mendukung pencegahan dan penyebaran virus corona baru atau covid-19, sebanyak 40 personel Kantor Pencarian dan...

Tanah Papua2 bulan ago

Pemkab Mimika Evaluasi Pra New Normal Pekan Ini

TIMIKA, Haipapua.com – Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua telah memberlakukan pra new normal sejak 5 Juni lalu dan akan berakhir pada...

Tanah Papua2 bulan ago

Polres Mimika Musnahkan Narkotika Jenis Tembakau Sintetis Seberat 17,69 Gram

TIMIKA, HaiPapua.com – Kepolisian Resort Mimika musnahkan barang bukti Narkotika/ Golongan I jenis tembakau sintetis seberat 17,69 gram bertempat dikantor...

Berita2 bulan ago

Kodim 1710/Mimika Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Cara Unik

TIMIKA, HaiPapua.com – Keluarga besar Kodim 1710/Mimika beserta jajaranmemperingati hari lahir Pancasila dengan cara yang unik yaitu melaksanakan nonton bareng...

Tanah Papua2 bulan ago

222 Warga Mimika terinfeksi COVID-19 Hingga 28 Mei

TIMIKA, HaiPapua – Jumlah warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yang terinfeksi virus corona baru (COVID-19) sejak 29 Maret hingga 28...

Tanah Papua2 bulan ago

Lemasko Desak Polisi Selidiki Dugaan Penyelewengan Dana Perwalian Rp4,6 Miliar

TIMIKA, HaiPapua.com – Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Gregorius Okoare , meminta jajaran kepolisian resort Mimika untuk segera...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.