Connect with us

Tanah Papua

Bupati Mamteng: Seleksi CPNS Sistem CAT Jadi Momen Pembuktian Kemampuan Anak Asli Papua

Published

on

KOBAKMA, HaIPapua.com – Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) menjadi kabupaten pertama di wilayah pegunungan tengah Papua yang menggelar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Sebanyak 1.559 pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mengikuti tes berbasis komputer di Aula Bogo Kobakma, mulai Kamis (20/6/2019) hingga Rabu (26/6/2019) depan.

Bupati Mamteng Ricky Ham Pagawak mengatakan pelaksanaan seleksi CPNS berbasis komputer ini untuk menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Mamteng mampu bekerja sesuai standar yang ditetapkan Pemerintah Pusat. Seleksi CPNS dengan sistem CAT ini, kata Ricky, sekaligus menjawab keraguan sejumlah pihak di Papua yang masih menginginkan tes CPNS dengan cara manual.

“Tes CPNS berbasis komputer ini juga menjadi momen bagi putra-putri Papua untuk menunjukkan bahwa mereka juga bisa. Persoalan berapa banyak yang lulus itu soal berikut, yang penting mereka sudah mengikuti tes,” ujar Ricky dalam sambutannya saat membuka tes CPNS di Aula Bogo, Kobakma, Kamis (20/6/2019).

(Baca Juga: PP 49/2018 Jadi Payung Hukum Rekrut ASN Profesional)

Di hadapan peserta tes CPNS, Ricky berpesan agar mereka menunjukkan kemampuan yang dimiliki untuk menjawab soal-soal yang diberikan. Ia mengingatkan bahwa kelulusan seseorang dalam tes dengan sistem CAT atau berbasis komputer, sepenuhnya ditentukan oleh orang itu sendiri tanpa ada orang lain yang bisa menolong.

“Tapi, saya yakin anak-anak Papua umumnya dan khususnya Mamberamo Tengah bisa mengerjakan soal-soal yang diberikan dengan baik,” tutur Ricky.

Ricky mengakui antusiasme warga Mamberamo Tengah untuk melamar CPNS terbilang cukup tinggi. Terbukti dari jumlah pelamar yang lulus seleksi administrasi mencapai 1.559 orang. Banyaknya pelamar sehingga tes CPNS harus digelar dari tanggal 20 hingga 26 Juni mendatang.

“Saya menjamin aliran listrik selama penyelenggaraan tes CPNS akan terus menyala dari pagi hingga sore, sampai dengan kegiatan ini selesai pada 26 Juni mendatang,” ujarnya.

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak memberikan pengarahan kepada peserta seleksi CPNS di halaman Aula Bogo, Kobakma, Kabupaten Mamberamo Tengah. (ist)

Formasi Sesuai Kebutuhan Daerah

Pada kesempatan itu, Bupati Mamberamo Tengah mengungkapkan harapannya kepada Pemerintah Pusat agar ke depan menerima formasi CPNS yang diajukan Pemda. Padahal, kata dia, usulan yang diajukan Pemda tentu berdasarkan kebutuhan daerah dan melihat lulusan yang ada.

Ia mencontohkan formasi yang disediakan bagi putra-putri asli Papua pada penerimaan CPNS 2018 ada 219 atau sebanyak 80 persen. Namun dari jumlah tersebut, setelah diseleksi tidak semua bisa terisi karena tidak ada anak-anak Papua yang memenuhi kriteria mengisi formasi tersebut.

”Kalau sudah seperti ini tentu anak-anak asli yang rugi, sebab kekurangan formasi karena tidak diisi anak-anak Papua harus dikembalikan ke pusat,” papar Ricky.

(Baca Juga: Presiden Jokowi Komitmen Membangun Birokrasi Bersih dan Modern)

Ia berharap agar ke depan hal tersebut tidak terulang dan menjadi perhatian Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan). “Kami berharap ini menjadi perhatian pusat, karena orang Papua sudah memberikan suara yang besar bagi Pak Jokowi pada Pilpres kali ini,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Mamberamo Tengah membuka secara simbolis pelaksanaan tes CPNS berbasis komputer dengan membuka kunci Aula Bogo yang masih disegel oleh perwakilan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional IX Jayapura dan BKN Pusat.

