Connect with us

Tanah Papua

Danrem 172/PWY: 600 Prajurit Fokus Mengerjakan dan Mengamankan Proyek Trans Papua

Published

on

TIMIKA, HaIPapua.com – Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf Jonathan Binsar Sianipar menegaskan 600 prajurit TNI dari Yon Zipur 8/Sakti Mandra Guna (SMG) dan Yonif Para Raider 431/ Satria Setia Perkasa (SSP) yang dikirim ke Kabupaten Nduga untuk melanjutkan pembangunan jalan Trans Papua.

Sebelumnya, 600 prajurit yang berangkat dari Makassar, Sulawesi Selatan, tiba di pelabuhan Amamapare, Portsite, Kabupaten Mimika menggunakan KRI dr Soeharso, Jumat (8/3/2019).

“Mereka ini khusus untuk membangun jembatan di ruas jalan Trans Papua Wamena – Mumugu. Ada 150 prajurit Yon Zipur yang akan bekerja dan 450 prajurit sebagai pengamanan,” ujar Jonathan usai upacara penerimaan pasukan di atas KRI dr Soeharso di Pelabuhan Amamapare, Sabtu (9/3/2019) kemarin.

(Baca Juga: Kelanjutan Pembangunan Trans Papua Wamena-Mumugu Libatkan 600 Prajurit TNI)

Para prajurit ini, kata Jonathan, akan dibagi ke dua sektor. Pertama akan mengerjakan proyek jembatan di ruas jalan antara distrik (kecamatan) Kenyam hingga Batas Batu di Mumugu dan sektor kedua akan bekerja antara kecamatan Mbua hingga Paro. Menurutnya, kedua sektor ini akan bekerja secara paralel.

“Dengan kekuatan yang ada, paling tidak setengah dari proyek ini bisa diselesaikan hingga akhir tahun. Kami berharap hingga akhir tahun, 70 hingga 80 persen proyek ini bisa diselesaikan,” katanya.

Dia mengatakan bahwa prajurit ini nantinya akan bertugas selama 9 bulan di Kabupaten Nduga. Namun, jika diperlukan bisa diperpanjang maksimal hingga satu tahun masa penugasan.

“Untuk memaksimalkan capaian, kami sudah mengusulkan ke Mabes TNI untuk menambah prajurit dari Yon Zipur agar proyek ini bisa rampung semua akhir tahun 2019,” tutur Jonathan.

Pengejaran KKSB Berlanjut

Ia menjelaskan bahwa pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) juga tetap akan dilanjutkan, namun tidak melibatkan prajurit yang bertugas untuk pembangunan dan pengamanan jalan Trans Papua.

Sementara untuk pengejaran KKSB akan dilakukan prajurit yang tergabung dalam Satgas pengamanan daerah rawan (Pamrahwan) yang saat ini sudah berada di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

“Ada 1 SSK yang saat ini sudah berada di Wamena dan segera digerakkan ke daerah-daerah yang menjadi basis KKSB,” papar Jonathan.

(Baca Juga: Danrem 172: Tugas Kalian Bagaimana Proyek Selesai, itu Pengabdian Kita kepada Negara dan Bangsa)

Satgas Pamrahwan ini akan bertugas di wilayah pegunungan tengah Papua yang diketahui hingga saat ini masih ada KKSB yang kerap melakukan aksi kriminal dan penyerangan terhadap aparat dan warga sipil di wilayah ini.

“Dalam waktu dekatlah segera dituntaskan itu,” katanya.

Proyek Strategis Nasional

Di tempat yang sama, Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi menegaskan bahwa keterlibatan prajurit TNI dalam proyek jalan Trans Papua Wamena – Mumugu di Kabupaten Nduga akibat aksi pembantaian 25 pekerja PT Istaka Karya oleh KKSB pimpinan Egianus Kogoya, awal Desember 2018 lalu.

Akibat kejadian itu, pihak PT Istaka Karya dan PT Brantas Abipraya yang mengerjakan 35 jembatan di ruas jalan Trans Papua Wamena – Mumugu menghentikan sementara pengerjaan proyek ini.

