Connect with us
isidisini

Tanah Papua

Kontak Tembak di Kabupaten Puncak, Satu Anggota KKSB Tewas

Published

on

JAYAPURA, HaIPapua.com – Satu anggota kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) tewas dalam kontak tembak dengan personel TNI di Kampung Gigobak, Kecamatan Sinak, Kabupaten Puncak, Rabu (9/1/2018).

Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi mengatakan kontak tembak terjadi sekitar pukul 08.55 WIT, bermula ketika rombongan personel TNI diberondong tembakan dari arah ketinggian dekat bandar udara perintis di Kecamatan Sinak.

“Saat itu beberapa anggota Pos TNI Sinak dalam perjalanan menuju Bandara Sinak untuk mengambil logistik, kemudian diberondong tembakan dari arah ketinggian. Anggota TNI lalu membalas tembakan dan sempat terjadi kontak tembak dengan KKSB,” kata Aidi dalam keterangan tertulisnya.

(Baca Juga: Kapolda Papua: Perintah Kapolri untuk Kejar dan Tangkap Anggota KKSB)

Setelah berlangsung kontak tembak beberapa saat, kata Aidi, anggota TNI akhirnya bisa memukul mundur anggota KKSB yang melarikan diri ke arah hutan. Dalam pengejaran itu, ada satu anggota KKSB ditemukan tewas tertembak tanpa tanda pengenal. Di samping jenazah ditemukan noken yang berisi bendera bintang kejora dan telepon seluler.

“Jenazah anggota KKSB ini sudah dievakuasi dan diserahkan kepada kepala kampung untuk pengurusan jenazahnya,” kata Aidi.

Dari hasil identifikasi anggota di lapangan, kata Aidi, pelaku penyerangan diduga KKSB pimpinan Lery Mayu Telenggen yang belakangan berkeliaran di wilayah Kecamatan Sinak.

Serangan mendadak yang dilakukan KKSB mengakibatkan Praka Subhan Razak yang bertugas sebagai sopir mengalami luka tembak di bagian betis. Setelah situasi aman, ia kemudian dievakuasi ke Puskesmas terdekat untuk mendapat perawatan medis.

“Kondisi Praka Subhan Razak dalam keadaan sadar dan tetap stabil. Ia kemudian dievakuasi ke Timika menggunakan helikopter Penerbad. Saat ini, ia sudah menjalani perawatan di Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika,” papar Aidi.

(Baca Juga: Tak Ada Tempat untuk Kelompok Kriminal Bersenjata di Tanah Air)

Aidi menjelaskan, lokasi penghadangan rombongan anggota TNI siang tadi, sama persis dengan lokasi penghadangan anggota Koramil Sinak pada 21 Februari 2013 silam. Saat itu, 7 anggota TNI gugur beserta sejumlah warga sipil yang saat itu jalan bersama anggota Koramil Sinak menuju Bandara Sinak.

Jaringan KKSB Yambi

Dalam keterangannya beberapa waktu lalu, Aidi menyebut bahwa Lery Mayu Telenggen diketahui adalah salah seorang kepercayaan Lekagak Telenggen, pentolan KKSB yang berbasis di Kampung Tirineri, Kecamatan Yambi, Kabupaten Puncak Jaya.

Ia diketahui memimpin serangkaian teror di wilayah Kabupaten Puncak Jaya jelang Idul Fitri 2018. Puncaknya pada 16 Juni 2018, mereka menyerang konvoi kendaraan patroli TNI di Kampung Tirineri yang mengakibatkan 5 anggota TNI terluka.

Untuk menghindari kejaran aparat TNI-Polri di Kabupaten Puncak Jaya, diduga Lery Mayu Telenggen melarikan diri ke Kecamatan Sinak di Kabupaten Puncak.

OPM Serukan Perang Terbuka

Pada 4 Januari lalu, beredar seruan perang terbuka yang disampaikan oleh Komandan Operasi Umum Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB) Mayjen Lekagak Telenggen.

