Connect with us
isidisini

Tanah Papua

Kalahkan Kotak Kosong, Pasangan HANAS Kembali Pimpin Mamberamo Tengah

Published

on

JAYAPURA, HaIPapua.com – Pasangan petahana Ricky Ham Pagawak-Jonas Kenelak (HANAS) dipastikan kembali memimpin Mamberamo Tengah lima tahun mendatang setelah menang mutlak dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Mamberamo Tengah 2018.

Dalam rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara yang dipimpin Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mamberamo Tengah Steven Payokwa menetapkan pasangan petahana HANAS meraih suara sebanyak 28.845 atau 86,7 persen, sementara kotak kosong hanya meraih 4.426 suara atau 13,3 persen.

“Hasil rekapitulasi suara dari 5 PPD di Mamberamo Tengah ditetapkan pasangan HANAS meraih suara sebanyak 28.845 dan kotak kosong meraih 4.426 suara,” ujar Steven didamping komisioner KPUD yang lain dalam rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara di Ilugwa, Mamberamo Tengah, Jumat (6/7/2018).

(Baca Juga: Ribuan Warga Mamberamo Tengah Sepakat Ikat Suara Menangkan Pasangan HANAS)

Menurut Steven, pasangan HANAS yang menjadi calon tunggal pada Pilkada Mamberamo Tengah meraup suara masing-masing dari Distrik Kobakma sebanyak 8.844 suara, Distrik Kelila 8.364 suara, Distrik Eragayam 5.032 suara, Distrik Ilugwa 4.957 suara, dan Distrik Megambilis 1.648.

Pada kesempatan itu, Steven menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Mamberamo Tengah yang telah mengikuti dan menyukseskan pelaksanaan Pilkada Mamberamo Tengah 2018.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah mengikuti seluruh tahapan pilkada dan mencapai puncaknya saat pemungutan suara hingga penetapan rekapitulasi perhitungan suara,” kata Steven.

“Inilah hasil rekapitulasi perhitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Mamberamo Tengah yang harus bisa diterima semua pihak,“ kata Steven menambahkan.

Menurutnya, hasil pleno rekapitulasi perhitungan suara dari KPUD Mamberamo Tengah selanjutnya akan dilaporkan ke KPU Provinsi Papua untuk diproses lebih lanjut. Jika ada pihak yang tidak puas dengan hasil pleno KPUD, kata Steven, diperbolehkan untuk mengajukan keberatan berdasarkan aturan pemilu.

“Ada waktu tiga hari untuk mengajukan keberatan lewat jalur hukum ke Mahkamah Konstitusi,” ucap Steven.

Pleno rekapitulasi perhitungan suara yang digelar KPUD Mamberamo Tengah. (ist)

LUKMEN Menang Mutlak

Sementara untuk hasil Pilkada Provinsi Papua di Kabupaten Mamberamo Tengah, pasangan petahana Lukas Enembe-Klemen Tinal (LUKMEN) memperoleh suara seratus persen.

Dalam rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Pilkada Papua yang digelar KPUD Mamberamo Tengah diperoleh hasil pasangan calon nomor urut 1 LUKMEN meraih suara sebanyak 33.271 suara, sementara paslon nomor urut 2 John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae (JOSUA) tidak mendapat suara.

(Baca Juga: KPUD Ajak Masyarakat Mamberamo Tengah Gunakan Hak Pilih pada 27 Juni)

Petahana Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak mengatakan bahwa kemenangan yang diraih dalam Pilkada Mamberamo Tengah adalah kemenangan dari seluruh masyarakat Mamberamo Tengah. “Ini menjadi bukti bahwa masyarakat Mamberamo Tengah secara penuh memberikan dukungan untuk melanjutkan pembangunan di kabupaten ini lima tahun ke depan,” kata Ricky.

Ricky juga mengapresiasi lembaga penyelenggara pemilu yakni KPUD dan Panwaslu Mamberamo Tengah yang telah menggelar tahapan Pilkada Mamberamo Tengah dengan baik. “Tugas yang diemban para penyelenggara sangat berat, mulai dari proses pendaftaran calon hingga perhitungan suara yang penuh dengan dinamika,” ucap Ricky.

