Connect with us
isidisini

Tanah Papua

Kecam TPN-OPM, Tokoh Gereja Kingmi Ingin Pembangunan Jalan Trans Papua Dilanjutkan

Published

on

JAYAPURA, HaIPapua.com – Aparat TNI-Polri bersama warga Distrik Mbua merayakan Natal bersama yang dipimpin Pendeta Nataniel Tabuni di Gereja Kingmi Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Senin (24/12/2018) lalu.

Sebelum ibadah Natal, aparat TNI-Polri yang dipimpin Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Sianipar membagikan bingkisan Natal berupa topi sinterklas dan makanan ringan kepada warga Mbua.

“Kami, TNI dan Polri ingin berbagi kasih di momentum Natal ini dengan warga dan jemaat di Mbua,” ujar Jonathan.

(Baca Juga: Danrem 172: TNI-Polri Jamin Perayaan Natal di Nduga Tanpa Gangguan KKSB)

Ia berharap melalui perayaan Natal ini, semua warga di Distrik Mbua dan sekitarnya dapat merasakan damai dan sukacita Natal untuk menatap kehidupan yang lebih baik ke depan.

“Tuhan Yesus datang kepada kita, bukan hanya untuk orang Israel, tetapi kepada semua suku bangsa di muka bumi. Kami datang ke sini, ingin menyapa dan merasakan suasana Natal bersama warga di sini. Kami ingin semuanya merasakan keceriaan, kedamaian, dan berkat Natal di tahun ini,” kata Jonathan.

Pendeta Nataniel Tabuni memimpin ibadah Natal di Gereja Kingmi Distrik Mbua, Senin (24/12/2018). (Penerangan Kodam XVII Cenderawasih)

Pada kesempatan yang sama, tokoh gereja Kingmi di Kabupaten Nduga Pendeta Nataniel Tabuni menyampaikan terima kasih atas kehadiran aparat TNI-Polri di Distrik Mbua. Ia berharap perayaan Natal ini menjadi momentum untuk mengembalikan kedamaian di Kabupaten Nduga, khususnya di Distrik Mbua, Yigi, dan Distrik Yal.

“Terima kasih Bapak Dandrem, Bapak Dandim, Bapak Kapolres Jayawijaya yang sudah ikut Natal dan berbagi kasih bersama warga di sini. Kami harap momentum Natal ini menjadi awal kedamaian di Kabupaten Nduga untuk seterusnya,” ujar Pendeta Nataniel usai kegiatan bakar batu.

“Momentum Natal menjadi awal perdamaian. Itu berarti stop, tidak ada lagi pembunuhan,” kata Pendeta Nataniel menegaskan.

Pendeta Nataniel mengecam aksi kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) Tentara Pembebasan Nasional – Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) yang telah membunuh para pekerja PT Istaka Karya di bukit Puncak Kabo.

Menurutnya aksi itu telah menodai persiapan perayaan Natal di Distrik Mbua dan sekitarnya, sehingga banyak warga yang terpaksa mengungsi karena ketakutan.

“TPN-OPM, kamu seperti orang tidak percaya, membunuh masyarakat tidak berdosa. Aksi TPN-OPM ini telah menghambat pembangunan di Kabupaten Nduga,” papar Pendeta Nataniel.

(Baca Juga: Gubernur Enembe Ajak Pengikut OPM Letakkan Senjata, Bersama Bangun Papua)

Ia menegaskan bahwa masyarakat sangat mengharapkan agar program pembangunan jalan yang dicanangkan Presiden Jokowi harus tetap dilanjutkan sehingga semua distrik di Nduga bisa terhubung dengan jalan.

“Saya atas nama gereja dan masyarakat Kabupaten Nduga meminta Bapak Presiden Jokowi, Bapak Gubernur Lukas Enembe, Bapak Pangdam dan Bapak Kapolda supaya pembangunan di daerah kami bisa terus dilanjutkan,” kata Pendeta Nataniel.

Danrem 172/PWY Kol Inf Jonathan Binsar Sianipar didampingi Danyonif 756 Mayor Inf Arif Budi Situmeang berbicang dengan warga sambil menikmati hidangan bakar batu. (Penerangan Kodam XVII Cenderawasih)

Setelah perayaan Natal di Distrik Mbua, Pendeta Nataniel berencana akan mendatangi gereja-gereja Kingmi di Distrik Yigi dan Yal. Di kedua distrik itu, ia bersama para tokoh gereja akan mengumpulkan kembali warga yang mengungsi ke hutan karena ketakutan akibat kejadian awal Desember lalu.