“Jalan Trans Papua adalah proyek strategis nasional yang harus diselesaikan dengan batas waktu tertentu. Karena itu dengan kejadian ini, pihak Kementerian PUPR melalui Balai Jalan kemudian meminta bantuan TNI. Ada 21 jembatan yang nantinya akan dibangun oleh prajurit TNI dari Zeni Konstruksi TNI AD,” ujar Aidi.

(Baca Juga: Menteri PUPR: Jalan Trans Papua Tersambung Akhir 2019)

Menurut Aidi, TNI sebagai garda terdepan harus tampil dalam situasi darurat ini karena prajurit TNI selalu siap dan punya kemampuan untuk itu. Ia mengakui risiko yang dihadapi dengan gugurnya sejumlah prajurit TNI, namun sebagai negara berdaulat tidak boleh kalah oleh aksi teror dari kelompok tertentu.

“Jika situasinya sudah kembali normal dan kita bisa meyakinkan bahwa kondisi sudah aman maka pengerjaan proyek strategis nasional ini akan kembali diserahkan untuk dikerjakan sipil,” ucap Aidi. (Ong)

Advertisement

Berita terbaru

Nasional4 hari ago

Presiden Apresiasi Dedikasi dan Kerja Keras Personel TNI-Polri

JAKARTA, HaIPapua.com – Presiden Joko Widodo mengapresiasi dedikasi dan kerja keras TNI-Polri dalam setiap pelaksanaan tugasnya. Menurut Presiden, kerja profesional...

Ekonomi4 hari ago

Menhub Didesak Mundur, Pemerintah Turunkan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat

JAKARTA, HaIPapua.com – Mengatasi polemik mahalnya harga tiket pesawat di Tanah Air, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya mengeluarkan keputusan...

Nasional5 hari ago

Presiden Jokowi Percayakan Hasil Pemilu kepada KPU

JAKARTA, HaIPapua.com – Presiden Joko Widodo mempercayakan sepenuhnya hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 kepada penyelenggara, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU)....

Tanah Papua5 hari ago

Tim SAR Evakuasi 10 Penumpang Long Boat di Muara Uwus Kabupaten Asmat

TIMIKA, HaIPapua.com – Regu penolong dari Pos SAR Agats berhasil mengevakuasi 10 orang penumpang perahu motor jenis long boat yang...

Tanah Papua6 hari ago

Hilang Kontak di Perairan Asmat, Perahu Motor Ditemukan di Kepulauan Aru

TIMIKA, HaIPapua.com – Perahu motor jenis long boat yang hilang kontak di perairan Kabupaten Asmat sejak Kamis (9/4/2019) lalu, ditemukan...

Tanah Papua1 minggu ago

Patroli TNI Diserang KKSB di Mugi, Satu Prajurit TNI Gugur

TIMIKA, HaIPapua.com – Jenazah Pratu Kasnun, anggota Satgas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) di Kabupaten Nduga dievakuasi ke Timika, Kabupaten Mimika menggunakan...

Nasional2 minggu ago

Presiden Ingatkan Pentingnya Komitmen Bersama Bangun SDM

JAKARTA, HaIPapua.com – Seluruh pihak, mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah harus memiliki komitmen dan langkah yang sama dalam...

Nasional2 minggu ago

Saya Sudah Tidak Ada Beban, Apapun yang Terbaik untuk Negara Akan Saya Lakukan

JAKARTA, HaIPapua.com – Salah satu kunci utama agar Indonesia masuk ke dalam lima besar negara dengan ekonomi terkuat di dunia...

Nasional2 minggu ago

Pemerataan Infrastruktur Diharapkan Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Daerah

JAKARTA, HaIPapua.com – Indonesia berpeluang besar menjadi lima besar negara dengan ekonomi terkuat dunia, bahkan bisa menjadi empat besar ekonomi...

Tanah Papua2 minggu ago

Dubes RI untuk PNG Apresiasi Kinerja Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH

JAYAPURA, HaIPapua.com – Duta Besar RI untuk Papua Nugini (PNG) dan Kepulauan Salomon Andriana Supandi berpesan kepada personel Yonif Para...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.