Dalam 6 butir pernyataan yang disampaikan dari Markas Pusat KOMNAS TPN-PB menyebut pembantaian pekerja PT Istaka Karya yang dilakukan Egianus Kogoya dan pengikutnya di Kabupaten Nduga, 2 Desember lalu sebagai rangkaian perjuangan Papua merdeka.

“TPN-PB sebagai sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM) bertanggung jawab terhadap semua aksi-aksi yang dilakukan,” tulis pernyataan TPN-PB.

(Baca Juga: KKSB, Hoaks, dan Isu HAM)

Seruan TPN-PB itu juga menyebut bahwa wilayah Mapenduma di Kabupaten Nduga hingga Napua di Kabupaten Jayawijaya menjadi lokasi perang antara TPN-PB dengan TNI-Polri. Disebutkan juga bahwa wilayah Lanny Jaya, Puncak Jaya, dan Puncak menjadi lokasi perang terbuka.

“Perang ini sebagai revolusi tahapan yang dideklarasikan di Yambi pada 27 Januari 2018. Perang akan berlangsung hingga badan organisasi PBB turun tangan di Papua,” tulis seruan tersebut. (Ong)

Berita terbaru

Tanah Papua3 hari ago

Polres Mimika Musnahkan Narkotika Jenis Tembakau Sintetis Seberat 17,69 Gram

TIMIKA, HaiPapua.com – Kepolisian Resort Mimika musnahkan barang bukti Narkotika/ Golongan I jenis tembakau sintetis seberat 17,69 gram bertempat dikantor...

Berita4 hari ago

Kodim 1710/Mimika Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Cara Unik

TIMIKA, HaiPapua.com – Keluarga besar Kodim 1710/Mimika beserta jajaranmemperingati hari lahir Pancasila dengan cara yang unik yaitu melaksanakan nonton bareng...

Tanah Papua1 minggu ago

222 Warga Mimika terinfeksi COVID-19 Hingga 28 Mei

TIMIKA, HaiPapua – Jumlah warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yang terinfeksi virus corona baru (COVID-19) sejak 29 Maret hingga 28...

Tanah Papua2 minggu ago

Lemasko Desak Polisi Selidiki Dugaan Penyelewengan Dana Perwalian Rp4,6 Miliar

TIMIKA, HaiPapua.com – Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Gregorius Okoare , meminta jajaran kepolisian resort Mimika untuk segera...

Tanah Papua2 minggu ago

LEMASA Seruhkan Delapan Poin Sikapi Ancaman Pandemi Covid-19 di Mimika

TIMIKA, HaiPapua.com – Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (LEMASA) menyikapi situasi pandemi covid-19 di Kabupaten Mimika dan mendorong proses penanganan...

Berita2 minggu ago

Pasien sembuh COVID-19 di Mimika terbanyak di Papua

TIMIKA, HaiPapua.com – Kabupaten Mimika tercatat sebagai daerah dengan jumlah pasien sembuh terbanyak dari kasus COVID-19 di Provinsi Papua, yakni...

Tanah Papua2 minggu ago

Tim SAR Timika Cari Nelayan Korban Logboat Terbalik di Muara Moroga

TIMIKA, HaiPapua.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Timika pada Sabtu (23/05/2020) siang mengerahkan sejumlah personel rescue di muara kampung...

Ekonomi4 minggu ago

Kampung Nawaripi Siapkan Data KK Terkait Bansos Sembako Pemkab Mimika

TIMIKA, Haipapua.com – Pemerintah Kampung Nawaripi, Distrik Wania sedang mempersiapkan data jumlah kepala keluarga (KK) agar segera diusulkan kepada Pemerintah...

Berita4 minggu ago

Sebanyak 770 Penghuni SATP Diisolasi Selama Pandemi Covid-19

TIMIKA, Haipapua.com – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) menjamin keberadaan sebanyak 770 siswa Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP)...

Berita1 bulan ago

Kadinkes Mimika: Nakes Meninggal di Agimuga Bukan Karena Covid-19

TIMIKA, Haipapua.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynol Ubra menegaskan, salah satu tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Agimuga yang meninggal...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.