Connect with us
isidisini

Nasional

Danjen Kopassus Lantik 150 Prajurit Komando, 6 Prajurit Asal Papua

Published

on

CILACAP, HaIPapua.com – Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa menutup secara resmi Pendidikan Komando angkatan 103 di Pantai Permisan Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (14/8/2019).

Pada upacara penutupan, Danjen melantik dan memberikan baret merah kepada 150 peserta yang lulus Pendidikan Komando yang diadakan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus).

Pendidikan Komando angkatan 103 diikuti 177 peserta didik hasil dari seleksi dari seluruh Komando Utama (Kotama) TNI AD di seluruh Indonesia. Setelah melalui proses seleksi dan pendidikan selama 7 bulan dengan sistem gugur, akhirnya hanya 150 peserta yang dinyatakan lulus.

Tampil sebagai lulusan terbaik Pendidikan Komando angkatan 103, yakni Letda Inf M Suhangga, Letda inf Rovi Ardya Prawira, dan Letda Inf Rizal Nino Wicaksana.

(Baca Juga: Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa Terpilih Menjadi Danjen Kopassus)

Pada kesempatan itu, Cantiasa menyampaikan selamat kepada para prajurit yang berhasil melalui pendidikan komando dengan berbagai tantangan dan rintangan. Ia berharap, ilmu yang diperoleh selama pendidikan dapat menjadi bekal untuk mengabdikan diri sebagai prajurit komando.

“Ancaman ke depan semakin berat dan kompleks, karena itu prajurit Kopassus harus mampu beradaptasi menghadapi globalisasi dan terus belajar menjadi prajurit profesional,” ujar Cantiasa.

Ia mengingatkan bahwa predikat sebagai prajurit komando yang melekat harus disertai dengan sikap dan perilaku yang baik agar prajurit Kopassus selalu dibanggakan rakyat, bangsa, dan negara, serta dikagumi dunia. Cantiasa juga berpesan agar selalu memelihara kemampuan fisik dan kesehatan sehingga program pembinaan bisa berjalan sesuai harapan.

“Untuk menjadi seorang petarung hebat harus selalu disiplin, berlatih dan menjaga kemampuan fisik sehingga siap ditugaskan di mana saja,” kata Cantiasa.

Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa berbincang bersama keluarga ke-6 prajurit komando muda asal Papua usai upacara pelantikan di Pantai Permisan Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (14/8/2019). (Penerangan Kopassus)

Enam Prajurit Komando Asal Papua

Dari 150 peserta yang dinyatakan lulus Pendidikan Komando angkatan 103, ada 6 peserta yang berasal dari Papua.

Ke-6 prajurit komando muda asal Papua, yakni Letda Inf Naftali Kawari asal Kabupaten Kepulauan Yapen, Serda Donatus Boyou dan Prada Muhamad Nurkrisna Putra asal Kabupaten Mimika, Serda Alfons Manibui asal Kabupaten Manokwari, Serda Firman Halomoan Naa asal Kabupaten Maybrat, dan Prada Elton Sonyufu asal Kabupaten Jayapura.

“Mereka berhasil melewati berbagai seleksi selama pendidikan sebagaimana yang dijalani oleh prajurit-prajurit lainnya dari seluruh penjuru Nusantara,” ucap Asistel Danjen Kopassus Kolonel Inf Muhammad Aidi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih.

(Baca Juga: Pangdam Cenderawasih Lantik 433 Prajurit Tamtama TNI AD)

Usai acara pelantikan, para prajurit komando muda ini diberi kesempatan bertemu dengan keluarga yang sengaja diundang menghadiri upacara penutupan pendidikan. Pada kesempatan itu, Danjen Kopassus menyempatkan diri berbincang dengan prajurit komando muda asal Papua bersama keluarga.

Dari perbincangan itu, diketahui bahwa prajurit Tamtama dan Bintara yang ikut Pendidikan Komando adalah prajurit TNI AD yang dilantik di Rindam XVII Cenderawasih di Ifar Gunung, Sentani, Kabupaten Jayapura, pada 2018 lalu. Saat itu, pelantikan dipimpin oleh Danjen Kopassus ketika masih menjabat Kepala Staf Kodam XVII Cenderawasih.

Kepada para prajurit komando muda asal Papua, Cantiasa berpesan agar senantiasa berbakti kepada orang tua dan keluarga dengan berbuat yang terbaik dalam pengabdian kepada bangsa dan negara sebagai prajurit komando.

Cantiasa juga meminta agar para orang tua dan keluarga senantiasa mendoakan putranya dalam melaksanakan tugas dan meniti karier. (Ong)

Berita terbaru

Tanah Papua6 hari ago

Anggota Satgas Apter Gugur Dalam Kontak Tembak Dengan KKSB di Kampung Hitadipa

TIMIKA, HaIPapua.com – Seorang prajurit TNI gugur dalam kontak tembak dengan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di Kampung Hitadipa, Distrik...

Tanah Papua6 hari ago

Tim SAR Berhasil Evakuasi 3 Kru Helikopter PK-USS

JAYAPURA, HaIPapua.com – Tim SAR gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi 3 kru helikopter Bell 212 PK-USS, Sabtu (19/9/2020) siang. Seperti diberitakan...

Tanah Papua7 hari ago

Helikopter PT NUH Ditemukan Mendarat Darurat di Ketinggian 4.700 Kaki

JAYAPURA, HaIPapua.com – Tim SAR gabungan berhasil menemukan keberadaan helikopter Bell 212 PK-USS milik PT Nasional Utility Helicopter (NUH) pada...

Tanah Papua1 minggu ago

TNI Akui Senpi Milik Almarhum Serka Sahlan Hilang

TIMIKA, HaIPapua.com – Senjata api (senpi) milik almarhum Serka Sahlan dilaporkan hilang setelah diserang kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di...

Tanah Papua1 minggu ago

Jenazah Ahmad Baidlawi Dievakuasi ke Timika

TIMIKA, HaIPapua.com – Jenazah Ahmad Baidlawi (50), korban penganiayaan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten...

Tanah Papua1 minggu ago

Helikopter PT NUH Hilang Kontak di Kabupaten Nabire

JAYAPURA, HaIPapua.com – Helikopter Bell 212 nomor registrasi PK-USS milik PT Nasional Utility Helicopter (NUH) hilang kontak dalam penerbangan dari...

Tanah Papua1 minggu ago

Anggota Babinsa dan Pengemudi Ojek Tewas Dibantai KKSB

TIMIKA, HaIPapua.com – Seorang prajurit TNI dan seorang warga sipil dibunuh secara biadab oleh kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di...

Tanah Papua1 minggu ago

TNI Tanggung Biaya Pengobatan 2 Warga Korban Penembakan KKSB di Intan Jaya

TIMIKA, HaIPapua.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan menanggung biaya pengobatan dan membantu membiayai keluarga dua warga sipil korban penyerangan...

Tanah Papua1 minggu ago

Dua Warga Korban Penembakan KKSB di Intan Jaya Dievakuasi ke Timika

TIMIKA, HaIPapua.com – Dua warga korban penembakan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di Kabupaten Intan Jaya dievakuasi ke Timika, Kabupaten...

Tanah Papua2 minggu ago

Bebas Covid-19, Warga Ilaga Syukuri Dengan Bakar Batu dan Makan Bersama

Ilaga, HaiPapua.com – Kabupaten Puncak Ilaga masih termasuk dalam Zona hijau  Covid-19. Dengan kondisi tersebut pemerintah daerah dan warga mensyukuri...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.