Connect with us

Ekonomi

Buka IdeFest 2018, Presiden Jokowi Ingin Lebih Banyak “Unicorn” Dari Indonesia

Published

on

JAKARTA, HaIPapua.com – Sejumlah perusahaan rintisan (startup) digital Indonesia banyak bermunculan dalam beberapa tahun belakangan. Dari sekian banyak startup yang ada, tercatat kini sudah empat startup Indonesia yang memiliki valuasi di atas US$1 miliar atau dikenal dengan istilah unicorn.

Untuk diketahui, dalam laporan bertajuk “Southeast Asian Tech Report”, di Asia Tenggara terdapat 8 startup unicorn. Dari jumlah tersebut, Indonesia dan Singapura sama-sama menjadi rumah bagi masing-masing 4 startup unicorn.

(Baca Juga: Presiden Yakin Anak Muda Indonesia Mampu Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0)

Namun, Presiden Joko Widodo mengaku belum puas dengan perkembangan tersebut. Ia berharap nantinya akan kembali bermunculan startup-startup unicorn baru dari Indonesia.

“Saya senang dalam empat sampai lima tahun ini sudah memiliki empat unicorn. Tapi saya ingin lebih dari itu,” ucap Presiden saat meresmikan acara IdeaFest 2018 di Jakarta Convention Center, Jumat (26/10/2018).

Ke-4 startup unicorn asal Indonesia yakni Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak. Semuanya digawangi oleh anak-anak muda yang mampu menghadapi perubahan global sekaligus melahirkan inovasi-inovasi baru.

“Saya meyakini yang menggerakkan Indonesia ke depan adalah saudara-saudara semua (anak-anak muda). Saya ulang, yang menggerakkan Indonesia ke depan adalah saudara-saudara semua,” kata Presiden.

Untuk itu, Kepala Negara memandang bahwa acara IdeaFest 2018 ini merupakan forum yang tepat untuk mempertemukan tokoh lintas profil dan bidang untuk memfasilitasi potensi-potensi generasi muda yang diharapkan mampu melahirkan unicorn-unicorn baru di masa mendatang.

Pemerintah sendiri akan terus mendorong dengan kebijakan dan kolaborasi dengan para kreator, inovator, industri, dan investor.

“Dengan IdeaFest seperti ini akan muncul unicorn-unicorn baru. Tidak bisa hanya kita dorong dengan kebijakan. Di IdeaFest ini dipertemukan konten kreator, inovator, investor, lembaga keuangan, dan dunia industri,” ujarnya selepas acara.

(Baca Juga: Presiden Dorong Perempuan Pengusaha Berani Memasarkan Produknya ke Pasar Mancanegara)

Acara IdeaFest merupakan festival kreatif tahunan di Indonesia. Pada kesempatan itu, Presiden sempat mengunjungi pameran produk-produk maupun gagasan kreatif dan visioner yang ditampilkan.
Presiden pun mengungkapkan kekagumannya terhadap loncatan kemajuan yang ditunjukkan oleh para milenial.

“Saya tadi langsung masuk ke pameran, saya melihat. Saya harus sampaikan apa adanya, saya terkaget-kaget. Banyak loncatan yang semua dikelola oleh anak-anak muda,” tuturnya.

Presiden Jokowi membeli jaket produk lokal pada acara IdeaFest 2018 di Jakarta Convention Center, Jumat (26/10/2018). (Biro Pers Setpres)

Produk Dalam Negeri Mengikuti Tren

Saat mengunjungi gerai pameran dalam acara IdeaFest 2018, Presiden tertarik dengan sebuah jaket berwarna terakota. Jaket tersebut langsung ia kenakan dan membayarnya dengan harga Rp499.000. Jaket itu sekaligus melengkapi sepatu lokal yang ia kenakan.

“Harganya Rp499.000 dari AME raincoat. Ini bisa dipakai pas hujan, pas enggak hujan juga bisa,” ujar Presiden kepada jurnalis.

(Baca Juga: Moeldoko Tak Ragu Dengan Kecintaan Anak Muda Terhadap Pancasila)

Presiden memuji sejumlah produk karya anak bangsa yang ia nilai telah mengikuti tren yang sedang berkembang. Ia juga mengingatkan soal kebutuhan pasar, kualitas produk, serta pengemasan yang menarik perhatian.

“Memulai dengan melihat kebutuhan pasar kemudian juga mengemas dalam packaging yang baik sehingga kualitas produk baik, harga yang kompetitif, tren selalu mengikuti pasar. Ini anak-anak muda harus seperti itu,” ucapnya.

Turut mendampingi Presiden, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. (Fox)

Berita terbaru

Nasional4 hari ago

Presiden Apresiasi Dedikasi dan Kerja Keras Personel TNI-Polri

JAKARTA, HaIPapua.com – Presiden Joko Widodo mengapresiasi dedikasi dan kerja keras TNI-Polri dalam setiap pelaksanaan tugasnya. Menurut Presiden, kerja profesional...

Ekonomi5 hari ago

Menhub Didesak Mundur, Pemerintah Turunkan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat

JAKARTA, HaIPapua.com – Mengatasi polemik mahalnya harga tiket pesawat di Tanah Air, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya mengeluarkan keputusan...

Nasional5 hari ago

Presiden Jokowi Percayakan Hasil Pemilu kepada KPU

JAKARTA, HaIPapua.com – Presiden Joko Widodo mempercayakan sepenuhnya hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 kepada penyelenggara, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU)....

Tanah Papua6 hari ago

Tim SAR Evakuasi 10 Penumpang Long Boat di Muara Uwus Kabupaten Asmat

TIMIKA, HaIPapua.com – Regu penolong dari Pos SAR Agats berhasil mengevakuasi 10 orang penumpang perahu motor jenis long boat yang...

Tanah Papua7 hari ago

Hilang Kontak di Perairan Asmat, Perahu Motor Ditemukan di Kepulauan Aru

TIMIKA, HaIPapua.com – Perahu motor jenis long boat yang hilang kontak di perairan Kabupaten Asmat sejak Kamis (9/4/2019) lalu, ditemukan...

Tanah Papua1 minggu ago

Patroli TNI Diserang KKSB di Mugi, Satu Prajurit TNI Gugur

TIMIKA, HaIPapua.com – Jenazah Pratu Kasnun, anggota Satgas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) di Kabupaten Nduga dievakuasi ke Timika, Kabupaten Mimika menggunakan...

Nasional2 minggu ago

Presiden Ingatkan Pentingnya Komitmen Bersama Bangun SDM

JAKARTA, HaIPapua.com – Seluruh pihak, mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah harus memiliki komitmen dan langkah yang sama dalam...

Nasional2 minggu ago

Saya Sudah Tidak Ada Beban, Apapun yang Terbaik untuk Negara Akan Saya Lakukan

JAKARTA, HaIPapua.com – Salah satu kunci utama agar Indonesia masuk ke dalam lima besar negara dengan ekonomi terkuat di dunia...

Nasional2 minggu ago

Pemerataan Infrastruktur Diharapkan Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Daerah

JAKARTA, HaIPapua.com – Indonesia berpeluang besar menjadi lima besar negara dengan ekonomi terkuat dunia, bahkan bisa menjadi empat besar ekonomi...

Tanah Papua2 minggu ago

Dubes RI untuk PNG Apresiasi Kinerja Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH

JAYAPURA, HaIPapua.com – Duta Besar RI untuk Papua Nugini (PNG) dan Kepulauan Salomon Andriana Supandi berpesan kepada personel Yonif Para...

Tanah Papua

Facebook

Trending

Copyright © 2019 HaIPapua Theme.