Connect with us
isidisini

Foto

Danrem 172: TNI-Polri Jamin Perayaan Natal di Nduga Tanpa Gangguan KKSB

Published

on

JAYAPURA, HaIPapua.com – Situasi Distrik Yigi, Mbua, dan Yal di Kabupaten Nduga berangsur kondusif pasca aparat TNI-Polri menduduki ketiga wilayah tersebut.

“Saat ini aparat TNI-Polri sudah menduduki ke-3 distrik yang sempat dikuasai kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) pimpinan Egianus Kogoya,” kata Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi di Jayapura, Minggu (9/12/2018).

(Baca Juga: Danrem 172: Warga yang Sempat Mengungsi ke Hutan Sudah Kembali ke Kampung)

Sebelumnya, Egianus Kogoya yang mengklaim diri sebagai komandan tentara pembebasan Organisasi Papua Merdeka (OPM) wilayah Nduga bersama pengikutnya membantai 25 warga sipil di lereng bukit Puncak Kabo, Minggu (2/12/2018) lalu.

Ke-25 warga sipil tersebut bekerja pada proyek pembangunan jembatan di Kali Yigi dan kali Aurak yang dikerjakan PT Istaka Karya. Setelah membantai warga sipil, kemudian berlanjut dengan intimidasi kepada warga asli Papua yang menampung para pekerja dari luar Nduga yang mengerjakan sejumlah proyek di daerah itu.

“Ada beberapa warga yang akhirnya meminta perlindungan ke Pos TNI di Distrik Mbua,” ujar Aidi.

Setelah melakukan intimidasi kepada warga setempat, KKSB ini lalu menebar isu akan ada aksi balasan yang dilakukan aparat TNI-Polri. Akibatnya, banyak warga yang kemudian ketakutan dan lari bersembunyi ke hutan.

Menurut Aidi, setelah menyaksikan sendiri kehadiran aparat TNI-Polri hanya untuk mencari dan mengevakuasi korban KKSB maka warga ke-3 distrik itu mulai kembali ke kampung masing-masing.

“Sejak kemarin aktivitas warga di Distrik Mbua sudah mulai berangsur pulih, roda perekonomian dan kegiatan sosial mulai terlihat. Bahkan siang tadi, Danrem 172/PWY yang berada di sana sudah beribadah dan sempat bertemu dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat di Distrik Mbua dan Yigi,” kata Aidi.

(Baca Juga: Kapendam Cenderawasih: Mereka Lebih Binatang dari Binatang, Lebih Iblis dari Iblis)

“Diharapkan dari pertemuan yang dilakukan Danrem usai ibadah siang tadi, membuat kepercayaan kepada masyarakat di Distrik Yigi untuk segera kembali ke rumah mereka masing-masing,” katanya.

Aparat TNI-Polri Jamin Keamanan Perayaan Natal di Kabupaten Nduga

Di tempat terpisah, Danrem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Sianipar mengungkapkan bahwa alasan masyarakat mengungsi karena adanya isu balas dendam dan penyisiran dari TNI-Polri.

“Kami sudah jelaskan saat bertemu dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama di Mbua dan Yigi bahwa kehadiran aparat TNI-Polri hanya untuk mencari dan mengevakuasi pekerja yang menjadi korban KKSB dan mengamankan masyarakat dari gangguan KKSB,” katan Jonathan.

Jonathan mengatakan bahwa para tokoh sempat menyampaikan permintaan agar aparat TNI-Polri keluar dari Kabupaten Nduga. Mereka beralasan aparat telah menghambat mereka merayakan Natal dan Tahun Baru.

“Alasan yang mereka sampaikan karena ada warga setempat yang membeli babi dari Wamena dilarang melintas di jalan trans Papua Wamena-Habema-Mugi sehingga tak bisa kembali ke kampung,” ujar Jonathan.

(Baca Juga: Tanggapan Kodam Cenderawasih Terkait Tuduhan Operasi Militer di Kabupaten Nduga)

Ia pun menjelaskan alasan penutupan jalan itu karena pertimbangan keamanan menyusul isu KKSB akan melakukan penyerangan terhadap kendaraan yang melintas dan ada upaya untuk menebar oli dan solar di setiap tikungan yang bisa mencelakai kendaraan yang melintas.

