Connect with us

Tanah Papua

Egianus Kogoya Kian Terjepit, KKSB Intimidasi Warga Supaya Mengungsi

Published

on

JAYAPURA, HaIPapua.com – Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) kembali melakukan aksi penyerangan dengan membakar alat berat milik PT Istaka Karya di Distrik (kecamatan) Yal, Kabupaten Nduga.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal membenarkan aksi penyerangan KKSB itu yang terjadi pada Rabu (27/2/2019) siang sekitar pukul 14.40 WIT.

“Mereka (KKSB) membakar alat berat milik PT Istaka Karya yang sudah lama rusak dan sudah tidak digunakan. Saat melakukan aksinya, mereka sempat melepaskan dua kali tembakan yang sempat didengar anggota Brimob di sana,” kata Kamal dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/2/2019) kemarin.

(Baca Juga: Kodam Cenderawasih Tidak Akan Menarik Pasukan dari Nduga Membiarkan KKSB Berkeliaran)

Pada hari sebelumnya, kata Kamal, personel Brigade Mobil (Brimob) Polri yang dipimpin AKP Rubby Nanda sempat terlibat kontak tembak dengan anggota KKSB. Kontak tembak terjadi saat personel Brimob yang melakukan patroli di Kecamatan Yal, Yigi, dan Kecamatan Mugi ditembaki oleh anggota KKSB saat berada di tanjakan longsoran Kecamatan Yal.

“Kejadian itu berlangsung sekitar pukul 23.00 WIT. Mereka (KKSB) melepas tembakan sebanyak 3 kali ke arah personel Brimob yang berada di tanjakan longsoran Kecamatan Yal. Saat melakukan aksinya, mereka memancing dengan teriakan-teriakan khas warga pegunungan dari arah kiri dan belakang,” ujar Kamal.

Setelah aksi itu, personel Brimob lalu melepas tembakan peringatan dan dilanjutkan dengan pengejaran terhadap anggota KKSB yang berada di daerah ketinggian. “Personel sempat melakukan penggeledahan beberapa rumah yang diduga menjadi tempat persembunyian mereka,” ucap Kamal.

Provokasi kepada Aparat TNI-Polri

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi membenarkan aksi pembakaran yang dilakukan KKSB terhadap ekskavator milik PT Istaka Karya di Kecamatan Yal. Aidi menilai aksi tersebut sebagai bentuk provokasi terhadap aparat TNI-Polri yang melakukan pengamanan di Kabupaten Nduga.

“Mereka berupaya untuk memprovokasi aparat TNI-Polri yang ada di sana, namun aparat tidak terpancing. Aksi perusakan itu, justru menjadi bukti bahwa KKSB pelaku kekerasan dan antipembangunan di wilayah Nduga dan Papua pada umumnya,” kata Aidi dalam keterangannya di Jayapura, Kamis (28/2/2019).

Aksi tersebut, kata Aidi, sejalan dengan provokasi yang dilakukan juru bicara Organisasi Papua Merdeka (OPM) Sabby Sambon yang sebelumnya menyebarkan isu rencana KKSB untuk menyerang warga pendatang di Nduga. Ia juga menyebarkan isu bahwa ada anggota TNI-Polri yang terluka pasca kontak tembak setelah aksi pembakaran alat berat PT Istaka Karya.

“Informasi yang disebarkan oleh Sabby Sambon tidak benar, itu hoaks, karena aparat tidak terpancing untuk melakukan tembakan balasan pasca pembakaran alat berat itu,” ujar Aidi.

(Baca Juga: Kapolda Papua: Perintah Kapolri untuk Kejar dan Tangkap Anggota KKSB)

Kejadian yang sesungguhnya, kata Aidi, bahwa KKSB pimpinan Egianus Kogoya sudah terjepit dan mulai kekurangan bahan makanan setelah hampir semua kecamatan di Kabupaten Nduga dikuasai aparat TNI-Polri.