Ia juga secara khusus menyampaikan terima kasih kepada pihak keamanan, baik Polri dan TNI yang melakukan pengamanan sehingga rekapitulasi perhitungan suara dapat berjalan dengan aman. Ucapan yang sama juga disampaikan untuk seluruh masyarakat Mamberamo Tengah yang telah ikut menjaga keamanan sehingga tahapan pilkada dapat berlangsung aman dan damai.

“Kabupaten Mamberamo Tengah menjadi salah satu daerah yang dipetakan sebagai daerah yang rawan pada Pilkada Serentak 2018. Syukur itu tidak terbukti, pilkada berlangsung aman dan damai berkat dari persatuan dari seluruh masyarakat Mamberamo Tengah yang terdiri dari 5 suku dengan karakter yang berbeda-beda,” kata Ricky menegaskan.

Turut hadir dalam rapat pleno KPUD Mamberamo Tengah yakni Sekretaris KPUD Mamberamo Tengah Happy Wangloan, Ketua Panwaslu Mamberamo Tengah Yacob Kenelak, Kapolres Mamberamo Tengah AKBP Deny Herdiana, Pabung Kobakma Mayor Inf M Sihombing, Danyon 756/WMS Mayor Inf Situmeang beserta paslon Ricky Ham Pagawak dan Yonas Kenelak. (Ern)

Berita terbaru

Dermaga Pelabuhan Portsite PT Freeport Indonesia Dermaga Pelabuhan Portsite PT Freeport Indonesia
Tanah Papua2 minggu ago

Danbrigif 20/3 Kostrad Lepas 330 Prajurit Lattuk Raider

Timika, Haipapua.com – Komandan Batalyon Infanteri 755/20/3 Kostrad Mayor Inf Afrianto Dolly beserta 330 orang prajurit jajaran Brigif 20/3 Kostrad dilepas...

Tanah Papua1 bulan ago

Yonif 754/ENK Gelar Baksos Ciptakan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

TIMIKA, HaiPapua.com – Sebagai bentuk kepedulian dalam kemanunggalan TNI dan rakyat, Satuan Batalyon Infanteri 754/ENK/20/3 Kostrad melaksanakan Baksos dengan membagikan...

Tanah Papua1 bulan ago

SAR Timika Temukan Pemuda Yang Tersesat di Hutan Wania

TIMIKA, HaiPapua.com – Kantor pencarian dan pertolongan SAR Timika akhirnya berhasil menemukan Syarif (30), pemuda yang dilaporkan keluarganya tersesat di...

Olahraga2 bulan ago

Mountain Gold Basketball Timika mendaftar IBL

TIMIKA, HaiPapua.com – Geliat olahraga Papua terus berkembang. Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 akan menjadi kebangkitan olahraga di berbagai cabang...

Tanah Papua2 bulan ago

Sebanyak 40 Personel SAR Timika Jalani Rapid Test

TIMIKA, Haipapua.com – Dalam rangka mendukung pencegahan dan penyebaran virus corona baru atau covid-19, sebanyak 40 personel Kantor Pencarian dan...

Tanah Papua2 bulan ago

Pemkab Mimika Evaluasi Pra New Normal Pekan Ini

TIMIKA, Haipapua.com – Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua telah memberlakukan pra new normal sejak 5 Juni lalu dan akan berakhir pada...

Tanah Papua2 bulan ago

Polres Mimika Musnahkan Narkotika Jenis Tembakau Sintetis Seberat 17,69 Gram

TIMIKA, HaiPapua.com – Kepolisian Resort Mimika musnahkan barang bukti Narkotika/ Golongan I jenis tembakau sintetis seberat 17,69 gram bertempat dikantor...

Berita2 bulan ago

Kodim 1710/Mimika Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Cara Unik

TIMIKA, HaiPapua.com – Keluarga besar Kodim 1710/Mimika beserta jajaranmemperingati hari lahir Pancasila dengan cara yang unik yaitu melaksanakan nonton bareng...

Tanah Papua2 bulan ago

222 Warga Mimika terinfeksi COVID-19 Hingga 28 Mei

TIMIKA, HaiPapua – Jumlah warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yang terinfeksi virus corona baru (COVID-19) sejak 29 Maret hingga 28...

Tanah Papua2 bulan ago

Lemasko Desak Polisi Selidiki Dugaan Penyelewengan Dana Perwalian Rp4,6 Miliar

TIMIKA, HaiPapua.com – Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Gregorius Okoare , meminta jajaran kepolisian resort Mimika untuk segera...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.