“Saya sudah memberi jaminan secepatnya jalan itu dibuka dan menegaskan bahwa kehadiran aparat TNI-Polri hanya untuk mengamankan pelaksanaan Natal hingga Tahun Baru. Mereka kemudian menerima alasan itu,” katanya.

Berikut Foto Pertemuan Danrem 172/PWY Kol Inf Jonathan Binsar Sianipar bersama tokoh masyarakat dan warga di Gereja Kingmi Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Minggu (9/12/2018):

Danrem 172/PWY Kol Inf Jonathan Binsar Sianipar ikut ibadah di Gereja Kingmi Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Minggu (9/12/2018). (ist)

 

Danrem 172/PWY Kol Inf Jonathan Binsar Sianipar ikut ibadah di Gereja Kingmi Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Minggu (9/12/2018). (ist)

 

Danrem 172/PWY Kol Inf Jonathan Binsar Sianipar berbincang dengan tokoh masyarakat Distrik Mbua usai ibadah. (ist)

 

Danrem 172/PWY Kol Inf Jonathan Binsar Sianipar menyapa warga usai ibadah di Gereja Kingmi Distrik Mbua. (ist)

 

Danrem 172/PWY Kol Inf Jonathan Binsar Sianipar berbincang dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat usai ibadah di Gereja Kingmi Distrik Mbua. (ist)

(Mas)

Berita terbaru

Tanah Papua13 jam ago

Teror Penembakan Dekat Bandar Udara Bilorai di Sugapa

SUGAPA, HaIPapua.com – Kontak tembak antara aparat dengan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) kembali terjadi di Kabupaten Intan Jaya, Jumat...

Tanah Papua3 hari ago

Kontak Tembak Di Depan Kantor Bupati Intan Jaya

JAYAPURA, HaIPapua.com – Kontak tembak antara aparat TNI-Polri dengan kelompok kriminal separatis bersenjata kembali terjadi di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya,...

Tanah Papua3 hari ago

Kodam Cenderawasih Kirim Tim Investigasi Kematian Pendeta Yeremia

JAYAPURA, HaIPapua.com – Kodam XVII Cenderawasih mengirim tim investigasi ke Kabupaten Intan Jaya untuk mengusut kasus kematian Pendeta Yeremia Zanambani....

Tanah Papua4 hari ago

Kapolda Papua: Kalau Tidak Tahu Peristiwa Sesungguhnya Prihatin Saja, Jangan Memperkeruh Situasi

JAYAPURA, HaIPapua.com – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw membantah tudingan sejumlah pihak bahwa aparat TNI-Polri yang membunuh Pendeta Yeremia...

Tanah Papua4 hari ago

Aparat dan Separatis Saling Tuding Dalam Kasus Kematian Pendeta Yeremia Zanambani

TIMIKA, HaIPapua.com – Empat orang meninggal dunia dan dua lainnya mengalami luka serius akibat aksi kekerasan bersenjata di Kabupaten intan...

Tanah Papua7 hari ago

Anggota Satgas Apter Gugur Dalam Kontak Tembak Dengan KKSB di Kampung Hitadipa

TIMIKA, HaIPapua.com – Seorang prajurit TNI gugur dalam kontak tembak dengan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di Kampung Hitadipa, Distrik...

Tanah Papua7 hari ago

Tim SAR Berhasil Evakuasi 3 Kru Helikopter PK-USS

JAYAPURA, HaIPapua.com – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi 3 kru helikopter Bell 212 PK-USS, Sabtu (19/9/2020) siang. Seperti diberitakan...

Tanah Papua1 minggu ago

Helikopter PT NUH Ditemukan Mendarat Darurat di Ketinggian 4.700 Kaki

JAYAPURA, HaIPapua.com – Tim SAR gabungan berhasil menemukan keberadaan helikopter Bell 212 PK-USS milik PT Nasional Utility Helicopter (NUH) pada...

Tanah Papua1 minggu ago

TNI Akui Senpi Milik Almarhum Serka Sahlan Hilang

TIMIKA, HaIPapua.com – Senjata api (senpi) milik almarhum Serka Sahlan dilaporkan hilang setelah diserang kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di...

Tanah Papua1 minggu ago

Jenazah Ahmad Baidlawi Dievakuasi ke Timika

TIMIKA, HaIPapua.com – Jenazah Ahmad Baidlawi (50), korban penganiayaan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.