“Mulai besok saya akan ke Distrik Yigi, mulai dari Yigi Timur dan Yigi Barat, serta Distrik Yal untuk mengumpulkan umat yang tercerai berai karena kejadian kemarin. Bingkisan Natal ini juga akan kami bagikan kepada mereka supaya mereka juga bisa merayakan Natal sama seperti kita di Distrik Mbua,” ucap Pendeta Nataniel.

Berikut Foto Perayaan Natal di Gereja Kingmi Distrik Mbua pada Senin (24/12/2018):

Perayaan Natal di Gereja Kingmi Distrik Mbua yang dihadiri aparat TNI Polri, Senin (24/12/2018). (Penerangan Kodam XVII Cenderawasih)

 

Pendeta Nataniel Tabuni bersama Majelis Gereja Kingmi Distrik Mbua pada perayaan Natal, Senin (24/12/2018). (Penerangan Kodam XVII Cenderawasih)

 

Memanah babi untuk acara bakar batu. (Penerangan Kodam XVII Cenderawasih)

 

Danrem 172/PWY Kol Inf Jonathan Binsar Sianipar didampingi Danyonif 756 Mayor Inf Arif Budi Situmeang berbicang dengan warga sambil menikmati hidangan bakar batu. (Penerangan Kodam XVII Cenderawasih)

(Mas)

Berita terbaru

Dermaga Pelabuhan Portsite PT Freeport Indonesia Dermaga Pelabuhan Portsite PT Freeport Indonesia
Tanah Papua3 minggu ago

Danbrigif 20/3 Kostrad Lepas 330 Prajurit Lattuk Raider

Timika, Haipapua.com – Komandan Batalyon Infanteri 755/20/3 Kostrad Mayor Inf Afrianto Dolly beserta 330 orang prajurit jajaran Brigif 20/3 Kostrad dilepas...

Tanah Papua1 bulan ago

Yonif 754/ENK Gelar Baksos Ciptakan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

TIMIKA, HaiPapua.com – Sebagai bentuk kepedulian dalam kemanunggalan TNI dan rakyat, Satuan Batalyon Infanteri 754/ENK/20/3 Kostrad melaksanakan Baksos dengan membagikan...

Tanah Papua1 bulan ago

SAR Timika Temukan Pemuda Yang Tersesat di Hutan Wania

TIMIKA, HaiPapua.com – Kantor pencarian dan pertolongan SAR Timika akhirnya berhasil menemukan Syarif (30), pemuda yang dilaporkan keluarganya tersesat di...

Olahraga2 bulan ago

Mountain Gold Basketball Timika mendaftar IBL

TIMIKA, HaiPapua.com – Geliat olahraga Papua terus berkembang. Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 akan menjadi kebangkitan olahraga di berbagai cabang...

Tanah Papua2 bulan ago

Sebanyak 40 Personel SAR Timika Jalani Rapid Test

TIMIKA, Haipapua.com – Dalam rangka mendukung pencegahan dan penyebaran virus corona baru atau covid-19, sebanyak 40 personel Kantor Pencarian dan...

Tanah Papua2 bulan ago

Pemkab Mimika Evaluasi Pra New Normal Pekan Ini

TIMIKA, Haipapua.com – Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua telah memberlakukan pra new normal sejak 5 Juni lalu dan akan berakhir pada...

Tanah Papua2 bulan ago

Polres Mimika Musnahkan Narkotika Jenis Tembakau Sintetis Seberat 17,69 Gram

TIMIKA, HaiPapua.com – Kepolisian Resort Mimika musnahkan barang bukti Narkotika/ Golongan I jenis tembakau sintetis seberat 17,69 gram bertempat dikantor...

Berita2 bulan ago

Kodim 1710/Mimika Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Cara Unik

TIMIKA, HaiPapua.com – Keluarga besar Kodim 1710/Mimika beserta jajaranmemperingati hari lahir Pancasila dengan cara yang unik yaitu melaksanakan nonton bareng...

Tanah Papua2 bulan ago

222 Warga Mimika terinfeksi COVID-19 Hingga 28 Mei

TIMIKA, HaiPapua – Jumlah warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yang terinfeksi virus corona baru (COVID-19) sejak 29 Maret hingga 28...

Tanah Papua3 bulan ago

Lemasko Desak Polisi Selidiki Dugaan Penyelewengan Dana Perwalian Rp4,6 Miliar

TIMIKA, HaiPapua.com – Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Gregorius Okoare , meminta jajaran kepolisian resort Mimika untuk segera...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.