Connect with us
isidisini

Tanah Papua

Egianus Kogoya Kian Terjepit, KKSB Intimidasi Warga Supaya Mengungsi

Published

on

JAYAPURA, HaIPapua.com – Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) kembali melakukan aksi penyerangan dengan membakar alat berat milik PT Istaka Karya di Distrik (kecamatan) Yal, Kabupaten Nduga.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal membenarkan aksi penyerangan KKSB itu yang terjadi pada Rabu (27/2/2019) siang sekitar pukul 14.40 WIT.

“Mereka (KKSB) membakar alat berat milik PT Istaka Karya yang sudah lama rusak dan sudah tidak digunakan. Saat melakukan aksinya, mereka sempat melepaskan dua kali tembakan yang sempat didengar anggota Brimob di sana,” kata Kamal dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/2/2019) kemarin.

(Baca Juga: Kodam Cenderawasih Tidak Akan Menarik Pasukan dari Nduga Membiarkan KKSB Berkeliaran)

Pada hari sebelumnya, kata Kamal, personel Brigade Mobil (Brimob) Polri yang dipimpin AKP Rubby Nanda sempat terlibat kontak tembak dengan anggota KKSB. Kontak tembak terjadi saat personel Brimob yang melakukan patroli di Kecamatan Yal, Yigi, dan Kecamatan Mugi ditembaki oleh anggota KKSB saat berada di tanjakan longsoran Kecamatan Yal.

“Kejadian itu berlangsung sekitar pukul 23.00 WIT. Mereka (KKSB) melepas tembakan sebanyak 3 kali ke arah personel Brimob yang berada di tanjakan longsoran Kecamatan Yal. Saat melakukan aksinya, mereka memancing dengan teriakan-teriakan khas warga pegunungan dari arah kiri dan belakang,” ujar Kamal.

Setelah aksi itu, personel Brimob lalu melepas tembakan peringatan dan dilanjutkan dengan pengejaran terhadap anggota KKSB yang berada di daerah ketinggian. “Personel sempat melakukan penggeledahan beberapa rumah yang diduga menjadi tempat persembunyian mereka,” ucap Kamal.

Provokasi kepada Aparat TNI-Polri

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi membenarkan aksi pembakaran yang dilakukan KKSB terhadap ekskavator milik PT Istaka Karya di Kecamatan Yal. Aidi menilai aksi tersebut sebagai bentuk provokasi terhadap aparat TNI-Polri yang melakukan pengamanan di Kabupaten Nduga.

“Mereka berupaya untuk memprovokasi aparat TNI-Polri yang ada di sana, namun aparat tidak terpancing. Aksi perusakan itu, justru menjadi bukti bahwa KKSB pelaku kekerasan dan antipembangunan di wilayah Nduga dan Papua pada umumnya,” kata Aidi dalam keterangannya di Jayapura, Kamis (28/2/2019).

Aksi tersebut, kata Aidi, sejalan dengan provokasi yang dilakukan juru bicara Organisasi Papua Merdeka (OPM) Sabby Sambon yang sebelumnya menyebarkan isu rencana KKSB untuk menyerang warga pendatang di Nduga. Ia juga menyebarkan isu bahwa ada anggota TNI-Polri yang terluka pasca kontak tembak setelah aksi pembakaran alat berat PT Istaka Karya.

“Informasi yang disebarkan oleh Sabby Sambon tidak benar, itu hoaks, karena aparat tidak terpancing untuk melakukan tembakan balasan pasca pembakaran alat berat itu,” ujar Aidi.

(Baca Juga: Kapolda Papua: Perintah Kapolri untuk Kejar dan Tangkap Anggota KKSB)

Kejadian yang sesungguhnya, kata Aidi, bahwa KKSB pimpinan Egianus Kogoya sudah terjepit dan mulai kekurangan bahan makanan setelah hampir semua kecamatan di Kabupaten Nduga dikuasai aparat TNI-Polri.

“KKSB menebar teror untuk mengintimidasi masyarakat dan memaksa mereka mengungsi. Setelah warga mengungsi, mereka lalu memutar balik fakta bahwa aparat TNI-Polri yang menyebabkan warga mengungsi. Fakta hari ini, bahwa kehidupan warga di Nduga sudah kembali normal dan roda perekonomian sudah kembali berjalan,” papar Aidi.