Di tempat yang sama, perwakilan BKN Kantor Regional IX Jayapura Oktavianus Paiding mengapresiasi langkah Pemda Mamberamo Tengah menggelar seleksi CPNS dengan sistem CAT. Menurutnya, Kabupaten Mamberamo Tengah yang pertama melaksanakan seleksi CPNS berbasis komputer di wilayah pegunungan tengah Papua.

“Ini tentu luar biasa sebab Kabupaten Mamberamo Tengah berada di daerah terpencil namun mampu menggelar tes CPNS dengan sistem CAT. Kami sangat mengapresiasi itu,” kata Oktavianus. (Ern)

Berita terbaru

Tanah Papua21 jam ago

Pangdam Cenderawasih Besuk 4 Warga Asal Kampung Olenki di RSUD Mimika

TIMIKA, HaIPapua.com – Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab membesuk 4 korban luka tembak yang tengah dirawat di...

Tanah Papua2 hari ago

Kodam Cenderawasih Akan Investigasi Tertembaknya 7 Warga di Kabupaten Puncak

JAYAPURA, HaIPapua.com – Kodam XVII Cenderawasih menyampaikan duka cita menyusul jatuhnya korban jiwa dari warga sipil dalam insiden kontak tembak...

Tanah Papua2 hari ago

Kontak Tembak di Kabupaten Puncak, 3 Warga Sipil Tewas

TIMIKA, HaIPapua.com – Empat warga korban kontak tembak di Kabupaten Puncak, dievakuasi ke RSUD Mimika, Kabupaten Mimika, Rabu (18/9/2019) siang....

Tanah Papua2 hari ago

Pesawat Twin Otter Rimbun Air PK-CDC Hilang Kontak di Kabupaten Puncak

TIMIKA, HaIPapua.com – Pesawat Rimbun Air PK-CDC jenis Twin Otter DHC-6 hilang kontak dalam penerbangan dari Timika, Kabupaten Mimika ke...

Nasional1 minggu ago

Presiden Jokowi Kaji Usulan Pemekaran Wilayah di Papua

JAKARTA, HaIPapua.com – Presiden Joko Widodo berjanji akan menindaklanjuti aspirasi pemekaran wilayah di Provinsi Papua. Hal tersebut disampaikan Presiden saat...

Nasional1 minggu ago

Presiden Akan Tempatkan 1.000 Sarjana Muda Papua di BUMN

JAKARTA, HaIPapua.com – Presiden Joko Widodo bertemu dengan 61 tokoh Papua di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9/2019). Dalam pertemuan itu,...

Tanah Papua2 minggu ago

Ratusan Mahasiswa Tinggalkan Kota Studi, Gubernur Papua Kelabakan

JAYAPURA, HaIPapua.com – Mulutmu harimaumu. Slogan ini mungkin menggambarkan respons emosional Gubernur Papua Lukas Enembe menanggapi insiden di Asrama Mahasiswa...

Tanah Papua2 minggu ago

Polisi Amankan 20 Simpatisan ULMWP yang Diduga Terlibat Kerusuhan Jayapura

JAYAPURA, HaIPapua.com – Kepolisian terus memburu pelaku perusakan dan pembakaran dalam unjuk rasa anti-rasis yang berujung kerusuhan di Jayapura, Kamis...

Tanah Papua2 minggu ago

Polisi Temukan Empat Jasad Pendulang dalam Kondisi Hangus

JAYAPURA, HaIPapua.com – Kepolisian Resor Asmat menemukan 4 jasad dalam kondisi hangus saat melakukan penyisiran di lokasi tambang emas ilegal...

Tanah Papua2 minggu ago

3 Pendulang Luka Bacok Diserang OTK di Distrik Seradala, Yahukimo

TANAH MERAH, HaIPapua.com – Tiga pendulang emas tradisional dari Distrik (kecamatan) Seradala, Kabupaten Yahukimo dievakuasi ke RSUD Boven Digoel, Kabupaten...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.