Connect with us
isidisini

Nasional

Danjen Kopassus Lantik 150 Prajurit Komando, 6 Prajurit Asal Papua

Published

on

CILACAP, HaIPapua.com – Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa menutup secara resmi Pendidikan Komando angkatan 103 di Pantai Permisan Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (14/8/2019).

Pada upacara penutupan, Danjen melantik dan memberikan baret merah kepada 150 peserta yang lulus Pendidikan Komando yang diadakan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus).

Pendidikan Komando angkatan 103 diikuti 177 peserta didik hasil dari seleksi dari seluruh Komando Utama (Kotama) TNI AD di seluruh Indonesia. Setelah melalui proses seleksi dan pendidikan selama 7 bulan dengan sistem gugur, akhirnya hanya 150 peserta yang dinyatakan lulus.

Tampil sebagai lulusan terbaik Pendidikan Komando angkatan 103, yakni Letda Inf M Suhangga, Letda inf Rovi Ardya Prawira, dan Letda Inf Rizal Nino Wicaksana.

(Baca Juga: Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa Terpilih Menjadi Danjen Kopassus)

Pada kesempatan itu, Cantiasa menyampaikan selamat kepada para prajurit yang berhasil melalui pendidikan komando dengan berbagai tantangan dan rintangan. Ia berharap, ilmu yang diperoleh selama pendidikan dapat menjadi bekal untuk mengabdikan diri sebagai prajurit komando.

“Ancaman ke depan semakin berat dan kompleks, karena itu prajurit Kopassus harus mampu beradaptasi menghadapi globalisasi dan terus belajar menjadi prajurit profesional,” ujar Cantiasa.

Ia mengingatkan bahwa predikat sebagai prajurit komando yang melekat harus disertai dengan sikap dan perilaku yang baik agar prajurit Kopassus selalu dibanggakan rakyat, bangsa, dan negara, serta dikagumi dunia. Cantiasa juga berpesan agar selalu memelihara kemampuan fisik dan kesehatan sehingga program pembinaan bisa berjalan sesuai harapan.

“Untuk menjadi seorang petarung hebat harus selalu disiplin, berlatih dan menjaga kemampuan fisik sehingga siap ditugaskan di mana saja,” kata Cantiasa.

Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa berbincang bersama keluarga ke-6 prajurit komando muda asal Papua usai upacara pelantikan di Pantai Permisan Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (14/8/2019). (Penerangan Kopassus)

Enam Prajurit Komando Asal Papua

Dari 150 peserta yang dinyatakan lulus Pendidikan Komando angkatan 103, ada 6 peserta yang berasal dari Papua.

Ke-6 prajurit komando muda asal Papua, yakni Letda Inf Naftali Kawari asal Kabupaten Kepulauan Yapen, Serda Donatus Boyou dan Prada Muhamad Nurkrisna Putra asal Kabupaten Mimika, Serda Alfons Manibui asal Kabupaten Manokwari, Serda Firman Halomoan Naa asal Kabupaten Maybrat, dan Prada Elton Sonyufu asal Kabupaten Jayapura.

“Mereka berhasil melewati berbagai seleksi selama pendidikan sebagaimana yang dijalani oleh prajurit-prajurit lainnya dari seluruh penjuru Nusantara,” ucap Asistel Danjen Kopassus Kolonel Inf Muhammad Aidi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih.

(Baca Juga: Pangdam Cenderawasih Lantik 433 Prajurit Tamtama TNI AD)

Usai acara pelantikan, para prajurit komando muda ini diberi kesempatan bertemu dengan keluarga yang sengaja diundang menghadiri upacara penutupan pendidikan. Pada kesempatan itu, Danjen Kopassus menyempatkan diri berbincang dengan prajurit komando muda asal Papua bersama keluarga.