Aidi mengimbau masyarakat tak perlu resah dengan teror yang disebar oleh KKSB karena keberadaan aparat keamanan TNI-Polri di Nduga. Ia berharap warga tetap waspada dan selalui berkoordinasi dengan aparat jika menemukan hal-hal yang mencurigakan.

“Masyarakat harus proaktif untuk menjaga lingkungan dengan swadaya dan segera berkoordinasi dengan aparat keamanan tentang kedudukan dan aktivitas KKSB,” ucap Aidi.

“Pemerintah Indonesia tetap akan melanjutkan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Nduga dan Papua pada umumnya untuk menjamin kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Untuk memastikan hal itu, aparat TNI-Polri akan selalu hadir untuk memastikan program pembangunan ini terlaksana,” kata Aidi menegaskan. (Ong/Mas)

Berita terbaru

Berita1 jam ago

Pemkab Mimika Akan Beri Stimulan Bagi Tiga Pelaku Usaha

TIMIKA, HaiPapua.com – Pemerintah Kabupaten Mimika, akan memberikan stimulan bagi para pelaku usaha secara khusus pelaku usaha perhotelan, restoran dan...

Tanah Papua1 jam ago

Lemasa Imbau Warga Mimika Patuhi Instruksi Bupati

TIMIKA, HaiPapua.com – Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme, mengimbau kepada seluruh warga kabupaten Mimika untuk mematuhi instruksi bupati Mimika Eltinus...

Berita1 hari ago

Tokoh Nilai Bantuan YPMAK ke Pusat dan Provinsi Papua Tidak Efisien

TIMIKA, HaiPapua.com – Partisipasi Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) dalam mencegah penyebaran virus korona atau covid-19 di tingkat...

Tanah Papua2 hari ago

Amankan Jalur Penerbangan, Pasukan TNI Duduki Markas KKSB di Distrik Serambakon

JAYAPURA, HaIPapua.com – Pasukan TNI berhasil mengusir Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) dari Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang. Komandan Korem...

Tanah Papua2 hari ago

Pendulang Emas Tradisional Ditemukan Tewas di Kali Kabur Mil 22

TIMIKA, HaIPapua.com – Modestus Welerubun (29) ditemukan tewas setelah terseret arus di Kali Kabur Mil 22, Timika, Kabupaten Mimika, Senin...

Tanah Papua2 hari ago

KKSB Serang Kantor Freeport Kuala Kencana, Satu Pekerja Asing Tewas

TIMIKA, HaIPapua.com – Dua pekerja tertembak akibat penyerangan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Senin (30/3/2020)....

Tanah Papua2 hari ago

OTK Tembak Karyawan Freeport di Kuala Kencana

TIMIKA, HaiPapua.com – Sekelompok Orang Tak Dikenal (OTK) yang diduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Pimpinan Joni Botak, pada Senin (30/03/2020)...

Penyerahan APD dan uang Rp2 miliar Penyerahan APD dan uang Rp2 miliar
Pesona Papua2 hari ago

YPMAK Bantu RP2 Miliar dan APD Untuk Penanganan Covid-19 di Mimika

PenTIMIKA, HaiPapua.com – Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) menyerahkan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) kepada Tim Gugus...

Puluhan karton minuman yang disita anggota Polres Mimika pada Jumat (29/03/2020) Puluhan karton minuman yang disita anggota Polres Mimika pada Jumat (29/03/2020)
Tanah Papua3 hari ago

Polisi Sita Minuman Beralkohol Yang Dijual di Luar Jam Yang Ditentukan

TIMIKA, HaiPapua.com – Jajaran Polres Mimika menyita puluhan karton minuman keras beralkohol dari penjual yang masih berjualan di luar waktu...

Tanah Papua6 hari ago

Kepala Kampung Nawaripi Inisiatif Sediakan Tempat Cuci Tangan

TIMIKA, HaiPapua.com – Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19, Norman Ditubun, Kepala Kampung Nawaripi, Distrik Wania menginisiasi...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.