Connect with us

Tanah Papua

Kontak Tembak di Kabupaten Puncak, 3 Warga Sipil Tewas

Published

on

TIMIKA, HaIPapua.com – Empat warga korban kontak tembak di Kabupaten Puncak, dievakuasi ke RSUD Mimika, Kabupaten Mimika, Rabu (18/9/2019) siang.

Topina Mom (36) mengalami luka di betis sebelah kanan, Bu Tabuni (37) luka di lengan kanan, Herina Kinal (32) luka di pinggang kanan, dan Yefrina Mom (16) luka di dada kanan.

Mereka mendapat perawatan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Mimika, sekaligus memastikan penyebab luka-luka yang mereka alami.

Kontak Tembak

Informasi yang dihimpun di Ilaga, kontak tembak antara Satgas Penegakan Hukum (Gakkum) TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Kampung Olenki, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Selasa (17/9/2019) kemarin.

(Baca Juga: Sempat Disandera KKSB, Anggota Satgas Nemangkawi Ditemukan Meninggal Dunia)

Insiden itu bermula dari laporan warga Distrik Ilaga Utara mengenai kehadiran KKSB di wilayah itu. Mereka melakukan pemalangan jalan dan merampas 7 motor ojek di Kampung Amungi pada Minggu (15/9/2019). Beruntung, saat perampasan motor itu, tukang ojek berhasil melarikan diri.

Pada hari berikutnya, aparat TNI-Polri kembali mendapat laporan KKSB menduduki Kampung Olenki. Di situ, mereka melakukan perampasan harta benda milik warga. Sejumlah tokoh masyarakat bersama Pendeta Anis Labene yang menolak kehadiran kelompok itu justru menjadi sasaran penganiayaan.

Menindaklanjuti laporan warga, pada Selasa (17/9/2019) pagi, Satgas Gakkum TNI-Polri kemudian melakukan patroli ke Kampung Olenki. Satgas berhasil menemukan jejak KKSB, ketika melihat sekelompok orang menenteng 8 pucuk senjata laras panjang berbagai jenis menuju ke sebuah honai di Kampung Olenki.

Setelah mendekat di lokasi persembunyian KKSB, satgas kemudian menembak dengan sasaran terbidik ke anggota KKSB yang berjaga di honai itu. Serangan itu membuat belasan anggota KKSB yang ada di situ kocak kacir. Mereka lalu memberikan tembakan balasan ke segala arah karena tidak mengetahui posisi anggota satgas.

Kontak tembak berlangsung sekitar 30 menit, sebelum akhirnya anggota KKSB kabur melarikan diri ke hutan. Setelah situasi aman, anggota satgas melakukan penyisiran ke honai yang menjadi lokasi persembunyian KKSB. Di dalam honai aparat hanya mendapati sebuah telepon genggam dan 2 buah charger Handy Talky (HT).

Di lokasi kejadian, anggota satgas juga menemukan bercak darah. Mengikuti arah bercak darah itu diketahui anggota KKSB melarikan diri ke arah utara. Mereka diduga kabur ke Distrik Sinak yang selama ini menjadi lokasi persembunyian mereka.

(Baca Juga: Satgasgakkum TNI-Polri Rebut Markas Goliat Tabuni)

Sementara itu, penyisiran di Kampung Olenki, anggota satgas mendapati 6 warga luka-luka dan seorang balita bernama Rudi Mom meninggal dunia. Korban luka dan meninggal dunia selanjutnya dievakuasi ke Puskesmas Ilaga. Karena mengalami luka serius, Tekiman Wonda (33) dan Edison Mom akhirnya meninggal dunia.

Dari laporan tokoh masyarakat di Kampung Olenki, diketahui bahwa KKSB yang melakukan aksi kriminal di kampung itu di antaranya Lekagak Telenggen, Militer Murib, Seltius Waker, Tenius Kulua, Leri Mayu Enumbi, dan Iris Murib.

Koordinasi dengan Pemda Kabupaten Puncak

Pasca-insiden kontak tembak di Kampung Olenki, Satgas Gakkum TNI-Polri langsung berkoordinasi dengan Pemda Kabupaten Puncak.