Dari perbincangan itu, diketahui bahwa prajurit Tamtama dan Bintara yang ikut Pendidikan Komando adalah prajurit TNI AD yang dilantik di Rindam XVII Cenderawasih di Ifar Gunung, Sentani, Kabupaten Jayapura, pada 2018 lalu. Saat itu, pelantikan dipimpin oleh Danjen Kopassus ketika masih menjabat Kepala Staf Kodam XVII Cenderawasih.

Kepada para prajurit komando muda asal Papua, Cantiasa berpesan agar senantiasa berbakti kepada orang tua dan keluarga dengan berbuat yang terbaik dalam pengabdian kepada bangsa dan negara sebagai prajurit komando.

Cantiasa juga meminta agar para orang tua dan keluarga senantiasa mendoakan putranya dalam melaksanakan tugas dan meniti karier. (Ong)

Berita terbaru

Tanah Papua4 hari ago

Yonif 754/ENK Gelar Baksos Ciptakan Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat

TIMIKA, HaiPapua.com – Sebagai bentuk kepedulian dalam kemanunggalan TNI dan rakyat, Satuan Batalyon Infanteri 754/ENK/20/3 Kostrad melaksanakan Baksos dengan membagikan...

Tanah Papua7 hari ago

SAR Timika Temukan Pemuda Yang Tersesat di Hutan Wania

TIMIKA, HaiPapua.com – Kantor pencarian dan pertolongan SAR Timika akhirnya berhasil menemukan Syarif (30), pemuda yang dilaporkan keluarganya tersesat di...

Olahraga4 minggu ago

Mountain Gold Basketball Timika mendaftar IBL

TIMIKA, HaiPapua.com – Geliat olahraga Papua terus berkembang. Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 akan menjadi kebangkitan olahraga di berbagai cabang...

Tanah Papua4 minggu ago

Sebanyak 40 Personel SAR Timika Jalani Rapid Test

TIMIKA, Haipapua.com – Dalam rangka mendukung pencegahan dan penyebaran virus corona baru atau covid-19, sebanyak 40 personel Kantor Pencarian dan...

Tanah Papua4 minggu ago

Pemkab Mimika Evaluasi Pra New Normal Pekan Ini

TIMIKA, Haipapua.com – Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua telah memberlakukan pra new normal sejak 5 Juni lalu dan akan berakhir pada...

Tanah Papua1 bulan ago

Polres Mimika Musnahkan Narkotika Jenis Tembakau Sintetis Seberat 17,69 Gram

TIMIKA, HaiPapua.com – Kepolisian Resort Mimika musnahkan barang bukti Narkotika/ Golongan I jenis tembakau sintetis seberat 17,69 gram bertempat dikantor...

Berita1 bulan ago

Kodim 1710/Mimika Peringati Hari Lahir Pancasila Dengan Cara Unik

TIMIKA, HaiPapua.com – Keluarga besar Kodim 1710/Mimika beserta jajaranmemperingati hari lahir Pancasila dengan cara yang unik yaitu melaksanakan nonton bareng...

Tanah Papua1 bulan ago

222 Warga Mimika terinfeksi COVID-19 Hingga 28 Mei

TIMIKA, HaiPapua – Jumlah warga Kabupaten Mimika, Provinsi Papua yang terinfeksi virus corona baru (COVID-19) sejak 29 Maret hingga 28...

Tanah Papua2 bulan ago

Lemasko Desak Polisi Selidiki Dugaan Penyelewengan Dana Perwalian Rp4,6 Miliar

TIMIKA, HaiPapua.com – Ketua Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) Gregorius Okoare , meminta jajaran kepolisian resort Mimika untuk segera...

Tanah Papua2 bulan ago

LEMASA Seruhkan Delapan Poin Sikapi Ancaman Pandemi Covid-19 di Mimika

TIMIKA, HaiPapua.com – Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (LEMASA) menyikapi situasi pandemi covid-19 di Kabupaten Mimika dan mendorong proses penanganan...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.