Connect with us
isidisini

Tanah Papua

Kontak Tembak di Kabupaten Puncak, 3 Warga Sipil Tewas

Published

on

TIMIKA, HaIPapua.com – Empat warga korban kontak tembak di Kabupaten Puncak, dievakuasi ke RSUD Mimika, Kabupaten Mimika, Rabu (18/9/2019) siang.

Topina Mom (36) mengalami luka di betis sebelah kanan, Bu Tabuni (37) luka di lengan kanan, Herina Kinal (32) luka di pinggang kanan, dan Yefrina Mom (16) luka di dada kanan.

Mereka mendapat perawatan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Mimika, sekaligus memastikan penyebab luka-luka yang mereka alami.

Kontak Tembak

Informasi yang dihimpun di Ilaga, kontak tembak antara Satgas Penegakan Hukum (Gakkum) TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Kampung Olenki, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Selasa (17/9/2019) kemarin.

(Baca Juga: Sempat Disandera KKSB, Anggota Satgas Nemangkawi Ditemukan Meninggal Dunia)

Insiden itu bermula dari laporan warga Distrik Ilaga Utara mengenai kehadiran KKSB di wilayah itu. Mereka melakukan pemalangan jalan dan merampas 7 motor ojek di Kampung Amungi pada Minggu (15/9/2019). Beruntung, saat perampasan motor itu, tukang ojek berhasil melarikan diri.

Pada hari berikutnya, aparat TNI-Polri kembali mendapat laporan KKSB menduduki Kampung Olenki. Di situ, mereka melakukan perampasan harta benda milik warga. Sejumlah tokoh masyarakat bersama Pendeta Anis Labene yang menolak kehadiran kelompok itu justru menjadi sasaran penganiayaan.

Menindaklanjuti laporan warga, pada Selasa (17/9/2019) pagi, Satgas Gakkum TNI-Polri kemudian melakukan patroli ke Kampung Olenki. Satgas berhasil menemukan jejak KKSB, ketika melihat sekelompok orang menenteng 8 pucuk senjata laras panjang berbagai jenis menuju ke sebuah honai di Kampung Olenki.

Setelah mendekat di lokasi persembunyian KKSB, satgas kemudian menembak dengan sasaran terbidik ke anggota KKSB yang berjaga di honai itu. Serangan itu membuat belasan anggota KKSB yang ada di situ kocak kacir. Mereka lalu memberikan tembakan balasan ke segala arah karena tidak mengetahui posisi anggota satgas.

Kontak tembak berlangsung sekitar 30 menit, sebelum akhirnya anggota KKSB kabur melarikan diri ke hutan. Setelah situasi aman, anggota satgas melakukan penyisiran ke honai yang menjadi lokasi persembunyian KKSB. Di dalam honai aparat hanya mendapati sebuah telepon genggam dan 2 buah charger Handy Talky (HT).

Di lokasi kejadian, anggota satgas juga menemukan bercak darah. Mengikuti arah bercak darah itu diketahui anggota KKSB melarikan diri ke arah utara. Mereka diduga kabur ke Distrik Sinak yang selama ini menjadi lokasi persembunyian mereka.

(Baca Juga: Satgasgakkum TNI-Polri Rebut Markas Goliat Tabuni)

Sementara itu, penyisiran di Kampung Olenki, anggota satgas mendapati 6 warga luka-luka dan seorang balita bernama Rudi Mom meninggal dunia. Korban luka dan meninggal dunia selanjutnya dievakuasi ke Puskesmas Ilaga. Karena mengalami luka serius, Tekiman Wonda (33) dan Edison Mom akhirnya meninggal dunia.

Dari laporan tokoh masyarakat di Kampung Olenki, diketahui bahwa KKSB yang melakukan aksi kriminal di kampung itu di antaranya Lekagak Telenggen, Militer Murib, Seltius Waker, Tenius Kulua, Leri Mayu Enumbi, dan Iris Murib.

Koordinasi dengan Pemda Kabupaten Puncak

Pasca-insiden kontak tembak di Kampung Olenki, Satgas Gakkum TNI-Polri langsung berkoordinasi dengan Pemda Kabupaten Puncak.

Dari koordinasi tersebut, kemudian diputuskan untuk mengevakuasi korban luka ke RSUD Mimika. Selain itu akan dilakukan investigasi dan olah TKP di Kampung Olenki untuk memastikan penyebab 3 warga meninggal dunia dan 4 lainnya luka-luka.

Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Letkol Cpl Eko Daryanto membenarkan kejadian itu.

“Memang benar ada kejadian kontak tembak kemarin di Kampung Olenki di Kabupaten Puncak sekitar pukul 17.30 WIT. Sampai saat ini, kami masih mendalami dan mengumpulkan fakta-fakta di lapangan,” kata Eko dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/9/2019) malam. (Ong)

Berita terbaru

Tanah Papua9 jam ago

222 Warga Mimika terinfeksi COVID-19 Hingga 28 Mei

TIMIKA, HaiPapua – Jumlah warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yang terinfeksi virus corona baru (COVID-19) sejak 29 Maret hingga 28...

Tanah Papua3 hari ago

Lemasko Desak Polisi Selidiki Dugaan Penyelewengan Dana Perwalian Rp4,6 Miliar

TIMIKA, HaiPapua.com – Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Gregorius Okoare , meminta jajaran kepolisian resort Mimika untuk segera...

Tanah Papua3 hari ago

LEMASA Seruhkan Delapan Poin Sikapi Ancaman Pandemi Covid-19 di Mimika

TIMIKA, HaiPapua.com – Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (LEMASA) menyikapi situasi pandemi covid-19 di Kabupaten Mimika dan mendorong proses penanganan...

Berita5 hari ago

Pasien sembuh COVID-19 di Mimika terbanyak di Papua

TIMIKA, HaiPapua.com – Kabupaten Mimika tercatat sebagai daerah dengan jumlah pasien sembuh terbanyak dari kasus COVID-19 di Provinsi Papua, yakni...

Tanah Papua6 hari ago

Tim SAR Timika Cari Nelayan Korban Logboat Terbalik di Muara Moroga

TIMIKA, HaiPapua.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Timika pada Sabtu (23/05/2020) siang mengerahkan sejumlah personel rescue di muara kampung...

Ekonomi3 minggu ago

Kampung Nawaripi Siapkan Data KK Terkait Bansos Sembako Pemkab Mimika

TIMIKA, Haipapua.com – Pemerintah Kampung Nawaripi, Distrik Wania sedang mempersiapkan data jumlah kepala keluarga (KK) agar segera diusulkan kepada Pemerintah...

Berita3 minggu ago

Sebanyak 770 Penghuni SATP Diisolasi Selama Pandemi Covid-19

TIMIKA, Haipapua.com – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) menjamin keberadaan sebanyak 770 siswa Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP)...

Berita3 minggu ago

Kadinkes Mimika: Nakes Meninggal di Agimuga Bukan Karena Covid-19

TIMIKA, Haipapua.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynol Ubra menegaskan, salah satu tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas Agimuga yang meninggal...

Berita3 minggu ago

Pasien Positif Covid-19 di Mimika Bertambah Menjadi 91 Kasus

TIMIKA, Haipapua.com – Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynol Ubra mengumumkan penambahan kasus baru...

Tanah Papua4 minggu ago

DPRD Mimika Bentuk Tim Satgas Terkait Covid-19

TIMIKA, Haipapua.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika telah membentuk Tim Satuan Tugas Satgas DPRD yang akan melakukan...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.