Dari koordinasi tersebut, kemudian diputuskan untuk mengevakuasi korban luka ke RSUD Mimika. Selain itu akan dilakukan investigasi dan olah TKP di Kampung Olenki untuk memastikan penyebab 3 warga meninggal dunia dan 4 lainnya luka-luka.

Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Letkol Cpl Eko Daryanto membenarkan kejadian itu.

“Memang benar ada kejadian kontak tembak kemarin di Kampung Olenki di Kabupaten Puncak sekitar pukul 17.30 WIT. Sampai saat ini, kami masih mendalami dan mengumpulkan fakta-fakta di lapangan,” kata Eko dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/9/2019) malam. (Ong)

Berita terbaru

Tanah Papua2 minggu ago

Situasi Skouw Kondusif, PLBN Buka Pintu Perlintasan Perbatasan RI-PNG

JAYAPURA, HaIPapua.com – Wakil Wali Kota Jayapura Rustam Saru memastikan situasi di area Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw dalam...

Tanah Papua2 minggu ago

Teror Penembakan di Area PLBN Skouw, Satgas Pamtas Siaga Satu

JAYAPURA, HaIPapua.com – Teror penembakan terjadi di area Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Skouw, Distrik (kecamatan) Muara Tami, Kota...

Nasional3 minggu ago

Kerusuhan Wamena Bukan Konflik Etnis, Tapi Dipicu KKSB untuk Meresahkan Masyarakat

JAKARTA, HaIPapua.com – Presiden Joko Widodo mengucapkan belasungkawa atas jatuhnya korban jiwa dalam kerusuhan yang terjadi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya,...

Tanah Papua3 minggu ago

Kecam Pembunuhan Dokter, PDEI dan MHKI Desak Pemerintah Jamin Keamanan Petugas Kesehatan

JAKARTA, HaIPapua.com – Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) dan Masyarakat Hukum Kesehatan Indonesia (MHKI) mengecam terbunuhnya dr Soeko Marsetiyo dalam...

Tanah Papua3 minggu ago

Tim SAR Berhasil Temukan Black Box Pesawat Twin Otter PK-CDC

TIMIKA, HaIPapua.com – Tim SAR dari Indonesian Vertical Rescue berhasil menemukan dan mengangkat black box pesawat Twin Otter PK-CDC, pada...

Tanah Papua3 minggu ago

Jenazah Korban Penembakan KKSB Akan Dimakamkan di Takalar dan Buton

TIMIKA, HaIPapua.com – Dua jenazah korban penembakan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di Kabupaten Puncak diterbangkan ke Timika, Kabupaten Mimika,...

Tanah Papua3 minggu ago

Dua Pengemudi Ojek Tewas Ditembak KKSB di Kabupaten Puncak

ILAGA, HaIPapua.com – Dua pengemudi ojek ditemukan tewas dengan luka tembak di Kampung Amungi, Distrik (kecamatan) Ilaga Utara, Kabupaten Puncak,...

Tanah Papua3 minggu ago

Tim SAR Berhasil Evakuasi 4 Jenazah Awak Pesawat Twin Otter PK-CDC

TIMIKA, HaIPapua.com – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi 4 jenazah awak pesawat Twin Otter PK-CDC di daerah pegunungan di...

Tanah Papua3 minggu ago

Bekas Kantor Bupati Yalimo Dibakar OTK, Ratusan Warga Mengungsi ke Koramil

JAYAPURA, HaIPapua.com – Gedung bekas Kantor Bupati Kabupaten Yalimo di Distrik Elelim hangus dilalap si jago merah, Selasa (24/9/2019) malam....

Tanah Papua3 minggu ago

Kantor Imigrasi Mimika Deportasi Warga Negara Kamerun

TIMIKA, HaIPapua.com – Kantor Imigrasi Mimika mendeportasi warga negara asing (WNA) asal Kamerun Nguetse Zangue Elvige Flore, Selasa (24/9/2019). Nguetse...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.