“KKSB menebar teror untuk mengintimidasi masyarakat dan memaksa mereka mengungsi. Setelah warga mengungsi, mereka lalu memutar balik fakta bahwa aparat TNI-Polri yang menyebabkan warga mengungsi. Fakta hari ini, bahwa kehidupan warga di Nduga sudah kembali normal dan roda perekonomian sudah kembali berjalan,” papar Aidi.

Aidi mengimbau masyarakat tak perlu resah dengan teror yang disebar oleh KKSB karena keberadaan aparat keamanan TNI-Polri di Nduga. Ia berharap warga tetap waspada dan selalui berkoordinasi dengan aparat jika menemukan hal-hal yang mencurigakan.

“Masyarakat harus proaktif untuk menjaga lingkungan dengan swadaya dan segera berkoordinasi dengan aparat keamanan tentang kedudukan dan aktivitas KKSB,” ucap Aidi.

“Pemerintah Indonesia tetap akan melanjutkan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Nduga dan Papua pada umumnya untuk menjamin kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Untuk memastikan hal itu, aparat TNI-Polri akan selalu hadir untuk memastikan program pembangunan ini terlaksana,” kata Aidi menegaskan. (Ong/Mas)

Berita terbaru

Tanah Papua2 hari ago

LMA Tsingwarop Komitmen Perjuangkan Hak Masyarakat Tiga Kampung

TIMIKA, HaIPapua.com – Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Tsinga, Waa/Banti dan Aroanop (Tsingwarop) berkomitmen memperjuangkan hak-hak dasar warga dari tiga kampung...

Tanah Papua2 hari ago

Kegiatan Belajar Mengajar di SD YPPK Titigi Belum Aktif

TIMIKA, HaIPapua.com – Usai libur Natal dan Tahun Baru, kegiatan belajar mengajar (KBM) di SD YPPK Titigi, Kabupaten Intan Jaya...

Nasional2 hari ago

Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) untuk Mendukung Pengembangan Pariwisata di Raja Ampat

JAKARTA, HaIPapua.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan pembangunan Instalasi Pengolahan...

Tanah Papua4 hari ago

Pelaku Penembakan di Mil 53 Diduga KKSB Kali Kopi Pimpinan Joni Botak

TIMIKA, HaIPapua.com – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw meninjau langsung lokasi penembakan bus karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI) di...

Tanah Papua5 hari ago

Bus Karyawan Freeport Ditembak OTK di Mile 53

TIMIKA, HaIPapua.com – Iring-iringan bus karyawan PT. Freeport Indonesia kembali ditembak orang tak dikenal (OTK) di area mile 53 ruas...

Tanah Papua5 hari ago

Katedral Tiga Raja Timika Buka Posko Bantuan Bagi Warga Titigi

TIMIKA, HaIPapua.com – Gereja Katolik Keuskupan Timika, Katedral Tiga Raja Timika, Mimika, Papua membuka posko bantuan bagi warga Titigi, Kabupaten...

Tanah Papua5 hari ago

Waterpauw: Saya Berikan 2 Pilihan, Tangkap Hidup atau Mati!

TIMIKA, HaIPapua.com – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menegaskan bahwa pihaknya pada 2020 ini akan fokus menangani beberapa kelompok...

Tanah Papua5 hari ago

Kapolda Papua Besuk Bharatu Lucky di RSMM Timika

TIMIKA, HaIPapua.com – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw membesuk Bharatu Lucky Dharmadi yang dirawat di RS Mitra Masyarakat (RSMM)...

Tanah Papua6 hari ago

Satu Anggota Satgas Aman Nusa Luka Tembak di Kampung Alguru

JAYAPURA, HaIPapua.com – Satu anggota Satgas Aman Nusa terluka dalam kontak tembak dengan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di Kampung...

Tanah Papua6 hari ago

Polres Mimika Bekuk Empat Pengedar Narkotika di Timika

TIMIKA, HaIPapua.com – Kepolisian Resor Mimika berhasil mengamankan 4 orang pemakai dan pengedar narkotika di lokasi berbeda di Timika, Kabupaten...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.