Connect with us
isidisini

Olahraga

Kementerian PUPR Siap Dukung Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021

Published

on

JAKARTA, HaIPapua.com – Sukses mendukung penyelenggaraan Asian Games ke-18 pada 2018 silam, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali mendapat amanah untuk mendukung penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya ditugaskan Presiden untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana, khususnya stadion dan lapangan.

“Ini sesuai arahan Presiden pada rapat terbatas persiapan Piala Dunia U-20 2021 pada 17 Januari lalu,” ujar Kepala Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar (PSPPOP) Iwan Suprijanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/1/2020).

(Baca Juga: Presiden: Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Momentum Perbaikan Kompetisi)

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah menetapkan 6 stadion dari 10 stadion yang diusulkan pemerintah yang akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-20 pada 18 Januari lalu.

Ke-6 stadion itu, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, Stadion Pakansari Bogor, Stadion Manahan Solo, Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Stadion Bung Tomo di Surabaya, dan Stadion I Wayan Dipta di Bali.

Selain itu, ada 4 stadion lainnya yang disiapkan sebagai cadangan yaitu Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Patriot Chandrabaga Bekasi, Stadion Wibawa Mukti Cikarang, dan Stadion Jalak Harupat Kabupaten Bandung.

“Masing-masing stadion akan didampingi dengan lima lapangan latihan dengan ketentuan empat lapangan terbuka dan satu lapangan tertutup,” kata Iwan.

Pasca-penetapan stadion terpilih, kata Iwan, pihaknya bersama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan pemerintah daerah telah melakukan penilaian awal (preliminary assessment).

“Dari hasil penilaian awal, 3 stadion siap digunakan, yakni Stadion GBK Jakarta, Stadion Pakansari, dan Stadion Manahan Surakarta. Selain Stadion GBK, kedua stadion lainnya perlu perbaikan minor,” paparnya.

(Baca Juga: Empat Arahan Presiden untuk Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021)

Sementara untuk 3 stadion lainnya, perlu perbaikan yang cukup banyak. Stadion Mandala Krida di Yogyakarta, kata dia, perlu perbaikan di antaranya lampu glare dengan minimal ketinggian 35 meter, penggantian single seat, relayout area barat, penambahan mekanikal dan elektrikal termasuk AC dan genset, serta relayout mix zone (media dengan pemain).

Untuk perbaikan Stadion Bung Tomo di Surabaya berupa pembebasan lahan, penambahan warming up area indoor, peningkatan lampu terpasang dari 1.200 lux menjadi 2.400 lux. Selain itu, penggantian jenis rumput Japonica menjadi Matrella, rekayasa akses untuk pemain, media dan penonton, penambahan ruang ganti sesuai standar FIFA, dan rehabilitasi pagar agar tidak bisa terjangkau oleh penonton.

“Sementara Stadion I Wayan Dipta di Kabupaten Gianyar Bali, membutuhkan penambahan ruang ganti menjadi empat, penambahan single seat sesuai standar FIFA, pemasangan pagar pada ring luar stadion, penambahan daya lampu, pemasangan rain gun untuk penyiraman rumput, dan penyiapan aspek legal stadion IMB dan SLF,” katanya.

Iwan mengatakan untuk perbaikan venue Piala Dunia U-20 diperkirakan akan menghabiskan dana sekitar Rp65 hingga Rp300 miliar.

Perincian biaya sebagai berikut, untuk rehabilitasi 2 venue utama, Stadion Pakansari dan Stadion I Wayan Dipta diperkirakan butuh biaya sebesar Rp15 hingga Rp170 miliar.

Rehabilitasi 3 lapangan pendukung untuk latihan, yakni lapangan Sriwedari Solo, lapangan Sultan Agung Bantul, dan lapangan Delta Sidoarjo, serta 12 lapangan lainnya masing-masing 5 di Bogor, 4 di Solo, dan 3 di Yogyakarta diperkirakan membutuhkan biaya sebesar Rp40 hingga Rp120 miliar.

Selain itu, ada pembangunan dua lapangan baru di Yogyakarta yang diperkirakan menelan biaya sebesar Rp10 miliar.

“Ditargetkan perbaikan seluruh venue utama dan lapangan latihan akan rampung pada Desember 2020,” pungkasnya. (Fox)

Berita terbaru

Tanah Papua48 menit ago

DLH Mimika Diminta Serius Tangani Sampah di TPS Nawaripi

TIMIKA, HaiPapua.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Papua diminta untuk serius menangani sampah sehingga tidak terjadi penumpukan di...

Berita1 hari ago

Pemkab Mimika Akan Beri Stimulan Bagi Tiga Pelaku Usaha

TIMIKA, HaiPapua.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika, akan memberikan stimulan bagi para pelaku usaha secara khusus pelaku usaha perhotelan,...

Tanah Papua1 hari ago

Lemasa Imbau Warga Mimika Patuhi Instruksi Bupati

TIMIKA, HaiPapua.com – Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme, mengimbau kepada seluruh warga kabupaten Mimika untuk mematuhi instruksi bupati Mimika Eltinus...

Tanah Papua2 hari ago

Tokoh Nilai Bantuan YPMAK ke Pusat dan Provinsi Papua Tidak Efisien

TIMIKA, HaiPapua.com – Partisipasi Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) dalam mencegah penyebaran virus korona atau covid-19 di tingkat...

Tanah Papua3 hari ago

Amankan Jalur Penerbangan, Pasukan TNI Duduki Markas KKSB di Distrik Serambakon

JAYAPURA, HaIPapua.com – Pasukan TNI berhasil mengusir Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) dari Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang. Komandan Korem...

Tanah Papua3 hari ago

Pendulang Emas Tradisional Ditemukan Tewas di Kali Kabur Mil 22

TIMIKA, HaIPapua.com – Modestus Welerubun (29) ditemukan tewas setelah terseret arus di Kali Kabur Mil 22, Timika, Kabupaten Mimika, Senin...

Tanah Papua3 hari ago

KKSB Serang Kantor Freeport Kuala Kencana, Satu Pekerja Asing Tewas

TIMIKA, HaIPapua.com – Dua pekerja tertembak akibat penyerangan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Senin (30/3/2020)....

Tanah Papua3 hari ago

OTK Tembak Karyawan Freeport di Kuala Kencana

TIMIKA, HaiPapua.com – Sekelompok Orang Tak Dikenal (OTK) yang diduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Pimpinan Joni Botak, pada Senin (30/03/2020)...

Penyerahan APD dan uang Rp2 miliar Penyerahan APD dan uang Rp2 miliar
Tanah Papua3 hari ago

YPMAK Bantu RP2 Miliar dan APD Untuk Penanganan Covid-19 di Mimika

TIMIKA, HaiPapua.com – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) menyerahkan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) kepada Tim Gugus...

Puluhan karton minuman yang disita anggota Polres Mimika pada Jumat (29/03/2020) Puluhan karton minuman yang disita anggota Polres Mimika pada Jumat (29/03/2020)
Tanah Papua5 hari ago

Polisi Sita Minuman Beralkohol Yang Dijual di Luar Jam Yang Ditentukan

TIMIKA, HaiPapua.com – Jajaran Polres Mimika menyita puluhan karton minuman keras beralkohol dari penjual yang masih berjualan di luar waktu...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.